Sukses


Hasil BRI Liga 1: Duel Panas PSM Vs Persipura Berakhir Tanpa Pemenang

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar dan Persipura Jayapura dipaksa berbagi angka dalam laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022. Duel ini berakhir 1-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/11/2021) malam.

PSM mengawali pertandingan dengan langsung tampil agresif. Peluang pertama tercipta di menit keenam saat Abdul Rachman mengirim umpan kepada Yakob Sayuri. Bola mengarah ke gawang, tapi berhasil diamankan kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Tim Juku Eja mendapatkan hadiah penalti setelah pelanggaran yang dilakukan bek Persipura David Rumakiek. Dia menginjak kaki striker Anco Jansen yang membuat wasit menunjuk titik putih di menit ke-12.

Anco Jansen sendiri yang tampil sebagai eksekutor penaltinya di menit ke-13. Striker asal Belanda itu mengarahkan bola ke kanan gawang Persipura. Fitrul sebenarnya mampu menepisnya, tapi tembakan keras Jansen tetap membuat bola masuk.

PSM tidak mengendurkan serangan meski sudah unggul satu gol. Di menit ke-21, kerja sama rapi ditunjukkan. Ilham Udin Armaiyn mengirim kepada Jansen dan diteruskan menjadi tembakan ke gawang. Tapi, Fitrul masih mudah mengamankannya.

Persipura bukannya tanpa perlawanan. Mereka kemudian mengambil alih permainan dengan melepas banyak tendangan bertubi-tubi ke gawang PSM. Di menit ke-30, Takuya Matsunaga memberi umpan kepada Elisa Basna yang sayangnya menghasilkan tembakan meleset.

Semenit kemudian, giliran Nelson Alom yang memberi umpan matang kepada Hedipo Gustavo di menit ke-31. Lagi-lagi, tembakan gelandang asal Brasil itu masih belum mengarah ke gawang kiper Hilman Syah.

Gol balasan Persipura akhirnya lahir di menit ke-34. Hedipo menjadi kreatornya mengirim umpan kepada Feri Pahabol. Dari sisi kanan luar kotak penalti, Pahabol mencetak gol cantik yang mengarah ke sudut kanan gawang PSM.

Persipura masih memiliki peluang lagi dengan melibatkan kerja sama Hedipo dan Pahabol di menit ke-38, tapi masih diamankan oleh Hilman Syah. Babak pertama berakhir dengan kedudukan sama kuat 1-1.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Tak menunggu lama buat Persipura untuk melakukan serangan di babak kedua. Hedipo Gustavo mendapat kesempatan lewat tembakannya di menit ke-48. Sayang, bola tendangannya masih belum menemui sasaran.

Peluang kembali tercipta di menit ke-54 untuk tim Mutiara Hitam. Berawal dari sepakan pojok Pahabol, Brian Fatari memanfaatkannya dengan sundulan. Namun, dia tidak mampu mengarahkan bola ke gawang PSM.

Peluang emas untuk Persipura lahir di menit ke-64. Mulanya Hedipo Gustavo melepas tendangan bebas yang mampu dimentahkan Hilman Syah. Bola liar dimanfaatkan Israel Wamiau mengumpan ke Yevhen Bokhasvili. Tapi, tendangan striker asal Ukraina melenceng dari gawang.

PSM tidak tinggal diam dengan mencoba melakukan serangan. Ancaman lahir di menit ke-68 melibatkan pemain kembar, Yance Sayuri dan Yakob Sayuri. Yance melepas umpan silang kepada Yakob yang diteruskan dengan sundulan, sayang sundulannya tak terarah.

Bek kanan Zulkifli Syukur menjadi kreator serangan pada menit ke-77 lewat umpan silangnya ke jantung pertahanan Persipura. Bola disambut oleh Anco Jansen, tapi juga belum mengarah ke gawang.

Di menit ke-85, Anco Jansen melepaskan umpan ke arah Yance Sayuri. Dia pun membawa bola dengan dribel cepat dari sisi kanan serangan PSM. Aksi itu diakhiri dengan tembakan keras, sayangnya bola melambung.

Semenit berselang, serangan balik dilakukan Persipura. Feri Pahabol yang berganti melakukan dribel cepat dari sisi kiri serangan timnya dan dipungkasi dengan tembakan keras juga. Apes, bola tendangannya membentur mistar.

Tak ada tambahan gol sampai wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Skor 1-1- memaksa kedua tim berbagi angka. PSM masih tertahan di peringkat ke-10 dengan 18 poin, dan Persipura juga tetap berada di posisi ke-17 dengan 8 angka.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Hilman Syah (kiper); Zulkifli Syukur, Serif Hasic, Hasyim Kipuw, Abdul Rachman (belakang); Rasyid Bakri, M. Arfan, Wiljan Pluim (tengah); Yakob Sayuri, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (depan).

Pelatih Interim: Syamsuddin Batola.

Persipura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa (kiper); Muhammad Tahir, Israel Wamiau, Brian Fatari, David Rumakiek (belakang); Takuya Matsunaga, Nelson Alom, Hedipo Gustavo (tengah); Elisa Basna, Yevhen Bokhasvili, Feri Pahabol (depan).

Pelatih: Alfredo Vera.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi PSM dan Persipura Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer