Sukses


BRI Liga 1: Merasa Dirugikan Saat Lawan Persija, Persib Surati PT LIB

Bola.com, Bandung - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku telah melayangkan surat kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi BRI Liga 1 2021/2022 pasca pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Surat itu menurut Teddy hanya meminta dan memohon agar PT LIB melakukan evaluasi terhadap perangkat pertandingan dalam laga Persib Bandung kontra Persija lantaran dinilai telah merugikan tim berjulukan Maung Bandung.

Persib kalah 0-1 dari Persija dalam pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021). Gol kemenangan Persija ditentukan oleh Marko Simic. Namun terjadi insiden yang mengundang kontrovesial dalam laga itu.

Ada momen yang sebenarnya dapat mengubah keadaan ketika Persib Bandung mendapatkan tendangan bebas pada menit pertama. Eksekusi Marc Klok hampir membobol gawang Persija.

Sepakan Marc Klok ke kanan gawang Andritany dianggap oleh sejumlah pihak telah melewati garis gawang. Namun, wasit Aprisman Aranda bergeming dan tidak menganggap kejadian itu sebagai gol.

"Tujuan dan maksudnya mengirim surat itu, hanya meminta evaluasi atas kejadian itu (gol Marc Klok menit pertama). Bahwa yang kami lihat di televisi, rekaman, dan foto, menurut kami itu adalah gol," jelas Teddy saat dihubungi wartawan, Kamis (25/11/2021) malam.

2 dari 4 halaman

Belum Ada Respons

Maka dengan pertimbangan itu lanjut Teddy, pihaknya selaku manajemen Persib berkirim surat ke PT LIB karena rekaman yang didapatnya telah membuktikan bahwa itu sudah gol.

"Mohon di evaluasi saja. Kalau sudah gol ya tolong dievaluasi kinerja dari perangkat pertandingan," kata Teddy Tjahjono.

Hingga saat ini, lanjut Teddy, surat yang dikirim satu hari setelah pertandingan ke LIB itu belum ada tanggapan dari PT LIB.

"Apapun itu yang menurut kami keputusannya tidak fair, kami pasti bersurat sekaligus menyertakan bukti dan video," ujar Teddy.

Disinggung ada wacana bahwa kompetisi BRI Liga 1 akan ada tambahan dua wasit, khusus di samping gawang, Teddy enggan berkomentar dan lebih menyerahkan kepada tim pelatih.

"Untuk soal wasit itu tanyakan saja ke tim, saya tidak terlalu paham soal teknis," ucap pria berkacamata ini.

3 dari 4 halaman

Darurat VAR

Disinggung perlunya penggunaan VAR di kompetisi tertinggi Indonesia, Teddy sangat setuju. Terlebih sepak bola di luar negeri kata dia sudah banyak yang menggunakan VAR.

"Kalau di luar negeri sudah pakai VAR. Kalau diterapkan di Indonesia ya bagus, jadi alat untuk double cek yang akan sangat membantu," ungkap Teddy mengakhiri.

Tendangan bebas yang dilesakkan Marc Klok dimenit pertama saat lawan Persija Jakarta memang masih menjadi perdebatan lantaran bola terindikasi sudah melewati garis gawang yang dikawal Andritany, namun wasit memandang berbeda.

Atas kejadian itu, manajemen Persib pun melayangkan surat kepada PT LIB untuk melakukan evaluasi kepada perangkat pertandingan yang memimpin pertandingan Persib versus Persija di pekan ke 12 BRI Liga 1 2021/2022.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persib di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer