Duel Pemain Asing Persib Vs Persebaya di BRI Liga 1: Siapa Paling Kinclong?

Oleh Aditya Wany pada 08 Des 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 11:00 WIB
BRI Liga 1 - Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya
BRI Liga 1 - Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Duel bertajuk Perang Dulur bakal tersaji dalam pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022. Persib Bandung bakal berjumpa Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam WIB.

Kondisi terkini di BRI Liga 1 juga memperlihatkan bahwa pertandingan sangat patut untuk disimak. Sebab, dua tim ini menjadi yang paling produktif sampai 15 pekan. Persebaya Surabaya unggul dengan 26 gol, sedangkan Persib di bawahnya dengan 24 gol.

Namun, posisi klasemen menunjukkan hal yang berbeda. Persib berada di atas dengan menghuni posisi runner-up klasemen sementara di bawah Bhayangkara FC. Persebaya yang tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir kini menduduki peringkat kelima.

Fakta itu membuat duel kedua tim ini diprediksi bakal berjalan kian menarik. Sebab, Persebaya banyak mengandalkan pemain muda di musim ini. Mereka tak goyah meski kehilangan pemain senior akibat cedera atau pemanggilan Timnas Indonesia.

Persib pun termasuk tim yang konsisten menjaga posisi di papan atas. Jangan lupakan, tim arahan Robert Alberts ini juga pernah tercatat sebagai tim yang tak terkalahkan di BRI Liga 1 dalam 11 pertandingan beruntun.

Dari catatan head-to-head lima pertandingan terakhir, Persebaya lebih unggul dengan tiga kemenangan. Persib hanya mampu memenangi dua. Menariknya, lima pertemuan itu selalu melahirkan lebih dari empat gol di setiap pertandingan.

Kebetulan, Persib Bandung dan Persebaya sama-sama bertumpu pada pemain asing selama bersaing di BRI Liga 1. Sayang, Maung Bandung tidak bisa memainkan Mohammed Rashid yang membela Timnas Palestina di Piala Arab 2021.

Padahal, gelandang berusia 26 tahun itu pemain andalan di lini tengah dan menjadi pencetak gol terbanyak kedua di klub dengan lima gol. Dia sebenarnya berpotensi melahirkan duel ketat dengan gelandang Persebaya Surabaya, Bruno Moreira, yang juga tampil impresif.

Tapi, masih ada tiga pemain asing lain di masing-masing tim yang bakal melahirkan pertempuran sengit. Siapa saja mereka? Simak ulasan Bola.com berikut ini:

2 dari 5 halaman

Nick Kuipers Vs Alie Sesay

FOTO: Persib Tantang Persija di Final Piala Menpora 2021 usai Singkirkan PS Sleman - Nick Kuipers; Saddam Emiruddin Gaffar
Pemain Persib Bandung, Nick Kuipers (kiri) menguasai bola dibayangi pemain PS Sleman, Saddam Emiruddin Gaffar dalam laga leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021). Persib bermain imbang 1-1 dengan PS Sleman. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Sosok Nick Kuipers sudah menjadi kunci permainan rapi lini belakang Persib sejak musim 2019. Perannya hampir tak tergantikan. Bek asal Belanda itu telah membukukan 13 penampilan selama musim ini.

Nick Kuipers termasuk bek yang piawai melakukan intersep dan clearance dalam menghadapi serangan lawan. Jangan lupakan juga kemampuannya dalam mengirim umpan panjang dari belakang ke depan yang kerap menghasilkan gol.

Bek Alie Sesay merupakan pemimpin bagi rekan-rekannya di lini belakang Persebaya. Sempat sulit beradaptasi di awal kompetisi, kini pemain berpaspor Sierra Leone itu menjadi palang tangguh dalam menghalau upaya serangan lawan.

Penampilan Alie Sesay tak kalah ciamiknya menjaga lini pertahanan Persebaya dari gempuran lawan. Pemain jebolan liga Inggris tersebut berperan penting membuat Bajul Ijo tidak kebobolan di empat laga beruntun.

3 dari 5 halaman

Geoffrey Castillion Vs Taisei Marukawa

Foto: Peran Besar Bocah 17 Tahun Milik Persebaya saat Mengalahkan Barito Putera di Pekan ke-15 BRI Liga 1
Gol pertama Persebaya tersebut lagi-lagi berkat permainan apik dan umpan terukur dari Taisei Marukawa di sisi kanan serangan Persebaya. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Nama Geoffrey Castillion adalah pemain yang berposisi sebagai striker. Dia biasanya berduet dengan Wander Luiz di lini depan Persib. Jangan ragukan juga kualitas yang dimiliki oleh striker asal Belanda ini.

Castillion telah menyumbang tiga gol dalam 12 pertandingan musim ini. Meski terkesan minim, striker berusia 30 tahun itu tak jarang mengirim umpan kunci kepada rekannya. Tengok saja catatan satu assistnya.

Sedangkan Persebaya memiliki winger Taisei Marukawa yang juga pemain kunci tim. Pemain asal Jepang memiliki kelincahan sekaligus dibekali kemampuan dribel dan melepas tembakan yang sangat mumpuni.

Itu masih dilengkapi dengan kepiawaian mengirim umpan akurat ke lini depan. Taisei Marukawa adalah pemain dengan kontribusi terbaik di Persebaya, tepatnya tujuh gol dan empat assist. Hal ini tentu harus menjadi catatan khusus untuk tim lawan.

4 dari 5 halaman

Wander Luiz Vs Jose Wilkson

Wander Luiz
Penyerang Persib Bandung, Wander Luiz, merayakan golnya ke gawang Persiraja Banda Aceh pada laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2021/2022 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11/2021) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Lini depan bakal menampilkan duel striker asal Brasil yang sama-sama haus gol dengan ketajamannya. Persib memiliki Wander Luiz, sedangkan Persebaya mengandalkan Jose Wilkson.

Wander Luiz adalah tipikal striker yang mampu mencari celah dalam menembak. Setiap menerima umpan, dia melihat ada ruang kosong untuk melepas tembakan sehingga membuat kiper lawan memungut bola dari gawangnya.

Jose Wilkson pun juga seperti itu. Malah, striker berusia 29 tahun ini juga dibekali kemampuan mengganggu pertahanan lawan. Situasi itu kemudian bisa dimanfaatkan pemain Persebaya lain untuk mencetak gol.

Menariknya, baik Wander Luiz dan Jose Wilkson sama-sama telah membukukan enam gol musim ini. Bedanya, Wander mencatat torehan itu dalam 15 laga, sementara Wilkson baru tampil dalam 12 pertandingan.

5 dari 5 halaman

Intip Persaingan Persib dan Persebaya di BRI Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓