Sukses


Blak-blakan Mees Hilgers Tentang Debut Profesional Bersama FC Twente dan Minat Bermain di Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Nama Mees Hilgers jadi buah bibir pencinta sepak bola Indonesia setelah menyatakan minatnya bermain untuk Timnas Indonesia.

Pasalnya, selain usianya masih sangat muda yakni 20 tahun, Hilgres kini berkostum FC Twente yang berkiprah di Eredivisie, kompetisi kasta tertinggi Belanda. Sampai pekan ke-14 musim 2021/2022, ia tercatat sudah tampil dalam 13 laga bersama Twente dengan koleksi satu gol.

Pencapaian sementara Hilgres di Liga Belanda jelas sangat menguntungkan buat Indonesia bila proses naturalisasinya berjalan lancar. Menurut pria kelahiran 13 Mei 2001, ia sudah mendapat surat dari pihak PSSI yang isinya meminta dirinya memperkuat timnas Indonesia.

"Ini bukan rumor. Agen saya tengah mempelajari dan mencari tahu keaslian surat. Kalau benar, saya tentu senang dan ingin secepatnya bermain di timnas Indonesia," ujar Hilgres dalam channel YouTube KR TV.

Peluang Hilgres berstatus pemain naturalisasi terbilang besar karena memiliki garis keturunan Indonesia dari ibunya yang berasal dari Sulawesi Utara.

"Saya berharap prosesnya berjalan lancar dan cepat. Bagi saya, suatu kehormatan besar bisa bermain untuk Timnas Indonesia, negara besar dan indah," papar Hilgres yang mulai bersentuhan dengan sepak bola ketika bergabung di tim usia dini Nieuwland saat usianya masih empat tahun.

2 dari 3 halaman

2009

Setelah menimba ilmu dasar sepak bola di Nieuwland, Hilgres pindah ke klub pada 2009.

Dua tahun kemudian, bakatnya terpantau oleh pemandu bakat FC Twente, ia pun mendapat tawaran mengembangkan kemampuannya di akademi klub itu.

"Di Twente, saya pertama kali bermain sebagai bek tengah. Sebelumnya, saya lebih banyak bermain sebagai penyerang," kenang Hilgres.

Oleh tim pelatih akademi Twente menilai Hilgres lebih pas bermain sebagai stoper. Selain memiliki postur ideal, Hilgres juga tenang dan kuat saat memegang bola serta memiliki nilai plus pada kecepatan.

3 dari 3 halaman

Debut Profesional

Hilgres pun menjadi bagian skuad Twente Junior tampil pada berbagai turnamen kelompok usia. Pada 6 Desembe 2018, Hilgres menandatangani kontrak profesional dengan Twente.

Tapi, baru dua tahun kemudian, tepatnya pada 5 Desember 2020, ia menjalani debutnya. Dimana saat itu, ia menjadi bagian dari tim senior Twente.

Pada 5 Desember 2020, ia melakukan debutnya di kompetisi kasta tertinggi Liga Belanda. Tak main-main, saat itu, Twente menghadapi tuan rumah Ajax Amsterdam di Johan Cruijff Arena.

Pada laga itu, Twente membungkam Ajax dengan skor 2-1.Laga itu sangat bermakna buat Hilgres. Itulah mengapa ia menjadikan jersey nomor 35 sebagai angka 'keramatnya' yang dipakainya sampai sekarang.

"Sebenarnya itu bukan nomor pilihan saya. Pihak klub yang menentukan nomor jersey yang saya pakai," terang Hilgres yang merajah lengan kanannya untuk mengabadikan nomor keramat itu.

Video Populer

Foto Populer