Sukses


BRI Liga 1: Pelatih Persebaya Merasa Alwi Slamat Tak Pantas Mendapat Kartu Merah

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya tidak bisa menurunkan Alwi Slamat saat berjumpa Persib Bandung pada pekan ke-16 BRI Liga 1, Rabu (8/12/2021).

Penyebabnya, Alwi mendapat kartu merah saat timnya menang 2-0 atas Barito Putera, Sabtu (4/12/2021). Gelandang berusia 24 tahun itu mendapat dua kartu kuning dalam pertandingan tersebut.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengaku sudah mengingatkan Alwi untuk tidak melakukan pelanggaran membahayakan. Pasalnya, Alwi sudah mengoleksi satu kartu kuning sebelum laga ini digelar.

"Saya sudah mewanti-wanti Alwi untuk tidak mendapatkan kartu. Tapi, mungkin ada keputusan yang menurut saya sedikit keliru dengan kartu kuning pertama. Menurut saya itu sangat tidak perlu," kata Aji Santoso.

"Kartu kuning kedua, sebenarnya Alwi lari saja merebut posisi, tapi Alwi duel dan mendapatkan kartu. Ini mudah-mudahan menjadi pelajaran yang bagus buat Alwi ke depan," imbuh pelatih Persebaya itu.

 

2 dari 4 halaman

Kronologi Dua Kartu Kuning Alwi Slamat

Kartu kuning pertama didapat Alwi pada menit ke-43. Saat itu, pemain asal Maluku itu melakukan pergerakan yang mengganggu Bagas Kaffa. Wasit Mansyur menganggapnya sebagai bentuk pelanggaran.

Kemudian, Alwi melakukan tekel keras kepada Ferdiansyah pada menit ke-84 dalam situasi lawan melakukan serangan balik. Wasit Mansyur pun menghadiahinya kartu kuning kedua yang otomatis membuat sang pemain mengakhiri laga lebih cepat.

Dalam duel ini, hanya dua kartu kuning yang dikeluarkan wasit kepada pemain Persebaya Surabaya. Menariknya, semua kartu kuning itu diarahkan kepada Alwi Slamat. Sisanya, pemain Persebaya yang lain memang minim melakukan pelanggaran.

 

3 dari 4 halaman

Lebih Berhati-Hati

Aji Santoso mengingatkan kepada Alwi untuk berhati-hati dalam upaya melakukan perebutan bola. Terlebih, pelanggaran kedua yang dilakukannya terjadi di pertahanan Barito Putera dan Persebaya dalam kondisi unggul.

"Alwi juga masih bisa dikatakan pemain muda, masih panjang perjalanan. Tapi, saya juga mengapresiasi Alwi yang luar biasa," ucap pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Absennya Alwi Slamat dalam laga kontra Persib memaksa Aji Santoso untuk menemukan pengganti. Sebab, dua gelandang Persebaya masuk Timnas Indonesia, yakni Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya.

Tim Bajul Ijo masih punya Rendi Irwan dan Hambali Tolib yang selama ini minim kesempatan. Kemungkinan, dua nama itu yang akan diturunkan menemani Muhammad Hidayat dan Marselino Ferdinan di lini tengah.

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer