Sukses


BRI Liga 1: Duel Antarlini PSS Vs Persipura, Elang Jawa Lebih Unggul Secara Materi Pemain

Bola.com, Jakarta - PSS Sleman dan Persipura Jayapura akan saling berhadapan dalam laga pekan ke-16 BRI Liga 1 musim ini. Pertandingan ini bakal digelar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Selasa (7/12/2021) sore WIB.

Pada ajang BRI Liga 1 musim ini, kedua tim ini memiliki latar belakang yang menarik. Kendati sempat beberapa kali diterpa masalah, Elang Jawa, julukan PSS, masih tampil lumayan bagus.

Sementara ini PSS menempati papan tengah klasemen sementara, tepatnya di posisi ke-11. Di sisi lain, Persipura masih terpuruk di papan bawah klasemen sementara alias di posisi dua terbawah klasemen sementara.

Perubahan pelatih dari Jacksen Tiago menuju Angel Alfredo Vera sejauh ini juga belum terlalu bisa mengangkat prestasi Mutiara Hitam (julukan Persipura). Sementara itu meski sempat didesak oleh suporter untuk angkat kaki, Dejan Antonic masih dipertahankan oleh PSS sejauh ini.

Bola.com coba membedah kekuatan skuat PSS Sleman kontra Persipura Jayapura yang bakal berebut poin penuh di laga nanti.

 

2 dari 6 halaman

Kiper

Kedua tim sama-sama dipekuat oleh kiper muda. Menariknya, baik Miswar Saputra dan Fitrul Dwi Rustapa awalnya hanya berperan sebagai kiper cadangan di klub masing-masing.

Cedera yang dialami kiper utama PSS, Ega Rizky dan kiper utama Persipura, Dede Sulaiman memberikan berkah kepada kedua kiper itu. Baik Miswar maupun Fitrul mendapatkan cukup banyak kesempatan bermain di BRI Liga 1 musim ini.

Fitrul sudah mencatatkan 14 penampilan di BRI Liga 1 musim ini. Sementara Miswar sudah tampil sembilan kali. Menariknya, keduanya sama-sama baru mencatatkan satu clean sheet untuk klubnya masing-masing di musim ini.

 

3 dari 6 halaman

Belakang

Di lini belakang, PSS di atas kertas unggul dari Persipura. Nyaris seluruh pemain inti mereka bisa tampil di laga ini. Termasuk bek tengah andalan, Mario Maslac.

Bek asal Serbia itu baru mendapatkan perpanjangan kontrak di PSS. Sejauh ini ia bermain dengan baik di lini belakang Elang Jawa. Selain itu, Maslac juga jago dalam mencetak gol.

Sementara itu Persipura mengandalkan beberapa sosok muda. Juga beberapa pemain yang semestinya tidak bermain di posisi pemain bertahan.

Muhammad Tahir misalnya, ia adalah seorang gelandang bertahan. Namun, sejauh ini Tahir bisa dimainkan di posisi bek kanan dengan cukup baik.

 

4 dari 6 halaman

Tengah

Persipura mengandalkan banyak nama senior di lini tengah mereka. Sebut saja Gustavo Hedipo, Nelson Alom, dan Elisa Basna.

Nama yang disebut pertama sangat diharapkan bisa memberi perbedaan untuk Mutiara Hitam. Gustavo memang punya kreativitas dan kemampuan mengeksekusi tendangan bebas dengan cukup baik.

Gustavo akan berduel langsung dengan sesama pemain asal Brasil, Juninho. Gelandang PSS itu menjadi salah satu pemain asing PSS yang tampil apik di BRI Liga 1 musim ini.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Laga ini seharusnya jadi laga reuni yang menarik bagi penyerang Persipura saat ini, Yevhen Bokhasvili. Diketahui, eks penyerang Ukraina U-21 itu pernah memperkuat PSS di musim 2019 lalu.

Namun, Yevhen masih belum bisa mencetak gol di musim ini untuk Persipura. Untungnya Mutiara Hitam punya sosok tajam lain dalam diri penyerang lokal, Ferinando Pahabol.

Eks pemain Kalteng Putra ini sangat sulit dijaga. Pergerakannya sangat cepat dan ia punya tembakan yang sangat akurat.

Sementara itu, PSS bisa mengandalkan Nemanja Kojic. Mantan pemain Partizan ini tak hanya jago mencetak gol. Tapi ia juga bisa jadi papan pantul bagi para pemain PSS lain.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer