Sukses


Duel Antarlini Persipura vs Bhayangkara FC di BRI Liga 1: Bakal Sengit dan Alot

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura dan Bhayangkara FC akan bentrok dalam lanjutan pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022. Kedua tim saling jegal di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Kamis (2/12/2021).

Pertemuan Persipura dan Bhayangkara FC diprediksi akan berjalan sengit dan ketat, meski di papan klasemen sementara berjarak cukup jauh. Persipura dalam misi segera keluar dari zona degradasi, dengan masih berkutat di urutan ke-17 dengan 9 poin.

Adapun Bhayangkara FC yang menjadi calon lawannya merupakan pemuncak klasemen dengan nilai 30. Atau terpaut 21 poin jarak perolehan poin kedua tim.

Namun bicara pencapaian prestasi, baik Persipura dan Bhayangkara FC merupakan tim besar dengan predikat pernah juara. Tentu akan menambah aroma sengitnya pertandingan di atas lapangan nanti.

Tim Mutiara Hitam (julukan Persipura) mampu meraih tiga gelar juara era ISL. Yakni pada musim 2008-2009, 2010-2011 dan musim 2013.

Sementara itu, Bhayangkara FC adalah tim kuat di era Liga 1. The Guardian (julukan Bhayangkara FC) adalah juara pada edisi perdana Liga 1 di tahun 2017 lalu.

Bola.com memiliki analisis menarik untuk membedah kekuatan skuad Persipura Jayapura dan Bhayangkara FC yang bakal berebut poin di Magelang nanti. Berikut ulasannya:

2 dari 6 halaman

Kiper

Kedua tim diperkuat dua Kiper lokal yang tangguh. Persipura punya Fitrul Dwi Rustapa dan Bhayangkara punya sosok Awan Setho Raharjo.

Namun, dari sisi pengalaman dan kemampuan dalam melakukan komando di lini belakang, Awan jelas punya keunggulan. Awan kerap mengenakan ban kapten di BFC musim ini. Padahal usianya baru 25 tahun.

Selain itu, Awan Setho juga  pernah memperkuat tim nasional di berbagai level umur. Termasuk di tim nasional senior.

Status Fitrul Dwi Rustapa sendiri sebenarnya hanya kiper pelapis di Persipura. Namun, cedera yang dialami Dede Sulaiman memberinya kesempatan untuk bermain.

3 dari 6 halaman

Belakang

Persipura Jayapura sempat identik dengan sosok Ruben Karel Sanadi di posisi bek kiri. Namun, sejak beberapa musim terakhir Ruben menyeberang ke Bhayangkara FC.

Namun, bukan Persipura namanya jika tak punya pemain muda potensial yang bisa menggantikan posisi Ruben. Di musim ini Mutiara Hitam punya sosok bek kiri muda bernama David Rumakiek.

Pemain berusia 22 tahun itu sudah tampil sembilan kali bersama Persipura di musim ini. Akan menarik untuk melihat persaingan antara Rumakiek dan Ruben dari posisinya masing-masing.

Keduanya diperkirakan akan saling melakukan overlap guna membantu serangan. Umpan silang akurat keduanya juga sangat ditunggu di laga nanti.

4 dari 6 halaman

Tengah

Muhammad Hargianto kian menunjukkan kematangan sebagai seorang gelandang tengah. Di musim ini pemain 25 tahun itu sudah dimainkan sebanyak 10 kali.

Hargianto juga sudah mencetak satu gol dan tiga assist untuk BFC. Namun, eks pemain Indonesia U-19 ini tak akan leluasa dalam bergerak di laga nanti.

Persipura banyak memiliki stok gelandang petarung yang siap mengganggu pergerakan Hargianto. Salah satunya Nelson Alom.

Gelandang berusia 31 tahun ini perlahan mulai kembali ke permainan terbaiknya. Padahal Nelson sempat absen lama karena cedera lutut parah.

5 dari 6 halaman

Depan

Bhayangkara FC diperkirakan masih belum bisa diperkuat Ezechiel Ndouassel. Sebab penyerang Chad itu menerima hukuman larangan tiga kali bertanding setelah mendapatkan kartu merah di laga melawan Persita lalu.

Sebagai gantinya Paul Munster bakal kembali mengandalkan Dendy Sulistiyawan. Kecepatan eks penyerang Persela Lamongan ini akan sangat dibutuhkan lini depan Bhayangkara FC. Namun, finishing dari Dendy memang perlu ditingkatkan lagi.

Persipura juga punya pemain cepat dan punya skill luar biasa. Adalah Yohanes Ferinando Pahabol yang bakal diandalkan Angel Alfredo Vera di laga nanti.

Apalagi di musim ini Pahabol tampil cukup tajam. Eks pemain Persidafon Dafonsoro tersebut sudah mengemas empat gol di musim ini bersama Persipura di BRI Liga 1.

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer