Sukses


Tok! Komdis PSSI Jatuhkan Hukuman Larangan Bermain 1 Tahun untuk Todd Ferre dan Anak Jacksen F. Tiago

Bola.com, Jakarta - Komite Disiplin PSSI resmi mengungkapkan hasil sidang yang dilakukan untuk tanggal 8-11 November 2021 terhadap berbagai pelanggaran yang terjadi di kompetisi sepak bola Indonesia. Sanksi yang paling mencuri perhatian adalah untuk gelandang Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre.

Dalam hasil sidang yang dilakukan Komite Disiplin PSSI terhadap berbagai jenis pelanggaran yang terjadi. Mulai dari level BRI Liga 1, Liga 2, hingga Elite Pro Academy Liga 1 U18. Dalam 31 keputusan yang dikeluarkan, terdapat sanksi yang beragam mulai dari denda, larangan bermain, hingga hukuman terberat tak boleh bermain di Indonesia selama 1 tahun.

Sanksi terberat diberikan kepada Todd Rivaldo Ferre. Pemain muda Papua itu mendapatkan sanksi larangan bermain selama 12 bulan plus denda Rp50 juta.

Sanksi itu diberikan kepada Todd Rivaldo Ferre terkait jenis pelanggaran yang dilakukan dalam duel Persipura Jayapura melawan Bali United (5/11/2021). Todd disebut melakukan tingkah laku buruk terhadap perangkat pertandingan dan melakukan protes berlebihan dengan berkata tidak pantas disertai pemukulan terhadap perangkat pertandingan.

Ketua Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Erwin Tobing, menyebut sanksi berat diberikan kepada Todd Rivaldo Ferre sebagai efek jera. Para pemain diharapkan selalu patuh terhadap aturan dan menegakkan fair play dalam bermain.

"Saya sering katakan, kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Paling tidak, kita harus melakukan perubahan sikap, mental, dan punya integritas serta sportivitas. Selain bermain sepak bola yang cantik, juga enak dilihat," kata Erwin Tobing.

"Akan tetapi, kalau main bola sambil memukul, itu sudah tidak indah. Makanya kami akan menjatuhkan hukuman paling berat, siapapun yang memukul perangkat pertandingan akan kami tindak tegas. Ada ancamannya," tegas Erwin Tobing.

2 dari 3 halaman

Anak Jacksen F.Tiago Kena Sanksi

Selain itu, ada pula Hugo Samir yang merupakan anak mantan pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago. Komdis PSSI menjatuhkan sanksi berat kepada Hugo Samir terkait jenis pelanggaran menendang perangkat pertandingan.

Kejadian itu terjadi dalam laga Bhayangkara FC U-18 Vs Persebaya Surabaya U-18 yang digelar pada 28 Oktober 2021. Hugo Samir mendapatkan sanksi larangan bermain dan memasuki lapangan selama 12 bulan plus denda Rp5 juta.

Selain itu, Dzakwan Husam Sulaiman juga mendapatkan sanksi yang sama dengan Hugo Samir. Dzakwan Husam Sulaiman terlibat pemukulan terhadap perangkat pertandingan dalam duel yang sama.

Ada pula Kitman yakni Muji, yang juga mendapatkan sanksi sama. Muji didakwa melakukan pemulukan terhadap perangkat pertandingan.

3 dari 3 halaman

Klub Hingga Pelatih

Pelatih Borneo FC, Risto Vidakovic, juga mendapatkan denda sebesar Rp2 juta. Vidakovic kedapatan tidak memakai ID Card dalam pertandingan melawan Bhayangkara FC (27/10/2021).

Sanksi denda juga diberikan kepada klub BRI Liga 1, PSS Sleman dan Barito Putera. Keduanya mendapatkan sanksi denda Rp50 juta terkait pelanggaran tingkah laku buruk tim dan dalam 1 pertandingan mendapatkan 5 kartu kuning.

Sementara itu, sanksi berat juga diberikan kepada klub Liga 2, PSG Pati. Klub milik Atta Halilintar itu mendapatkan sanksi pengurangan tiga poin plus denda Rp90 juta. Sanksi diberikan karena PSG Pati memainkan pemain tidak sah yakni I Gede Sukadana yang sedang dalam status menjalankan hukuman larangan bertanding.

Video Populer

Foto Populer