Sukses


Menteri Perindustrian hingga PSSI Buka Liga Asiana, Ajang Pencarian Talenta untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Asiana Soccer School menggelar kejuaraan untuk mengorbitkan pemain bagi Timnas Indonesia. Setelah sukses menggelar kompetisi bertajuk turnamen Asiana Cup beberapa kali, kini Asiana Soccer School (ASS) resmi mengadakan turnamen usia dini Liga Asiana 2021/2022.

Acara pembukaan Liga Asiana 1 dimainkan di Stadion Madya, Jakarta Pusat pada Sabtu (20/11/2021). Kejuaraan ini dibuka oleh Founder Asiana Soccer School, Agus Gumiwang Kartasasmita yang juga menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Selain Agus, hadir pula Co Founder Asiana Soccer School, Galih Kartasasmita, perwakilan dari PSSI, Yeyen Tumena, dan Ketua Asosiasi Provinsi Asprov PSSI DKI Jakarta Uden Kusuma Wijaya.

"Terima kasih pelatih, orang tua murid, dan PSSI, Insyaallah kami bisa menghasilkan bibit-bibit unggul untuk persepakbolaan Indonesia. Kami akan melaksanakan program dan inovasi terbaik agar mentalitas pemain-pemain muda ini semakin kuat," kata Agus Gumiwang.

"Kami yakin turnamen U-13 an U-14 saat ini sangat penting, karena merekalah yang akan mewakilkan Indonesia beberapa tahun ke depan. Semoga acara ini bisa berjalan baik, seperti Asiana Cup yang sudah level internasional," jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

Jadwal Turnamen

Liga Asiana 1 akan berlangsung pada 20 November 2021 hingga 13 Februari 2022. Total ada 12 sekolah sepak bola terbaik di Jabodetabek yang mengikuti dua kategori yaitu U-13 dan U-14.

CO Founder Asiana Soccer School, Galih Kartasasmita mengatakan, Liga Asiana 1 ini adalah inovasi dari program-program yang telah dirancang Asiana. Sebelum ajang ini, Asiana Soccer School konsisten menggelar turnamen usia muda. Bahkan, Asiana Cup 2019 sudah berlabel internasional.

Sejumlah tim dari Thailand, Singapura, Flipina, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Laos hingga Australia ambil bagian. Sedangkan dari Indonesia, selain Asiana Soccer School, juga ada tim DKI gabungan.

"Sejak awal, kami selalu konsentrasi dan berjanji untuk memberikan program unggulan agar bisa menciptakan bibit-biibit unggul di Indonesia. Dan ini salah satunya, sebelumnya kami biasanya melakukan turnamen, dan ini pertama kalinya berbentuk Liga," kata Galih.

"Kami harap ini dapat menjadi program unggulan yang bergulir setiap tahunnya dan akan bertambah kualitasnya. Mungkin saat ini baru di Jabodetabek, tapi ke depannya tidak menutup kemungkinan bisa se-Pulau Jawa dan bisa digelar di tempat-tempat lain juga," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Untuk Timnas Indonesia

Galih mengatakan bahwa Asiana Soccer School selalu berkoordinasi dengan Kemenpora dan PSSI dalam menggelar turnamen kelompok usia. Dia berharap kejuaraan ini dapat menjaring talenta bagi Timnas Indonesia.

"Ke depannya kami akan menggulirkan kompetisi di setiap umur, U-11 sampai U-14. Insyaallah tahun depan kami akan ada lagi untuk angakatan U-10 dan U-11 termasuk internasional dan nanti ada tim dari Eropa."

"Kami terus menginovasikan program-program dan kami terus berkonsultasi kepada PSSI dan Kemenpora, makanya kami yakin, insyaallah kami akan menjadi satu di antara yang berpartisipasi melahirkan bibit-bibit unggul untuk Timnas Indonesia," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer