BRI Liga 1: Persib Punya Pertahanan Bagus, Bukan Hanya karena Nick Kuipers

Oleh Erwin Snaz pada 05 Des 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 05 Des 2021, 18:30 WIB
Persib Bandung, Nick Kuipers
Bek Persib asal Belanda, Nick Kuipers. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Solo - Kehadiran Nick Kuipers cukup berpengaruh bagi lini pertahanan Persib Bandung di kompetisi BRI Liga 1 2021/2022. Itu dibuktikan saat melawan Madura United, di mana Persib tampil tidak kebobolan dan mengakhiri dengan kemenangan 1-0.

Bahkan Nick Kuipers sempat membobol gawang Madura United lewat sundulannya setelah menerima umpan dari tendangan sudut, sayang golnya dianulir karena wasit lebih dulu menilai ada pelanggaran di dalam kotak penalti tim Laskar Sapeh Kerab tersebut.

Namun, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengaku kemenangan melawan Madura United pada pekan ke 15 BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021), bukan karena faktor adanya Nick Kuipers semata.

"Bukan hanya karena Nick, tapi jika melihat laga sebelumnya, melawan Arema FC, kami menurunkan pemain bertahan yang sepenuhnya berbeda," ujar Robert Alberts.

"Ada pemain yang bermain di posisi baru karena kondisinya bek inti mengalami cedera dan terkena sanksi," jelas pelatih Persib Bandung.

2 dari 3 halaman

Tak Ingin Menukar Nick Kuipers dengan Bek Lain

Foto: Teja Paku Alam Gagalkan Penalti Mantan, Persib Bandung Kalahkan Pemuncak Klasemen BRI Liga 1
Pemain Bhayangkara FC, Ezechiel Ndouassel (kiri) berebut bola dengan pemain Persib Bandung, Nick Kuipers dalam laga pekan ke-7 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (16/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Ketika Persib Bandung kalah dari Arema FC, Nick Kuipers memang absen lantaran akumulasi kartu kuning. Saat itu, Robert menggeser posisi Supardi Nasir dari bek sayap menjadi centre back berduet dengan Ahmad Jupriyanto.

Duet Supardi-Jupe ternyata kurang maksimal. Berbeda dengan duet Nick Kuipers dan Ahmad Jupriyanto yang memberikan dampak yang sangat besar bagi tim Persib.

"Nick merupakan satu di antara bek tengah terbaik di liga dan secara pribadi saya tidak mau mengganti Nick dengan bek lain di liga ini. Dia memiliki kualitas yang bagus dan ditunjukkan di dalam tim ini," ucap pelatih asal Belanda ini mengakhiri.

Persib kini berada di peringkat kedua di klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022 dengan raihan poin 31. Sementara puncak klasemen masih ditempati Bhayangkara FC dengan raihan poin 33.

3 dari 3 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1 Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓