Hasil BRI Liga 1: Persik Vs Persebaya Tanpa Gol, Madura United Berpesta atas Barito Putera

Oleh Benediktus Gerendo PradigdoAditya Wany pada 28 Nov 2021, 20:11 WIB
Diperbarui 28 Nov 2021, 20:19 WIB
Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1
Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Solo - Persik Kediri dan Persebaya Surabaya terpaksa berbagi angka. Laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 itu berakhir imbang tanpa gol alias 0-0 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (28/11/2021) malam. Sementara pada waktu yang sama, tim Jawa Timur lainnya, Madura United, sukses berpesta dengan kemenangan telak 3-0 atas Barito Putera di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Dalam duel dua tim Jawa Timur pada pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 di Solo, Persik tancap gas memberi tekanan pada pertahanan Persebaya pada menit-menit awal pertandingan. Pada menit ketiga, peluang pertama laga ini lahir lewat umpan Youssef Ezejjari kepada Septian Bagaskara. Namun, tendangan Septian belum menemui sasaran.

Agresivitas Macan Putih masih terus berjalan. Umpan emas berikutnya dikreasi oleh Yusuf Meilana. Dia memberikan bola kepada Youssef Ezejjari di menit ketujuh. Bola mengarah ke gawang, tapi, masih bisa diamankan kiper Andhika Ramadhani.

Persebaya membalasnya lewat serangan balik cepat dari sisi kiri yang dimotori oleh Bruno Moreira di menit ke-18. Dia pun mengirim bola ke kotak penalti yang mengarah ke Marselino Ferdinan. Sayang, tembakan keras Marselino melambung.

Marselino kembali tampil sebagai pemain yang memberi ancaman kepada pertahanan Persik di menit ke-24. Kali ini, dia bekerja sama dengan Alwi Slamat lewat umpan satu dua di luar kotak penalti. Tembakan keras mendatarnya mengarah ke gawang, tapi Dikri Yusron menghentikannya.

Persik tidak ketinggalan dengan mendapat momentum serangan balik pada menit ke-27. Antoni Putro Nugroho menyisir dari sisi kiri dan memberi bola untuk Youssef Ezejjari. Lagi-lagi, tembakan mendatarnya tidak berbuah gol karena melenceng.

Peluang emas Persebaya muncul di menit ke-31. Mulanya, Alwi Slamat mengirim umpan di dalam kotak penalti untuk Bruno Moreira. Sayangnya, bola tembakan pemain asal Brasil itu membentur mistar gawang Persik.

Pada menit ke-37, Persik kembali mengancam lewat Septian Bagaskara memberi umpan matang ke Antoni Putro Nugroho yang sayangnya menghasilkan tembakan melambung. Babak pertama laga pekan ke-14 BRI Liga 1 ini dipungkasi dengan kedudukan 0-0 karena belum ada gol.

2 dari 5 halaman

Tetap Tak Ada Gol

BRI Liga 1 - Persik Kediri Vs Persebaya Surabaya
BRI Liga 1 - Persik Kediri Vs Persebaya Surabaya (Bola.com/Adreanus Titus)

Persebaya tidak menunggu lama untuk mencoba mencetak gol di awal babak kedua laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 itu. Peluang mereka tercipta pada menit ke-47, setelah Marselino mengirim umpan tarik kepada Bruno di dalam kotak penalti. Sayang, tembakannya masih mampu ditepis Dikri.

Hanya semenit kemudian, Youssef membalasnya dengan melakukan aksi individu di pertahanan Persebaya. Dia melewati dua bek lawan dan memungkasinya dengan tembakan keras. Tendangannya pun masih melambung.

Tim Bajul Ijo hampir unggul lewat kerja sama Bruno Moreira dan Taisei Marukawa di jantung pertahanan Persik pada menit ke-53. Marukawa dalam sudut yang tepat melepas tembakan, namun bola eksekusinya membentur tiang.

Persik meresponsnya dengan dua kreasi serangan yang dilakukan oleh Risna Prahalabenta pada menit ke-58 dan ke-62. Masing-masing umpannya diberikan kepada Septian dan Antoni. Dua-duanya gagal berbuah gol karena tidak menemui sasaran.

Bruno tampil sebagai striker lantaran Samsul Arif ditarik keluar. Pemain asal Brasil itu pun mampu merepotkan Persik. Satu di antaranya adalah tembakan keras dari jarak jauh yang sayangnya melambung di atas gawang di menit ke-74.

Semenit berselang, Muhammad Ridwan juga menebar ancaman meski baru masuk ke lapangan. Tembakannya tepat mengenai sasaran gawang lawan, tapi kiper Andhika sigap mengamankan bola.

Bayu Otto tidak ketinggalan dengan melakukan percobaan sepakan jarak jauh. Hampir membuat Persik unggul, tembakan kaki kiri gelandang bernomor punggung 6 itu juga tidak mengarah ke gawang Persebaya.

Tak ada gol yang tercipta sampai wasit mengakhiri pertandingan. Persebaya masih menduduki peringkat keenam dengan 24 poin. Persik pun tidak beranjak dari zona merah dan tetap di posisi ke-16 dengan 11 poin.

3 dari 5 halaman

Madura United Berpesta, Bungkam Barito Putera

BRI Liga 1 - Barito Putera Vs Madura United
BRI Liga 1 - Barito Putera Vs Madura United (Bola.com/Adreanus Titus)

Sementara itu, dari Stadion Maguwoharjo, Sleman, Madura United berhasil meraih kemenangan telak 3-0 atas Barito Putera pada laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 ini. Laskar Sape Kerap mampu menguasai jalannya pertandingan dan meraih keunggulan cukup cepat.

Pada menit ke-11, Haris Tuharea membuka keunggulan Madura United. Memanfaatkan tendangan bebas yang dilepaskan oleh Slamet Nurcahyo ke arah tiang jauh, Haris Tuharea menanduk bola yang berhasil masuk ke dalam gawang Barito Putera yang dikawal Aditya Harlan.

Dalam dua menit berselang, Madura United berhasil menggandakan keunggulannya lewat gol David Laly. Mendapatkankan umpan silang dari Andik Rendika Rama dari sisi kiri lapangan, David Laly menahan bola dan kemudian melakukan placing ke sudut gawang Barito Putera yang membuat kedudukan menjadi 2-0 yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Madura United kemudian menambah satu lagi gol pada babak kedua. Tepatnya pada menit ke-70, Hugo Gomes mencetak gol dari eksekusi tendangan bebas yang cantik. Sepakan pemain yang karib disapa Jaja itu mengarah ke sisi kanan gawang Barito Putera yang membuat Aditya Harlan mati langkah.

Kedudukan 3-0 bertahan hingga laga berakhir, dan Madura United meraih tiga poin untuk kali kedua secara berturut-turut yang mengangkat posisi mereka ke peringkat ke-11 dengan koleksi 17 poin.

 

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 dengan Nuansa Suporter
Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 dengan Nuansa Suporter (Bola.com/Adreanus Titus)

Persik vs Persebaya

  • Persik (4-3-3): Dikri Yusron (kiper); Ibrahim Sanjaya, Andri Ibo, Arthur Felix Silva, Risna Prahalabenta (belakang); Bayu Otto, Yusuf Meilana, Dionatan Machado (tengah); Septian Bagaskara, Youssef Ezejjari, Antoni Putro Nugroho (depan)
  • Pelatih: Javier Roca
  • Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan (tengah); Taisei Marukawa, Samsul Arif, Bruno Moreira (depan)
  • Pelatih: Aji Santoso

Barito Putera vs Madura United

  • Barito Putera (4-2-3-1): Aditya Harlan; Nazar Nurzaidin, Azamat Baimatov, Cassio De Jesus, Miftah Anwar Sani; Raffi Syaharil, Bayu Pradana; Rizky Pora, Muhammad Firly, Rafinha; Aleksandar Rakic
  • Pelatih: Djadjang Nurdjaman
  • Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho; Dody Alexvan Djin, Jaimerson Xavier, Kadek Raditya, Andik Rendika Rama; Hugo Gomes, Asep Berlian, Slamet Nurcahyono; David Laly, Haris Tuharea; Silvio Escobar
  • Pelatih: Fabio Lefundes
5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓