Sukses


BRI Liga 1: Ini Dia Komentar Aji Santoso Saat Mendengar Pelatih Madura United Rekrut Analis dari Brasil Demi Tekuk Persebaya

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, merespons kabar bahwa Madura United berambisi menekuk timnya. Juru taktik Madura United asal Brasil, Fabio Lefundes menyatakan menyiapkan analis dari negaranya untuk mengetahui kekuatan Persebaya.

Duel bertajuk Derbi Suramadu ini bakal digelar dalam pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (20/11/2021).

"Saya kira wajar saja. Di dunia sepak bola profesional, analis itu memang bagus untuk membantu mengetahui kelemahan dan kelebihan lawan. Tetapi, itu bukan satu-satunya supaya mereka bisa menang," Aji menuturkan. 

Maklum saja bila Fabio sampai memperkerjakan seorang analis. Sebab, ini merupakan laga debutnya sebagai pelatih Madura United. Dia juga tercatat belum berpengalaman di Indonesia karena baru kali ini berkarier di Liga 1.

Fabio Lefundes mengaku masih buta kekuatan dengan persaingan kontestan BRI Liga 1. Pelatih berpaspor Brasil itu sendiri merupakan nama baru di sepak bola Tanah Air. Selama ini, dia dikenal berkarier di Korea Selatan bersama Jeonbuk Hyundai Motor. Terakhir, dia menjadi bagian Botafogo, klub asal negaranya.

Tapi, semua itu dijalaninya dengan status sebagai asisten pelatih. Madura United jadi klub pertama yang ditanganinya dengan jabatan pelatih kepala. Tentu, unsur serba pertama ini merupakan tantangan yang tak mudah.

 

 

 

 

Di sisi lain, Persebaya sendiri memiliki catatan yang sangat dominan atas Laskar Sape Kerap. Sebanyak 11 kali bertemu dengan 2018, Slamet Nurcahyo dkk. hanya pernah menang sekali melawan klub tetangga itu, berbanding Persebaya yang menang tujuh kali.

"Persebaya juga melakukan analisa kekuatan dan apa yang menjadi kelemahan lawan kami. Paling tidak, analisa itu memang memberikan informasi yang lengkap terhadap pemain. Tidak ada jaminan kalau kami menganalisa lawan terus menang,” ucap Aji.

Aji sendiri enggan dipusingkan dengan upaya Madura United untuk memenangi pertandingan sampai membutuhkan analis dari Brasil. Dia hanya ingin fokus pada timnya yang juga ingin menang.

"Mau analis dari Brasil, dari Amerika Serikat, menurut saya tidak ada pengaruhnya. Yang penting, bagaimana aplikasi di lapangan,” ujar pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

"Saya sendiri tidak hanya pertandingan melawan Madura, pertandingan sebelumnya juga kami selalu menganalisa pemain lawan dan memberikan informasi kepada pemain kami. Supaya pemain kami masuk lapangan masalah taktik sudah jelas,” imbuhnya.

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Tugas Berat Pelatih Madura United

Fabio harus bisa membawa Madura United bangkit setelah hasil negatif selama 11 laga BRI Liga 1 dengan hanya mengemas 11 angka. Dia mengaku tidak mudah mengangkat tim dalam kondisi terpuruk dan mencuri momentum bangkit di Derbi Suramadu.

Meski berstatus debutan, Fabio Lefundes termasuk yang sarat pengalaman dan bergelimang prestasi di klub sebelumnya. Misalnya di musim 2011, Jeonbuk menjuarai K-League dan menjadi runner-up Liga Champions Asia.

3 dari 3 halaman

Di Mana Posisi Madura United dan Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer