Sukses


BRI Liga 1: Jose Wilkson Mandul dalam 3 Laga Terakhir Persebaya, Aji Santoso Pasang Badan Lagi

Bola.com, Surabaya - Striker asing Persebaya Surabaya, Jose Wilkson, menjadi sorotan ketika timnya menang 2-0 atas Barito Putera dalam laga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021). Pemain asal Brasil itu sudah tidak mencetak gol dalam tiga laga terakhirnya bersama Persebaya.

Banyak peluang yang didapatkan Jose Wilkson. Namun, tak ada satu pun yang berbuah gol. Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, kembali memberikan pembelaan melihat performa strikernya itu.

"Wilkson bermain abgus, memang ada beberapa peluang yang seharusnya menjadi gol. Satu lawan satu, tapi belum menjadi gol. Saya tetap mengapresiasi kerja Wilkson di pertandingan," ujar Aji Santoso.

"Terbukti, ketika kami melawan Persik Kediri, tidak ada Wilskon juga sedikit kesulitan. Meski tidak mencetak gol, Wilkson paling tidak merepotkan pertahanan lawan," ujar pelatih berlisensi AF Pro itu.

Aji Santoso merujuk ketika Persebaya melawan Persik pada laga sebelumnya. Duel tersebut berakhir imbang tanpa gol dan menjadi kali pertama Persebaya Surabaya tidak mencetak gol sejak akhir September 2021. Kebetulan, Wilkson saat itu mengalami cedera.

2 dari 4 halaman

Cukup Banyak Peluang

Sementara itu, kesempatan Jose Wilkson sebenarnya cukup baik ketika melawan Barito Putera. Barisan lini tengah Persebaya Surabaya cukup rutin mengirimkan umpan matang kepada striker berusia 29 tahun itu.

Peluang pertama lahir setelah Taisei Marukawa melepaskan umpan kunci pada menit ke-28. Kali ini Jose Wilkson yang dituju. Sayang, tembakannya mampu dimentahkan.

Dalam kondisi Persebaya mendominasi permainan, Jose Wilkson hampir saja mencatatkan namanya di papan skor lewat aksi individu di menit ke-50. Sayang, tembakannya menyamping ke sisi kiri gawang Barito Putera.

Kemudian, Wilkson juga secara mengejutkan melepas tembakan keras dari tendangan bebas pada menit ke-77. Sepakannya mengarah ke gawang, tapi kiper Andri Prabowo mampu membloknya.

“Memang sangat disayangkan ada beberapa peluang tidak jadi gol. Menurut saya, Wilkson ini ketika cetak satu gol saja, pasti sudah selesai, pasti ada gol-gol berikutnya,” ucap Aji Santoso.

3 dari 4 halaman

Taisei Marukawa Lebih Tajam

Jose Wilkson baru mencetak enam gol untuk Persebaya Surabaya dari 12 penampilan di BRI Liga 1. Dia justru kalah jumlah jika dibandingkan winger Persebaya, Taisei Marukawa, yang menyumbang tujuh gol.

Menariknya, dua gol Persebaya kontra Barito Putera lahir lewat kerja sama Taisei Marukawa dan Marselino Ferdinan. Gol pertama dicetak Marselino setelah menerima assist dari Marukawa. Berikutnya, gol kedua disumbang Marukawa mendapat assist dari Marselino.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer