Sukses


BRI Liga 1: Pelatih dan Pemain PSM Kompak Akui Persija Layak Meraih Kemenangan

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar memperpanjang catatan tak pernah menang pada enam laga terakhir setelah dilibas tiga gol tanpa balas oleh Persija Jakarta pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 di Stadion Manahan Solo, Selasa (7/2/2021).

Hasil ini membuat skuad Juku Eja terlempar dari papan tengah klasemen BRI Liga 1 202/2022. Dari 16 laga, PSM baru mengoleksi 19 poin dari hasil 4 kali menang, 7 imbang dan 5 kali kalah.

Pada sesi jumpa media usai pertandingan, careteker pelatih PSM, Syamsuddin Batola menilai timnya memang pantas menelan kekalahan dari Persija.

"Saya ucapkan selamat buat Persija. Mereka tampil baik pada pertandingan tadi. Khususnya di babak kedua," ujar Syamsuddin Batola yang mengganti peran Milomir Seslija, pelatih kepala PSM sebelumnya.

Menurut Syamsuddin Batola, tim asuhannya sebenarnya mampu mengimbangi Persija di babak pertama. Tapi, penampilan skuad Juku Eja menurun drastis setelah jeda, dan menurutnya, tim asuhannya terkesan kehilangan kepercayaan diri.

"Para pemain, khususnya di lini tengah tak berani bermain dari ke kaki. Alhasil, mereka langsung memperagakan umpan langsung ke area pertahanan Persija Jakarta," terangnya.

 

2 dari 4 halaman

Pasrah

Persija Jakarta tampil agresif dengan umpan pendek yang cepat serta dominan dalam penguasaan bola. Terus berada dalam tekanan membuat anak-anak Juku Eja terlihat panik saat menghadapi gelombang serangan tim lawan.

Persija pun secara berturut mendapatkan tiga golnya di babak kedua lewat aksi Marko Simic, Osvaldo Haay dan Braif Fatari.

Pada kesempatan itu, Syamsuddin Batola enggan mengomentari status dirinya menyusul kekalahan PSM serta kemungkinan adanya perubahan materi pemain di seri berikutnya.

"Saya menyerahkan semua keputusan kepada manajemen PSM," tegas eks bek tengah yang membawa PSM meraih trofi juara Liga Indonesia 1999/2000 ini.

 

3 dari 4 halaman

Penegasan Sutanto Tan

Pada kesempatan sama, Sutanto Tan yang diplot sebagai bek tengah pada laga itu berpendapat senada dengan sang mentor.

"Tidak ada alasan. Persija memang pantas menang," ungkap Sutanto yang sejatinya adalah seorang gelandang.

Eks Persija dan Bali United tampil sebagai stoper menggantikan peran Serif Hasic yang masih berkutat dengan cedera pangkal paha.

Sutanto Tan menambahkan, dirinya bersama kolega tak ingin larut dalam kekalahan dari Persija.

"Kami harus fokus pada laga selanjutnya," kata Sutant Tan. Berdasarkan jadwal yang dirilis PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi BRI Liga 1, PSM akan menghadapi Persiraja pada Senin (13/12/2021).

4 dari 4 halaman

Posisi Persija Saat Ini

Video Populer

Foto Populer