Prediksi Pertandingan BRI Liga 1, Persib Vs Persebaya: Perang Dulur Tanpa Kekuatan Penuh

Oleh Erwin Snaz pada 08 Des 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 07:00 WIB
BRI Liga 1 - Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya
BRI Liga 1 - Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung akan menghadapi Persebaya Surabaya dipekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022, Rabu (08/12/2021) malam di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Duel big match bertajuk Perang Dulur dipastikan akan berjalan menarik lantaran dua tim sama-sama sedang diselimuti rasa percaya diri setelah dilaga sebelumnya meraih kemenangan.

Tak heran, baik Persib Bandung maupun Persebaya Surabaya ingin mempertahankan tren positif walaupun kekuatan dari kedua tim sama-sama pincang.

Persib masih harus kehilangan Victor Igbonefo dan Ezra Walian (keduanya gabung ke Timnas Indonesia), dan Mohammed Rashid masih membela Timnas Palestina.

Selain itu, bek sayap Ardi Idrus juga harus absen karena akumulasi kartu, bahkan Teja Paku Alam masih diragukan untuk tampil setelah mengalami cedera.

Sementara Persebaya Surabaya harus kehilangan lima pemainnya seperti Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ernando, dan Rizky Ridho lantaran terpanggil ke timnas Indonesia, sedang Alwi Slamat akumulasi kartu.

Walau tampil tanpa kekuatan penuh, dua pelatih Robert Alberts dan Aji Santoso memastikan pemain lainnya sudah sangat siap untuk mempertahankan tren positif di BRI Liga 1 demi menaikan posisi.

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Persib 3 Gelandang

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts dan COO Bhayangkara FC, Sumardji.
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts terlibat keributan dengan COO Bhayangkara FC, Sumardji di Stadion dr. H. Moch. Soebroto, Magelang, Sabtu (16/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi).

Pelatih Persib, Robert Alberts kemungkinan besar akan menerapkan skema tiga gelandang pada pertandingan nanti. Hal ini karena Persib kembali tanpa diperkuat gelandang asingnya, Mohammed Rashid.

"Saat ini Rashid sedang menikmati permainannya di Arab Cup dan dia mencetak gol fantastis saat menghadapi Arab Saudi. Rashid juga mulai menunjukkan diri sebagai bagian penting bagi tim ini," kata Robert kepada wartawan.

"Tentu kami tidak bisa menduplikasi dirinya dengan pemain lain. Jadi kami harus membuat keseimbangan yang bagus ketika dia absen," lanjut pelatih berusia 67 tahun ini.

Skema tiga gelandang sempat diterapkan Robert pada laga melawan Madura United, pekan lalu. Dalam laga itu, pelatih asal Belanda ini memasang tiga pemain di lini tengah yakni Marc Klok, Dedi Kusnandar dan Beckham Putra Nugraha.

Hasilnya, Persib mampu meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0. Bahkan, satu gol tersebut tercipta melalui kecerdikan Beckham dalam memberikan umpan terukur kepada Frets Butuan.

3 dari 5 halaman

Marselino Grogi

Marselino Ferdinan
Marselino Ferdinan dalam duel Persebaya Surabaya Vs Barito Putera pada pekan ke-15 BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/11/2021) malam. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara itu gelandang muda Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan, mengaku grogi menjelang duel kontra Persib Bandung. 

Pemain berusia 17 tahun itu masih minim pengalaman di kompetisi kasta tertinggi. Dia sadar bahwa  Persib merupakan tim besar. Hal itu cukup mempengaruhi kewaspadaannya menjelang duel bertajuk Perang Dulur ini.

“Kalau grogi, ada. Persib Bandung juga tim besar, komposisinya pemain-pemain berkualitas. Kalau untuk mengatasinya, kami fokus ke tim dulu. Harus percaya pada teman-teman dan terus komunikasi,” kata Marselino, Selasa (7/12/2021).

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

BRI Liga 1 - Duel Ikon Lokal - Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya
BRI Liga 1 - Duel Ikon Lokal - Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya (Bola.com/Adreanus Titus)

Persib (4-3-3): Muhammad Natshir (kiper); Zalnando, Ahmad Jupriyanto, Nick Kuipers (belakang), Marck Klok, Beckham Putra Nugraha, Dedi Kusnandar (tengah); Frets Butuan, Wander Luiz, Febri Hariyadi (depan).

Pelatih: Robert Alberts (Belanda)

Persebaya Surabaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Frank Rikhard, Arif Satria, Alie Sesay, Ady Setiawan (belakang); Muhammad Hidayat, Marselino Ferdinan, Akbar Firmansyah (tengah); Bruno, Wilkson, Taisei Marukawa (depan).

Pelatih: Aji Santoso (Indonesia)

  • Prediksi Bola.com: 50:50
  • Live: Indosiar dan Vidio.com
  • Pukul: 20.45 WIB

 

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Lanjutkan Membaca ↓