VIDEO: Highlights BRI Liga 1, Persebaya Surabaya Kalahkan Madura United 1-0

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 20 Nov 2021, 21:22 WIB
Diperbarui 20 Nov 2021, 21:22 WIB

Bola.com, Jakarta Persebaya Surabaya mengawali kiprah di seri ketiga BRI Liga 1 2021/2022 dengan hasil positif. Mereka menang tipis 1-0 atas Madura United dalam laga bertajuk Derbi Suramadu pada pekan ke-12 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (20/11/2021) malam.

Madura United sebenarnya tampil lebih agresif sejak babak pertama dimulai. Pada menit ke-6 ada dua peluang mereka yang mengancam gawang Persebaya, masing-masing dari Haris Tuharea dan Hugo Gomes Jaja. Namun, dua tembakan ini belum tepat sasaran.

Madura United tidak mengendurkan intensitas serangan meski belum membuahkan hasil. Tembakan tepat sasaran pertama laga ini akhir lahir di menit ke-18 lewat Jaja dari luar kotak penalti. Sayang belum berbuah gol karena mudah diamankan Ernando.

Persebaya Surabaya bukan tanpa serangan. Beberapa peluang kerap tercipta meskipun belum ada gol yang dihasilkan.

Pada menit ke-30 lewat Taisei Marukawa melepas tembakan dari luar kotak penalty. Namun sayang tendangannya tersebut masih melambung jauh.

Madura United memiliki peluang jelang berakhirnya babak peratma. Rafael Silva berusaha melepas tendangan kencang, namun sayang masih jauh melenceng. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Kedua tim bermain lebih hati-hati dalam membangun serangan di awal babak kedua. Tapi, Persebaya akhirnya berhasil unggul dulu karena mendapat hadiah penalti setelah wasit Yudi Nurcahya menunjuk titik putih di menit ke-50.

Penyebabnya, Marselino Ferdinan, yang baru masuk menggantikan Rendi Irwan, dijatuhkan oleh Asep Berlian di kotak terlarang. Jose Wilkson tampil sebagai eksekutor berhasil memperdaya kiper Muhammad Ridho dengan sepakan kaki kiri di menit ke-51.

Unggul satu angka, Persebaya Surabaya kian bermain menekan. Meskipun memilki beberapa peluang, sayang hasil akhir yang tercipta belum bisa menambah kedudukan.

Taisei Marukawa akhirnya membukukan catatan tembakan ke arah gawangnya di menit ke-83. Winger asal Jepang itu melepas tembakan keras yang mengejutkan. Beruntung, Ridho masih mampu menepisnya.

Hingga babak kedua usai tidak ada lagi gol yang tercipta. Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan tipis atas Madura United di pekan 12 BRI Liga 1 2021/2022.