Fakta Menarik Duel Madura United Vs Persib: Frets Butuan Buka Keran Golnya

Oleh Muhammad Faqih pada 05 Des 2021, 06:25 WIB
Diperbarui 05 Des 2021, 06:25 WIB
Foto: Jatuh Bangun Persib Bandung Pertahankan Keunggulan dari Madura United di Pekan ke-15 BRI Liga 1
Madura United yang tak mau tampil mengecewakan terus menerus menekan Persib Bandung. Saling tarik baju antara Ardi Idrus dan David Laly pun tak terelakkan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung sukses memetik poin penuh setelah menundukkan Madura United pada pekan ke 15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021). Maung Bandung menang dengan skor akhir 1-0.

Duel kedua tim berlangsung dengan tensi tinggi di awal pertandingan. Persib dan Madura saling melancarkan serangan melalui kedua sayapnya.

Dalam melakukan serangan, Persib Bandung mengandalkan Febri Hariyadi dan Frest Butuan disektor sayap. Adapun, Madura United mengandalkan Haris Tuharea dan David Laly.

Persib berhasil membuka keunggulan melalui tendangan keras Frets Butuan menit ke 8. Pemain berusia 25 tahun ini sebelumnya mendapat umpan terukur dari Beckham Putra Nugraha.

Gol tersebut membuat pertandingan semakin seru dan menarik. Madura United berusaha keras untuk menyamakan kedudukan, tapi disiplinnya barisan pertahanan Persib membuat serangan Laskar Sapeh Kerrab sia-sia.

Persib kembali mendapat peluang emas melalui sundulan Frets Butuan menit 24. Sayangnya, sundulan Frets masih melebar tipis di atas mistar gawang Madura yang dikawal Muhammad Ridho.

Tak mau kalah, Madura coba mengancam gawang Persib. Tim besutan Fabio Lefundes itu hampir mencetak gol setelah full back Persib Henhen Herdiana melakukan kesalahan dalam mengantisipasi bola silang menit ke 40.

Bola tersebut berhasil direbut Haris Tuharea melalui sundulan. Akan tetapi, bola sundulan Haris masih lemah dan berhasil ditangkap Muhammad Natshir.

Persib kembali mendapat peluang emas lewat Febri Hariyadi di menit akhir babak pertama. Febri yang tinggal berhadapan dengan kiper Madura gagal mengeksekusi bola dengan baik.

Masuk babak kedua, Maung Bandung yang sudah unggul satu gol tidak mengendurkan serangan. Bahkan, Persib bisa mencetak gol pada menit ke 47 melalui sundulan Nick Kuipers.

Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit karena hakim garis melihat bola sepak pojok Marc Klok sudah lebih dulu keluar garis gawang.

Hingga babak kedua berakhir, kedua tim gagal mencetak gol. Laga pun berakhir untuk kemenangan Persib Bandung dengan skor tipis 1-0.

Dengan kemenangan ini, Persib Bandung berhasil menggeser Arema FC di urutan kedua klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 31 poin. Sedangkan, Madura menghuni posisi ke 12 dengan 17 angka.

Di balik kemenangan Persib, laga tersebut menghadirkan fakta-fakta dan momen menarik sepanjang pertandingan. Berikut ini beberapa catatan yang dirangkum Bola.com:

2 dari 6 halaman

Gol Perdana Frets Butuan

Persib Bandung Vs Madura United
Para pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak Frets Butuan ke gawang Madura United di Stadion Manahan, Sabtu (4/12/2021) malam. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pemain kelahiran Ternate ini tampil impresif dilaga tersebut. Kecepatan dan kelincahannya membuat barisan pertahanan Madura United kalang kabut.

Kerja keras Frets di sektor sayap kiri akhirnya membuahkan hasil. Eks pemain PSMS Medan ini berhasil mencetak gol pada menit ke 8 setelah memanfaatkan umpan manja dari Beckham Putra Nugraha.

Gol ini merupakan yang pertama bagi Frets Butuan di BRI Liga 1. Makanya, setelah mencetak gol, dia terlihat begitu emosional ketika melakukan selebrasi.

Dalam laga tersebut, Frets tampil selama 70 menit. Dia akhirnya keluar dan digantikan Esteban Vizcarra.

3 dari 6 halaman

Banjir Kartu Kuning

Foto: Jatuh Bangun Persib Bandung Pertahankan Keunggulan dari Madura United di Pekan ke-15 BRI Liga 1
Bukan hanya pandai menyerang dan mencetak gol, Frets pun ikut membantu pertahanan Persib ketika pemain andalan Madura United, David Laly berusaha meringsek barisan pertahanan Maung Bandung. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Wasit Darma Santoso Gulo mengeluarkan enam kartu kuning dilaga Persib kontra Madura. Hal ini tak lepas dari pertandingan yang berlangsung dengan tensi tinggi.

Persib tercatat paling banyak mendapat kartu kuning. Wasit mengeluarkan empat kartu kuning kepada pemain Persib seperti Ardi Idrus, Henhen Herdiana, Beckham Putra Nugraha dan Wander Luiz.

Bahkan, Persib terpaksa tanpa diperkuat Ardi Idrus pada pertandingan berikutnya melawan Persebaya Surabaya. Ardi absen karena akumulasi tiga kartu kuning.

Sementara itu, Madura United mendapatkan dua kartu kuning. Dua kartu kuning tersebut diberikan kepada Andik Andika Rama dan Jamierson Xavier.

4 dari 6 halaman

Madura United Unggul Penguasaan Bola

Foto: Jatuh Bangun Persib Bandung Pertahankan Keunggulan dari Madura United di Pekan ke-15 BRI Liga 1
Begitupun dengan pemain Persib Bandung, serangan Madura United yang dimotori oleh Jaja mampu membuat barisan pertahanan Persib Bandung kewalahan. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Madura United gagal melanjutkan tren positifnya di BRI Liga 1 usai ditaklukan Persib dengan skor tipis 0-1. Gol Persib cetak Frets Butuan menit ke 8 lewat tendangan kerasnya.

Meskipun meraih hasil buruk, Madura United ternyata unggul dalam penguasaan bola. Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab ini mencatatkan penguasaan bola mencapai 65 persen.

Adapun, Persib Bandung hanya meraih 35 persen. Kondisi ini menandakan Madura United tampil dengan semangat juang tinggi sepanjang pertandingan.

5 dari 6 halaman

Gol Persib Dianulir

Foto: Jatuh Bangun Persib Bandung Pertahankan Keunggulan dari Madura United di Pekan ke-15 BRI Liga 1
Beruntung Persib punya Frets Butuan. Aksinya di dalam kotak penalti mampu menjebol gawang Madura United dimenit ke-8. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persib seharusnya bisa menambah keunggulan andai gol Nick Kuipers ke gawang Madura United tidak dianulir wasit Darma Santoso Gulo.

Wasit menganggap bola sepakan Marc Klok lebih dulu keluar garis permainan. Makanya, hakim garis mengangkat bendera sebelum Nick Kuipers melakukan sundulan.

Gol yang dianulir wasit ini merupakan yang ketiga dialami Persib. Sebelumnya gol Persib sempat dianulir wasit ketika berhadapan dengan Barito Putera dan Persija Jakarta.

6 dari 6 halaman

Intip Persaingan di BRI Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓