BRI Liga 1: Persija Pastikan Ganti Pemain Asing pada Bursa Transfer Putaran Kedua, Siapa Terdepak?

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 29 Nov 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 13:45 WIB
Foto: Gol Marko Simic Bawa Persija Jakarta Ungguli Persib Bandung di Babak Pertama dalam Laga Pekan ke-12 BRI Liga 1
Gol dari striker Persija Jakarta, Marko Simic di masa injury time babak pertama berhasil membawa Macan Kemayoran unggul sementara 1-0 atas Persib Bandung dalam laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta sudah tidak sabar menatap bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 2021/2022. Tim berjuluk Macan Kemayoran itu berencana melakukan sejumlah pergerakan, termasuk mengganti pemain asing.

"Pada putaran kedua, seperti pemberitaan terakhir yang sama-sama kita dengar, akan ada penambahan pemain asing maupun lokal," kata Direktur Persija Jakarta, Ferry Paulus.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) bakal membuka jendela perpindahan antarpemain pada 15 Desember 2021-12 Januari 2022.

Ferry memastikan bahwa Persija pasti akan melakukan evaluasi terhadap para pemainnya, tidak terkecuali legiun asing mengingat Marko Simic dkk. masih inkonsisten hingga pekan ke-13 BRI Liga 1.

"Tim sudah melakukan beberapa kali evaluasi. Penilaian final dilakukan ketika bursa transfer dibuka. Sehingga ruang itu memungkinkan untuk menambah pemain," jelas Ferry.

"Pemain sudah banyak yang dibidik. Bahkan sudah dikomunikasikan oleh tim talent scouting Persija Jakarta, baik lokal maupun asing," imbuh pria asal Manado, Sulawesi Utara itu.

2 dari 4 halaman

Evaluasi Pemain Asing

Foto: Telan Kekalahan Perdana, Persija Jakarta Ditumbangkan 10 Pemain Arema FC di BRI Liga 1
Pemain Persija Jakarta, Yann Motta Pinto (atas) dan pemain Arema FC, Dendi Santoso saat laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 antara Persija Jakarta melawan Arema FC di Stadion Manahan, Solo, Minggu (17/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Ferry tidak mengungkap siapa pemain asing Persija Jakarta yang akan diganti. Secara situasi, posisi Yann Motta dan Marco Motta cukup rawan karena kontrak keduanya bakal habis pada akhir Desember 2021.

Khusus Yann Motta, selain akan bebas transfer, perannya juga dapat digantikan oleh Ryuji Utomo yang segera kembali dari masa peminjaman dari klub Malaysia, Penang FC.

Praktis, nasib Marko Simic dan Rohit Chand masih aman lantaran keduanya adalah tulang punggung Macan Kemayoran di BRI Liga 1.

"Kalau melihat kondisi sekarang, pasti pemain asing dievaluasi. Ini gambaran beberapa pekan terakhir. Saya tidak tahu nantinya seperi apa," papar Ferry.

"Yang jelas, presiden dan manajer tim punya wewenang lebih jauh untuk melihat kedalaman tim, termasuk evaluasi yang sudah dilakukan," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Aksi Marko Simic

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Persija Jakarta (@persija)

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara Persija di BRI Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓