Sukses


BRI Liga 1: Pelatih Persebaya Kaget Melihat Performa Impresif Franc Rikhart Sokoy

Bola.com, Jakarta - Keberhasilan Persebaya Surabaya menang 2-0 atas Barito Putera menyisakan satu cerita. Muncul satu pemain yang mencuri perhatian dalam duel pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021).

Dia adalah bek kiri Franc Rikhart Sokoy, yang mendapat kesempatan masuk starting eleven. Tampil sejak menit pertama, pemain asal Jayapura itu mampu menjaga pertahanan sisi kiri Persebaya dari upaya serangan lawan.

Beberapa kali, Sokoy menghentikan upaya penetrasi yang dilakukan oleh Rizky Pora, winger kanan Barito Putera. Bahkan, serangan sisi sayap Laskar Antasari juga tidak berjalan dengan baik dengan adangan Sokoy.

"Jujur saya sedikit terkejut melihat penampilan Sokoy. Dia menunjukkan penampilannya cukup bagus, fighting spirit, tidak mudah terlewati,” ungkap Aji Santoso, pelatih Persebaya.

"Kami lihat penyerangan dari sisi kanan Barito Putera tidak begitu jalan karena memang penjagaan Sokoy terhadap Rizky Pora sangat bagus sekali,” imbuh arsitek tim berusia 51 tahun tersebut.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Reva Adi Utama Istirahat, Sokoy Gemilang

Posisi bek kiri Persebaya sebenarnya secara reguler sudah menjadi milik Reva Adi Utama. Dia juga termasuk pemain yang tangguh di sisi kiri. Hanya saja, Sokoy kemudian dicoba sekaligus untuk mengistirahatkan Reva.

Sokoy sendiri tercatat baru tampil dalam tiga pertandingan selama musim ini. Dia sudah pernah masuk starting eleven kontra Borneo FC (4/9/2021), tapi kurang mengesankan. Baru kali ini pemain berusia 24 tahun itu mampu diandalkan di pertahanan.

Di sisi lain, Aji Santoso juga mengirim pujian kepada bek kanan Ady Setiawan yang tampil konsisten. Ady termasuk pemain yang mampu menjaga wilayahnya seperti Sokoy sehingga menyulitkan Barito Putera.

"Ady juga termasuk, menginstruksikan untuk tidak memberi ruang kepada Rafinha (Rafael Oliveira). Setelah kami menganalisa kekuatan Barito, saya beri video ke pemain, siapa saja yang jadi kunci (Barito), ini luar biasa mainnya,” ujarnya.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Hadapi Persib

Kemenangan atas Barito Putera juga membuat Persebaya melewati delapan lagi terakhir dengan hasil tak terkalahkan.

Menariknya, dua gol Persebaya lahir lewat kerja sama Taisei Marukawa dan Marselino Ferdinan. Gol pertama dicetak Marselino setelah menerima assist dari Marukawa. Berikutnya, gol kedua disumbang Marukawa mendapat assist dari Marselino.

Berikutnya, Taisei Marukawa dkk. dijadwalkan melakoni duel bertajuk Perang Dulur kontra Persib Bandung. Pertandingan pekan ke-16 itu bakal digelar pada Rabu (8/12/2021).

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer