Sukses


BRI Liga 1: 2 Pemain Persebaya Belum Gabung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Bakal Tampil Hadapi Persib?

Bola.com, Sleman - Dua pemain Persebaya Surabaya, Rizky Ridho dan Ernando Ari Sutaryadi, saat ini belum berangkat ke Singapura untuk bergabung bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Artinya, ada kemungkinan mereka bisa bermain dulu membela Bajul Ijo di BRI Liga 1 2021/2022.

Keduanya bisa menambah kekuatan Persebaya Surabaya ketika berjumpa Persib Bandung dalam duel pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021).

Lantas apakah Persebaya akan menurunkan kedua pemain tersebut dalam pertandingan ini? Pelatih Aji SAntoso tidak memberikan jawaban yang konkret terkait kemungkinan tersebut.

"Ridho dan Ernando memang setelah pertandingan melawan Persib baru berangkat ke Singapura untuk bergabung bersama Timnas Indonesia," ujar pelatih berlisensi AFC Pro itu, Selasa (7/12/2021).

Sebenarnya, Persebaya menyumbang jumlah pemain terbanyak untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dua pemain lain, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto sudah lebih dulu berangkat dan sempat mengikuti pemusatan latihan di Turki.

Keduanya berpotensi tampil ketika Timnas Indonesia menghadapi Kamboja, Kamis (9/12/2021). Sementara Rizky Ridho dan Ernando Ari akan menyusul dan kondisi mereka yang belum berangkat bisa menambah opsi Persebaya Surabaya dalam pertandingan kontra Persib.

2 dari 4 halaman

Kemungkinan Melakukan Rotasi

Persebaya Surabaya berhasil menang 2-0 atas Barito Putera dalam laga terakhirnya pada Sabtu (4/12/2021). Kondisi ini tentu berdampak terhadap kebugaran fisik para pemain Persebaya yang belum sepenuhnya pulih.

Rotasi pemain bakal membuat Persebaya bisa tampil optimal. Namun, Aji Santoso enggan membeberkan rencananya.

"Saya tidak mau menyampaikan apakah akan ada rotasi atau tidak. Itu bagian dari taktik dan strategi yang tidak perlu saya sebut di luar. Tapi, yang jelas saya sampaikan seluruh pemain Persebaya dalam kondisi siap untuk bermain," ucap Aji.

Duel kontra Persib ini sangat penting bagi Persebaya. Sebab, Arif Satria dkk. dihadapkan dengan lawan yang tidak mudah. Persib menjadi penghuni papan atas dengan menempati peringkat kedua, mengoleksi 31 poin, dan telah mencetak 24 gol dalam 15 pertandingan.

3 dari 4 halaman

9 Laga Tak Terkalahkan, Produktivitas Luar Biasa

Persebaya Surabaya pun sudah melewati sembilan laga terakhir tanpa terkalahkan. Jangan lupa juga catatan clean sheet dalam empat pertandingan terakhir secara beruntun. Bajul Ijo kini berada di peringkat kelima dengan 27 poin.

Tim asal Kota Pahlawan itu sebenarnya tidak kalah dalam urusan membobol gawang lawan. Taisei Marukawa dkk. bahkan menjadi tim yang paling produktif di BRI Liga 1 dengan telah mencetak 26 gol dalam 15 laga.

Dari materi pemain, Maung Bandung lebih mewah dengan keberadaan tiga pemain asing, yaitu Nick Kuipers, Geoffrey Castillion, dan Wander Luiz. Hanya Mohammed Rashid saja yang harus absen karena membela Timnas Palestina di Piala Arab 2021.

Materi skuad itu membuat Persib jauh lebih diunggulkan memenangi duel ini. Pasalnya, Persebaya lebih banyak mengandalkan pemain muda, meski pemain asing Bajul Ijo pun memperlihatkan kontribusi yang maksimal.

Deretan nama macam Alie Sesay, Bruno Moreira, Taisei Marukawa, dan Jose Wilkson adalah pemain yang berperan penting di masing-masing posisi.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer