Klub Atta Halilintar Selamat! Sedih, Mitra Kukar, Badak Lampung, dan Dua Klub Liga 2 Degradasi ke Liga 3

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 02 Des 2021, 19:10 WIB
Diperbarui 02 Des 2021, 19:10 WIB
Logo Mitra Kukar (bola.com/Rudi Riana)
Logo Mitra Kukar (bola.com/Rudi Riana)

Bola.com, Jakarta - Empat klub Liga 2 2021 dipastikan terdegradasi ke Liga 3 musim depan. Keempatnya adalah KS Tiga Naga, Badak Lampung FC, Hizbul Wathan FC, dan Mitra Kukar

Keempat tim itu turun kasta ke Liga 3 akibat menjadi juru kunci Grup A, B, C, dan D.

KS Tiga Naga gagal bersaing dengan Semen Padang dan Babeli United pada matchday terakhir Grup A. Sementara Badak Lampung tidak mampu mengejar PSKC Cimahi di Grup B.

Di Grup C, Hizbul Wathan bersaing ketat dengan PSG Pati hingga pertandingan penentuan. Namun, hasil imbang kedua tim membuat kesebelasan asal Jawa Timur itu turun kasta.

Dengan demikian, PSG Pati selamat dari belenggu degradasi. Klub milik YouTuber, Atta Halilintar itu berhasil bertahan di Liga 2.

Di Grup D, nasib pedih terpaksa ditelan Mitra Kukar. Klub langganan Liga 1 itu kalah 0-1 dari Persiba Balikpapan pada partai terakhir Grup D yang berujung terjeblos ke Liga 3.

2 dari 3 halaman

Noda untuk Mitra Kukar dan Badak Lampung

Logo Badak Lampung
Logo Badak Lampung. (Bola.com/Dody Iryawan)

Kepastian Mitra Kukar dan Badak Lampung turun kasta ke Liga 3 terbilang mengejutkan. Sebab, kedua klub itu masih bermain di Liga 1 pada beberapa musim lalu.

Mitra Kukar adalah peserta kasta teratas Liga Indonesia sejak 2011 sebelum degradasi ke Liga 2 pada 2018. Sementara Badak Lampung, baru semusim mendekam di divisi dua sebelum turun kasta ke Liga 3.

Badak Lampung baru eksis pada 2019 setelah membeli Perseru Serui. Semusim di Liga 1, tim berjuluk Laskar Saburai itu tergulung ke Liga 2 dan musim depan harus bermain di Liga 3.

3 dari 3 halaman

4 Klub Liga 2 yang Terdegradasi ke Liga 3

Foto: Cristian Gonzales Borong 2 Gol, Rans Cilegon FC Taklukkan Badak Lampung
Badak Lampung yang tidak ingin kalah dan terdegradasi ke Liga 3 musim depan juga beberapa kali melakukan serangan balik. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
  • Grup A: KS Tiga Naga
  • Grup B: Badak Lampung FC
  • Grup C: Hizbul Wathan FC
  • Grup D: Mitra Kukar
Lanjutkan Membaca ↓