Persija Kalah Terus, Angelo Alessio Woles Terkait Fenomena Pemecatan Pelatih di BRI Liga 1

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 30 Nov 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 30 Nov 2021, 14:30 WIB
BRI Liga 1 2021: Persija Jakarta vs PSIS Semarang
Pelatih Persija Jakarta, Angelo Alessio saat melawan PSIS Semarang dalam laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (12/9/2021). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Foto: Bola.Com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Magelang - Persija Jakarta bertahan di jalur kekalahan. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu ambruk dalam dua partai terakhir.

Terbaru, Marko Simic dkk. takluk 1-2 dari Borneo FC dalam pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion dr. H. Moch. Soebroto, Magelang, Senin (29/11/2021).

Ketika melawan Borneo FC, Persija Jakarta sempat unggul lebih dulu melalui Marko Simic pada menit ke-20. Namun, Tim Macan Kemayoran gagal mempertahankan keunggulan.

Borneo FC berhasil membalikkan keadaan melalui tendangan penalti Francisco Torres pada menit ke-49 dan Wawan Febrianto pada injury time.

Kekalahan ini menjadi yang kedua secara beruntun bagi Persija Jakarta. Sebelumnya, Tim Macan Kemayoran dibekuk Bali United 0-1 pada 25 November 2021.

2 dari 4 halaman

Posisi Angelo Alessio Terancam?

Foto: Persija Jakarta Patahkan Rekor Belum Terkalahkan Persib Bandung di BRI Liga 1 2021 / 2022
Pelatih dan manajer tim Persija Jakarta, Angelo Alessio (kanan) dan Bambang Pamungkas saat melawan Persib Bandung dalam laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Buntut dua kekalahan beruntun itu, Persija Jakarta tertahan di peringkat ke-10 klasemen sementara BRI Liga 1. Tim Macan Kemayoran hanya mampu meraup 18 poin hasil dari 14 penampilan.

Kegagalan meraih poin dalam dua partai terakhir tersebut juga membuat masa depan Alessio dipertanyakan. Fenomena klub berpisah dengan pelatihnya di tengah jalan makin memperburuk kondisi ini.

Namun, Alessio enggan memikirkan keadaan itu. Arsitek berusia 56 tahun tersebut kekeuh untuk fokus dengan perjuangan Persija, alih-alih masa depannya.

"Ini adalah pekerjaan saya. Namun, saya tidak mau memikirkan hal itu karena fokus saya adalah ke tim," imbuh Alessio dalam konferensi pasca-laga kontra Borneo FC.

"Kami memiliki beberapa masalah. Saya harus menyelesaikan masalah ini. Saya tahu pekerjaan saya. Persija kalah dua kali. Pertama, kami gagal penalti melawan Bali United. Sekarang, kami kebobolan di menit terakhir."

"Ini adalah sepak bola. Saat ini, kami tidak beruntung. Semuanya sedang salah. Kami akan terus menatap ke depan," tutur pelatih asal Italia itu.

3 dari 4 halaman

8 Pelatih Sudah Menjadi Korban Keganasan BRI Liga 1

Foto Liga 1: Arsitek Baru Macan Kemayoran, Angelo Alessio Pimpin Perdana Latihan Persiapan Liga 1 2021
Kiprah Angelo Alessio bersama Macan Kemayoran dalam mengarungi Liga 1 2021 patut dinantikan oleh penikmat sepak bola Indonesia dan pendukung setia mereka, The Jack Mania. (Foto: Dok. Persija Jakarta)

Sudah delapan pelatih menjadi korban keganasan di BRI Liga 1. Kedelapannya adalah Mario Gomez (Borneo FC), Milomir Seslija (PSM Makassar), dan Rahmad Darmawan (Madura United).

Selain itu, ada juga Igor Kriushenko (Persikabo 1973), Iwan Setiawan (Persela Lamongan), Joko Susilo (Persik Kediri), Jacksen Tiago (Persipura Jayapura), serta Hendri Susilo (Persiraja Banda Aceh).

Alessio terancam menjadi yang kesembilan jika performa Persija masih angin-anginan.

Pada pekan ke-15, Persija akan menjamu Persikabo 1973 pada 3 Desember 2021. Ketika melawan Persikabo 1973, Persija terancam tidak dapat mememainkan tiga pemainnya.

Riko Simanjuntak sudah pasti absen karena akumulasi kartu, sedangkan Osvaldo Haay dan Novri Setiawan menderita cedera.

"Pada partai berikutnya, kami kehilangan Riko yang diskors dan Osvaldo serta Novri yang mengalami cedera," tutur Alessio.

"Ini masalah saya dan saya harus memainkan pemain yang ada ketika melawan Persikabo. Saya harus memikirkan ini. Saya harus memikirkan pekerjaan saya. Saya tahu pekerjaan saya," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persija di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓