BRI Liga 1: Aji Santoso Girang Persebaya Kalahkan Barito Putera, tapi Seharusnya Menang Lebih dari 2 Gol

Oleh Aditya Wany pada 04 Des 2021, 21:35 WIB
Diperbarui 04 Des 2021, 21:35 WIB
Persebaya Vs Barito Putera
Pemain Persebaya Surabaya, (kanan ketiga) mencetak gol kedua timnya saat laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persebaya Surabaya melawan PS Barito Putera di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (04/12/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, tidak bisa menyembunyikan raut kebahagiaannya. Dia baru saja menemani Bajul Ijo menang 2-0 atas Barito Putera dalam pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021) malam.

Menariknya, dua gol Persebaya lahir lewat kerja sama Taisei Marukawa dan Marselino Ferdinan. Gol pertama dicetak Marselino setelah menerima assist dari Marukawa (27’). Berikutnya, gol kedua disumbang Marukawa mendapat assist dari Marselino (69’).

Kemenangan ini sukses membuat Persebaya kembali ke jalur kemenangan di BRI Liga 1 2021/2022. Sebelumnya, tim berjulukan Bajul Ijo itu harus puas ditahan imbang 0-0 oleh Persik Kediri pekan lalu (28/12/2021).

"Alhamdulillah pada pertandingan malam ini kami mendapatkan poin penuh lagi setelah melawan Persik kehilangan dua poin (laga sebelumnya imbang). Kami sudah bermain sesuai taktik yang saya mainkan dan kami menang 2-0,” kata Aji Santoso setelah pertandingan.

Agresivitas Persebaya memang sangat kentara di laga ini, terutama babak kedua. Banyak peluang yang gagal dikonversi menjadi gol dari Bruno Moreira dan Jose Wilkson. Aji menyebutkan bahwa timnya seharusnya bisa mencetak dari dua gol.

"Seharusnya bisa menang lebih dari 2-0. Banyak peluang kami yang tidak mengenai tiang. Inilah sepak bola. Peluang emas di depan gawang kadang-kadang tidak masuk. Yang terpenting, kami mensyukuri tiga poin ini,” ucapnya.

 

 

2 dari 4 halaman

Barito Putera Sempat Mengancam

Persebaya Surabaya Barito Putera
Persebaya Surabaya menumbangkan Barito Putera pada laga lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/12/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pertandingan ini dimulai dengan Barito Putera yang tancap gas melakukan serangan. Setidaknya ada dua ancaman dari mereka, masing-masing dari Bagas Kaffa dan Buyung Ismu Lessy. Tapi, semuanya tak berakhir gol.

Persebaya kemudian mencoba tampil memberi tekanan saat pemain Laskar Antasari menguasai bola. Taktik itu berjalan jitu dan membuat tim asal Kota Pahlawan tersebut mengambil alih kendali permainan.

"Jangan lupa, Barito punya banyak pemain berpengalaman dan bagus. Tidak mungkin kami selalu mendominasi pertandingan. Tekanan babak pertama saya minta anak-anak memperkuat pertahanan,” ujar Aji Santoso.

"Ini bukan taktik bertahan total, tapi menyerang dengan tetap menjaga pertahanan. Terbukti, saya lihat kepanikan kubu Barito yang sulit menembus pertahanan kami. Di babak kedua, saya minta pemain lebih agresif untuk menang,” imbuhnya.

 

 

3 dari 4 halaman

8 Laga Tidak Terkalahkan

Persebaya Vs Barito Putera
Pemain Persebaya Surabaya, Bruno Moreira Soares berusaha mengontrol bola saat laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persebaya Surabaya melawan PS Barito Putera di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (04/12/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Selain kembali meraih poin penuh, kemenangan atas Barito Putera juga membuat Persebaya melewati delapan lagi terakhir dengan hasil tak terkalahkan. Persebaya untuk sementara naik ke peringkat kelima dengan 27 poin. 

Berikutnya, Taisei Marukawa dkk. dijadwalkan melakoni duel bertajuk Perang Dulur kontra Persib Bandung. Pertandingan pekan ke-16 itu bakal digelar pada Rabu (8/12/2021).

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Lanjutkan Membaca ↓