Prediksi Persebaya vs Barito Putera di BRI Liga 1: Usung Misi Keluar dari Hasil Negatif

Oleh Maheswara Putra pada 04 Des 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 04 Des 2021, 10:00 WIB
BRI Liga 1 - Persebaya Surabaya Vs Barito Putera
BRI Liga 1 - Persebaya Surabaya Vs Barito Putera (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya dan Barito Putera akan bertemu di pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu malam (4/12/2021). Pada pekan sebelumnya, kedua tim sama-sama meraih hasil kurang memuaskan.

Barito Putrea menelan kekalahan telak tiga gol tanpa balas kontra Madura United, sedangkan Persebaya Surabaya dipaksa meraih hasil imbang menghadapi Persik Kediri. Praktis duel nanti bakal menjadi kesempatan besar bagi kedua tim untuk menebus dengan hasil positif.

Persebaya punya misi untuk menang dan kembali meramaikan persaingan di papan tengah. Tim pujaan Bonekmania itu masih berada di posisi lima besar dngan nilai 24. Atau tertinggal sembilan poin dari Bhayangkara FC sebagai penguasa klasemen.

Adapun Barito Putera ingin segera meninggalkan zona merah. Bayang-bayang jurang degradasi masih menghantui tim berjulukan Laskar Antasari. Karena baru mengemas 12 poin dan berkutat di posisi ke-16.

Persebaya di bawah asuhan Aji Santoso perlu waspada. Tim asal Kalimantan Selatan tersebut berpotensi menyulitkan tim berjulukan Bajul Ijo. Sang pelatih mengaku waspada terhadap racikan Djajang Nurdjaman.

 

2 dari 5 halaman

Ekstra Waspada

Foto: Derby Jatim, 10 Pemain Arema FC Harus Rela Berbagi Poin Dengan Persebaya Surabaya di Pekan Kesebelas BRI Liga 1
Marselino Ferdinan akhirnya tampil sebagai pemain penting Bajul di menit ke-71. Dia mencetak gol penyeimbang bagi Persebaya.(Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Aji Santoso tidak segan-segan mengatakan bahwa Djanur adalah pelatih berpengalaman dan punya berbagai strategi untuk melumpuhkan Jose Wilkson dan kolega. Untuk itu pihaknya mengabaikan sejenak dua kekalahan yang diderita Laskar Antasari dalam dua pertandingan terakhir.

“Coach Djanur itu pelatih bagus. Sebelum di Barito, dia bawa Persib Bandung juara Liga Indonesia. Saya sangat mengapresiasi kualitas dari Coach Djanur. Kebetulan beliau satu angkatan dengan saya di A Pro. Jadi saya harus tetap waspada dengan kualitas beliau,” terangnya.

Lanjut mantan arsitek Arema FC ini, Barito punya materi pemain berkualitas yang bisa merepotkan Persebaya, terutama dari barisan pertahanan. “Ada Rizky Pora, Bayu Pradana, dan pemain muda lainnya. Menurut saya gabungan ini punya kualitas,” terangnya.

“Pemain belakang mereka baru sembuh dari cedera dan semuanya punya kualitas yang memungkinkan untuk memberi ancaman kepada kami,” tambahnya.

3 dari 5 halaman

Jaga Motivasi

Foto: Gol Telat Jonathan Cantillana Bawa PSIS Tekuk Barito Putera dan Kudeta Bhayangkara FC dari Puncak Klasemen BRI Liga 1
Pemain Barito Putera, Bayu Pradana (kanan) menghalau bola dari ancaman pemain PSIS Semarang, Brian Federico Ferreira dalam laga pekan ke-8 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (20/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Disisi lain Djajang Nurdjaman sadar skuad asuhannya sedang tidak baik-baik saja. Kekalahan telak tiga gol tanpa balas kala menghadapi Madura United menjadi penyebabnya. Djanur pun tahu Persebaya sedang on fire.

“Kami dan kubu lawan dapat hasil yang kurang baik. Tapi kami lebih kurang baik. Lawan Madura menjadi penampilan terburuk. Semoga melawan Persebaya, situasi berubah dan kami tidak bertemu lagi dengan hasil yang buruk,” ucapnya.

Motivasi pun sudah diberikan Djanur kepada anak asuhnya. Kini ia tinggal berharap agar Bayu Pradana dkk dengan konsisten naik meninggalkan zona merah.

“Usaha untuk membangkitkan motivasi sudah kami lakukan di lapangan. Sudah saatnya kami melupakan kekalahan melawan Madura,” tutupnya.

4 dari 5 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 dengan Nuansa Suporter
Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 dengan Nuansa Suporter (Bola.com/Adreanus Titus)

Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan (tengah); Bruno Moreira, Jose Wilkson, Taisei Marukawa (depan)

Pelatih: Aji Santoso.

Barito Putera (4-3-3): Adhitya Harlan (kiper); Bagas Kaffa, Azamat Baimatov, Cassio Jesus, Miftah Anwar Sani (belakang); Rafi Syaharil, Luthfi Kamal, Bayu Pradana (tengah), Rizky Pora, Aleksandar Rakic, Rafael Oliveira (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Prediksi Bola.com: 55-45

Live Indosiar

Sabtu, 4 Desember 2021

Pukul: 18.15 WIB

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Persaingan Tim Favoritmu di BRI Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓