4 Fakta Menarik Saat Laga PSM Vs Persipura Berakhir Imbang di BRI Liga 1

Oleh Aditya Wany pada 28 Nov 2021, 05:30 WIB
Diperbarui 28 Nov 2021, 05:30 WIB
PSM Vs Persipura
Pemain Persipura Jayapura, Israel Wamiau (kanan kedua) berusaha mencetak gol saat laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 antara PSM Makassar melawan Persipura Jayapura di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar dan Persipura Jayapura dipaksa berbagi angka dalam laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022. Duel ini berakhir 1-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/11/2021) malam.

PSM mencetak gol lebih dulu lewat eksekusi penalti striker Anco Jansen di menit ke-13. Persipura kemudian membalasnya berkat gol ciamik winger Feri Pahabol dari luar kotak penalti memasuki menit ke-34.

Hadiah penalti didapat tim Juku Eja setelah pelanggaran yang dilakukan bek Persipura David Rumakiek. Dia menginjak kaki striker Anco Jansen yang membuat wasit menunjuk titik putih di menit ke-12.

Anco Jansen sendiri yang tampil sebagai eksekutor penaltinya di menit ke-13. Striker asal Belanda itu mengarahkan bola ke kanan gawang Persipura. Fitrul sebenarnya mampu menepisnya, tapi tembakan keras Jansen tetap membuat bola masuk.

Gol balasan Persipura akhirnya lahir di menit ke-34. Hedipo menjadi kreatornya mengirim umpan kepada Feri Pahabol. Dari sisi kanan luar kotak penalti, Pahabol mencetak gol cantik yang mengarah ke sudut kanan gawang PSM.

Hasil imbang ini memaksa kedua tim berbagi angka. PSM masih tertahan di peringkat ke-10 dengan 18 poin, dan Persipura juga tetap berada di posisi ke-17 dengan sembilan angka.

Dari pertandingan ini, setidaknya ada empat fakta menarik yang menyertai pertemuan kedua tim. Simak ulasan Bola.com berikut ini:

 

2 dari 6 halaman

Dominasi PSM

Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batolla
Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batolla saat laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 antara PSM Makassar melawan Persipura Jayapura di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sejak era Liga 1 dimulai pada 2017, laga ini menjadi pertemuan ketujuh antara PSM dengan Persipura. Hasilnya menunjukkan bahwa PSM masih lebih dominan atas tim asal Papua tersebut.

Tim berjulukan Juku Eja memenangkan tiga pertandingan di antaranya, bandingkan saja dengan Persipura yang hanya sekali menang. Tiga pertandingan lainnya berakhir imbang, termasuk pertemuan kali ini.

 

 

 

 

3 dari 6 halaman

Zona Degradasi

Pemain Persipura Jayapura, Yohanes Ferinando Pahabol
Pemain Persipura Jayapura, Yohanes Ferinando Pahabol (kanan) berebut bola dengan pemain PSM Makassar, M. Arfan saat laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 antara PSM Makassar melawan Persipura Jayapura di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persipura masih belum beranjak dari zona degradasi dan tetap berada di posisi ke-17. Hasil imbang ini membuat mereka baru mengoleksi sembilan angka dalam 14 pertandingan BRI Liga 1.

Padahal, target itu yang ingin mereka capai dengan melakukan pergantian dari Jacksen F. Tiago ke Angel Alfredo Vera. Tapi, upaya mereka untuk bangkit dan mentas dari zona merah masih terbuka. 

4 dari 6 halaman

Gagal Menang 4 Laga

Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batolla
Asisten pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batolla saat laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 antara PSM Makassar melawan Persipura Jayapura di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

PSM juga melakukan pergantian pelatih setelah memecat Milomir Seslija akibat hasil minor. Di duel ini, Wiljan Pluim dkk ditemani oleh pelatih interim Syamsuddin Batola yang sudah paham seluk beluk tim.

Nyatanya, PSM masih belum mendapat kemenangan. Hasil seri 1-1 kontra Persipura membuat PSM masih gagal menang dalam empat laga beruntun di BRI Liga 1. Rinciannya masing-masing dua seri dan kalah.

 

5 dari 6 halaman

Yevhen Bokhasvili Mandul

Pemain Persipura Jayapura, Yavhen Bokhashvili
Reaksi kecewa pemain Persipura Jayapura, Yavhen Bokhashvili usai gagal mencetak gol saat laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 antara PSM Makassar melawan Persipura Jayapura di Stadion Sultan Agung, Bantul, Sabtu (27/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persipura sebenarnya punya striker asing, yakni Yevhen Bokhasvili yang berkewarganegaraan Ukraina. Sayangnya, sampai 14 pekan, striker berusia 28 tahun itu belum mencetak gol meski tercatat tampil dalam sembilan laga.

Di laga ini sendiri, Yevhen sebenarnya mendapat dua peluang emas di depan gawang PSM. Jangankan berbuah gol, bola tembakannya bahkan melenceng semua meski mendapat umpan matang dari rekan-rekannya.

6 dari 6 halaman

Di Mana Posisi PSM Saat Ini?

Lanjutkan Membaca ↓