Sukses


4 Pemain PSM yang Berpotensi Bikin Persija Kewalahan di BRI Liga 1: Hilman Syah Bakal Jadi Momok

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar dan Persija Jakarta sama-sama memburu kemenangan saat bersua pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 di Stadion Manahan Solo, Selasa (7/12/2021).

Khusus buat PSM, pada laga nanti bakal kembali diperkuat tiga pilarnya yang baru terbebas dari akumulasi kartu, yakni Zulikifli Syukur, Hasim Kipuw, dan Anco Jansen.

Tetapi, pelatih interim PSM Makassar, Syamsuddin Batola, tak bisa memainkan Wiljan Pluim, karena terbelit cedera lutut sehingga diharuskan istirahat minimal empat pekan untuk mengembalikan kondisinya.

Artinya, tak hanya laga kontra Persija Jakarta, gelandang berpaspor Belanda itu terpaksa absen saat tim berjulukan Juku Eja tersebut ditantang Persiraja Banda Aceh (13/12/2021) yang merupakan laga terakhir jelang jeda kompetisi.

Syamsuddin pun masih menunggu perkembangan terakhir dua pilar PSM lainnya, yakni Serif Hasic dan Yacob Sayuri yang berpacu dengan waktu mengembalikan kondisinya.

"Sebagai pelatih, ada pemain absen karena cedera atau sanksi kartu adalah hal yang biasa dalam sebuah kompetisi. Saya akan mengoptimalkan pemain yang lebih siap," ujar Syamsuddin kepada awak media Makassar.

Syamsuddin berharap pemain yang dimainkan pada laga kontra Persija nanti bisa memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh pelatih. Dia sudah bisa membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih ketika membawa PSM menembus semifinal Piala Menpora 2021 tanpa pernah kekalahan.

Termasuk tiga pertemuan dengan Persija di turnamen pramusim tersebut. PSM Makassar mencatat satu kemenanan dan dua hasil imbang kontra Persija pada waktu normal. Seperti diketahui, PSM akhirnya disingkirkan Persija via adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol dalam dua laga empat besar.

Tiga pertemuan dengan Persija pada Piala Menpora 2021, jadi bekal moral buat PSM untuk mengulangi sukses meraih kemenangan di Piala Menpora 2021.

Lalu siapa saja pemain PSM Makassar yang berpotensi membungkam Persija Jakarta? Bola.com memilih empat nama, dan berikut ini adalah ulasannya.

2 dari 6 halaman

1. Hilman Syah

Hilman Syah berpotensi jadi momok menakutkan buat lini depan Persija dengan aksi gemilangnya di bawah mistar gawang. Ia pernah melakukannya dalam tiga kontra Tim Macan Kemayoran di Piala Menpora.

Dalam laga berdurasi normal, tak satu pun peluang yang didapat Persija Jakarta mampu menjebol gawang PSM Makassar yang dikawal Hilman. Begitu pun pada adu penalti, Hilmansyah tercatat empat kali menepis tendangan eksekutor Persija, meski PSM akhirnya tersingkir dengan skor 3-4.

Di BRI Liga 1, Hilman Syah sudah tampil dalam 10 laga bersama PSM dengan dua kali mencatat clean sheet yakni pada laga kontra Persita Tangerang dan Persikabo 1973.

Sebelumnya, ia sempat absen pada lima laga beruntun di seri pertama BRI Liga 1, karena cedera engkel. Perannya sebagai kiper utama dimainkan oleh Syaiful Syamsuddin.

3 dari 6 halaman

2. Sutanto Tan

Sutanto Tan hanya sekali absen pada laga PSM di BRI Liga 1 musim ini, yakni ketika menghadapi Persipura dalam pertandingan pekan ke-14. Itu pun karena ia terjerat akumulasi kartu kuning.

Pada pekan ke-15, Sutanto menyelamatkan PSM dari kekalahan setelah tertinggal satu gol lebih dulu dari Persela Lamongan. Tendangan penaltinya pada menit ke-61 tak mampu dihalau kiper Persela, Dwi Kuswanto.

Menariknya, gol Sutanto itu merupakan yang perdana dalam menjebol gawang lawan di kompetisi. Sebelumnya, ia tak pernah mencetak satu gol pun ketika berkostum Mitra Kukar, Persija Jakarta, Bali United, PSIM Yogyakarta, dan PSMS Medan. Begitu pun ketika ia berkostum klub Liga Singapura, Hougang United.

4 dari 6 halaman

3. Rasyid Bakri

Rasyid Bakri tercatat 14 kali tampil dalam 15 laga PSM musim ini. Tapi, gelandang yang sempat digadang-gadang sebagai penerus Syamsul Chaeruddin itu lebih sering berstatus sebagai pemain pengganti.

Ia kalah bersaing dalam perebutan posisi pemain starter dengan Sutanto Tan, Wiljan Pluim dan juniornya sesama gelandang asal Makassar, M. Arfan.

Laga kontra Persija bisa jadi ajang yang pas untuk membuktikan kapasitas Rasyid menyusul absennya Wiljan Pluim yang terbelit cedera lutut. Ia kembali berkolaborasi dengan Sutanto Tan dan M. Arfan sebagai trio lini tengah.

Pada Piala Menpora 2021, trio ini mampu menyulitkan Persija dengan penampilan spartan dan determinasi yang tinggi.

5 dari 6 halaman

4. Anco Jansen

Dua laga sisa jelang jeda kompetisi jadi ajang pembuktian kapasitas Anco Jansen sebagai tombak utama PSM. Pada BRI Liga 1, striker asal Belanda tersebut hanya dua kali absen dalam 15 laga PSM.

Itu pun karena sanksi akumulasi kartu kuning. Sejauh ini, eks NAC Breda tersebut baru mengonversi empat gol. Tiga di antaranya lewat bola mati. Masing-masing dua penalti dan satu tendangan bebas.

Pencapaian yang tidak sebanding dengan jumlah peluang yang didapatkanya pada setiap tampil bersama PSM. Apalagi, rekan senegaranya, Wiljan Pluim sangat memanjakan Anco Jansen dengan umpan terukurnya.

Itulah mengapa, suporter PSM memasukkan namanya dalam daftar pemain yang wajib dilepas. Apalagi, PSM dikenal sebagai tim yang selalu melakukan pergantian striker setiap putaran di era Liga 1.

6 dari 6 halaman

Yuk Tengok Posisi PSM dan Persija di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer