Sukses


    FIFA Optimistis Vietnam Lolos Piala Dunia 2026, Kapan ya Timnas Indonesia?

    Bola.com, Jakarta - Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam pertemuannya dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), mengaku siap memberikan bantuan agar Timnas Vietnam bisa mewujudkan mimpi bermain di Piala Dunia 2026.

    Timnas Vietnam kini menjadi kekuatan besar di sepak bola Asia Tenggara. Bermain di bawah kendali pelatih Park Hang-seo, The Golden Star menjadi juara Piala AFF 2018 dan mengukir prestasi bagus pada beberapa turnamen kelompok usia.

    Vietnam terus melakukan investasi untuk mencapai tujuan besar mereka, tampil di Piala Dunia. Vietnam hampir pasti gagal tampil di Piala Dunia 2022 karena kesulitan bersaing pada putaran ketiga Kualifikasi Zona Asia.

    Vietnam terbilang pontang-panting pada putaran ketiga Piala Dunia 2022 zona Asia. Dari enam laga yang sudah dimainkan, mereka selalu kalah. Sebagai catatan, Vietnam menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga.

     

    2 dari 4 halaman

    Dukungan dari FIFA untuk Vietnam

    Setelah bertemu dengan delegasi VFF, Gianni Infantino melihat ada peluang bagi Vietnam untuk mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia 2026 karena bakal ada 48 negara yang ambil bagian.

    "Peluang Vietnam tidak kecil," ujar Infantino seperti dikutip dari TheTao 247.

    "Pada Piala Dunia 2026, jumlah tim Asia yang berpartisipasi akan meningkat menjadi 8 negara, bukan hanya 4 seperti saat ini," ujar Presiden FIFA itu.

    "Dengan bertambahnya jumlah tim yang berpartisipasi, kami berharap dapat membawa peluang besar bagi tim seperti Vietnam, yang telah berinvestasi kepada kekuatan muda yang dapat bersaing di Piala Dunia, baik pria maupun wanita," lanjut Infantino.

     

    3 dari 4 halaman

    Bantuan untuk Vietnam

    Langkah VFF mendekati FIFA berbuah manis. Sebab, mereka dipastikan bakal mendapatkan bantuan dari FIFA untuk mengembangkan sepak bola mereka dalam beberapa tahun ke depan. FIFA akan mendukung mimpi Vietnam tampil di Piala Dunia.

    FIFA akan memberikan arahan langsung untuk setiap program yang dibuat VFF melalui Laporan Analisis Global. Selain itu, FIFA juga akan terus mengawal setiap tahap dari proses pengembangan sepak bola Vietnam dalam beberapa tahun ke depan.

    Sementara di sisi lain, FIFA dikabarkan meminta dukungan VFF untuk penyelenggaraan Piala Dunia setiap dua tahun sekali. FIFA melihat VFF sebagai mitra penting karena beberapa pejabatnya memiliki posisi strategis di kepengurusan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

     

    4 dari 4 halaman

    Timnas Indonesia Kapan ya?

    Vietnam kini sudah bersaing di level tertinggi Asia. Bahkan mereka sudah mempersiapkan program untuk tampil di Piala Dunia 2026 dengan bantuan dari FIFA.

    Pertanyaan selanjutnya, kapan giliran Timnas Indonesia?

    Sebuah pernyataan menarik dibuat Diego Michiels dalam sebuah wawancara di Youtube KRTV. Pemain Arema FC itu menilai Indonesia mungkin belum akan tampil di Piala Dunia hingga 40 tahun ke depan.

    "Mungkin di atas itu. Mungkin, kalau mulai sekarang PSSI membangun semua infrastruktur untuk pemain muda, mungkin bisa lolos 20 tahun ke depan," ucap mantan pemain Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011 itu.

    Sumber: TheThao 247/KRTV

    Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 1/12/2021)

    Video Populer

    Foto Populer