Sukses


Hasil BRI Liga 1: Madura United Kalah, Derbi Suramadu Milik Persebaya

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya mengawali kiprah di seri ketiga BRI Liga 1 2021/2022 dengan hasil positif. Mereka menang tipis 1-0 atas Madura United dalam laga bertajuk Derbi Suramadu pada pekan ke-12 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (20/11/2021) malam.

Madura United tampil sebagai tim agresif dalam mengawali pertandingan. Di menit keenam, ada dua peluang mereka yang mengancam gawang Persebaya, masing-masing dari Haris Tuharea dan Hugo Gomes Jaja. Namun, dua tembakan ini belum tepat sasaran.

Di menit ke-10, giliran kolaborasi antara Slamet Nurcahyo yang mengirim umpan kepada Asep Berlian. Dari jarak jauh, Asep melakukan percobaan tembakan keras yang sayangnya juga masih melenceng dari gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Madura United tidak mengendurkan intensitas serangan meski belum membuahkan hasil. Tembakan tepat sasaran pertama laga ini akhir lahir di menit ke-18 lewat Jaja dari luar kotak penalti. Sayang belum berbuah gol karena mudah diamankan Ernando.

Empat menit berselang, Jaja yang merupakan motor serangan Madura United memberi umpan matang kepada striker Rafael Silva. Lagi-lagi, tembakan Rafael pun gagal mengarah ke gawang karena melebar

Kesempatan pertama Persebaya akhir tercipta pada menit ke-30 lewat Taisei Marukawa lewat aksi individunya dengan dribel dari tengah lapangan. Ruang geraknya terbatas karena dikurung tiga pemain Madura United. Dia pun melepas tembakan dari luar kotak penalti, tapi melambung.

Winger Bruno Moreira tidak ketinggalan dengan mendapat peluang penting di menit ke-34. Lagi-lagi, tembakan yang dikirim oleh pemain Persebaya itu belum menggetarkan jala gawang Madura United karena tidak menemui sasaran.

Rafael Silva muncul lagi dengan aksinya menebar ancaman ke gawang Persebaya di menit ke-45. Sepakan mendatarnya juga melenceng dan belum menghasilkan gol. Ini peluang terakhir paruh pertama dan skor 0-0 menghiasi waktu turun minum.

2 dari 4 halaman

Jalannya Babak Kedua

Kedua tim bermain lebih hati-hati dalam membangun serangan di awal babak kedua. Tapi, Persebaya akhirnya berhasil unggul dulu karena mendapat hadiah penalti setelah wasit Yudi Nurcahya menunjuk titik putih di menit ke-50.

Penyebabnya, Marselino Ferdinan, yang baru masuk menggantikan Rendi Irwan, dijatuhkan oleh Asep Berlian di kotak terlarang. Jose Wilkson tampil sebagai eksekutor berhasil memperdaya kiper Muhammad Ridho dengan sepakan kaki kiri di menit ke-51.

Keunggulan 1-0 membuat Persebaya semakin tampil agresif. Marselino yang menempati posisi winger kiri melepas tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayang, kali ini sepakannya melambung di atas mistar Madura United.

Peluang penting Madura United tercipta saat pertandingan berjalan di menit ke-59 dari sepak pojok. Bola sempat dihalau oleh bek Persebaya dan liar di udara. Bek Jaimerson Xavier pun memanfaatkannya dengan sundulan yang masih mampu ditangkap Ernando.

Jaja juga masih tampil sebagai pemain yang membahayakan bagi pertahanan tim Bajul Ijo. Dia menit ke-72, pemain berpaspor Brasil itu menyambar umpan tarik Bayu Gatra, namun sepakannya masih melambung di atas gawang Persebaya.

Hanya semenit kemudian, giliran Bruno Moreira yang juga mendapat umpan tarik dari Marselino. Skemanya hampir sama di sisi kiri. Bedanya, sepakan keras mendatar Bruno mengarah ke gawang, tapi berhasil diamankan Ridho.

Taisei Marukawa akhirnya membukukan catatan tembakan ke arah gawangnya di menit ke-83. Winger asal Jepang itu melepas tembakan keras yang mengejutkan. Beruntung, Ridho masih mampu menepisnya.

Tak ada tambahan gol yang tercipta sampai wasit Yudi Nurcahya meniup peluit panjang. Persebaya tetap unggul 1-0 dan tetap berada di peringkat keenam. Sedangkan Madura United turun peringkat menghuni posisi ke-15.

 

3 dari 4 halaman

Rekap Pertandingan

  • Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Rendi Irwan (tengah); Bruno Moreira, Jose Wilkson, Taisei Marukawa (depan).
  • Pelatih: Aji Santoso.
  • Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (kiper); Dodi Alekvan Djin, Jaimerson Xavier, Kim Jinsung, Andik Rendika Rama (belakang); Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Hugo Gomes Jaja (tengah); Haris Tuharea, Rafael Silva, Bayu Gatra (depan).
  • Pelatih: Fabio Lefundes.
4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persebaya dan Madura United?

Video Populer

Foto Populer