Hasil BRI Liga 1: Diwarnai Adu Mulut Pemain, Persebaya Gasak Persib 3 Gol Tanpa Balas

Oleh Aditya Wany pada 08 Des 2021, 22:35 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 22:45 WIB
Persib Bandung vs Persebaya Surabaya
Tensi panas sempat menghiasi laga antara Persib Bandung dan Persebaya Surabaya pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam WIB. Persebaya menang telak 3-0 atas Pesib dalam laga tersebut. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya sukses meneruskan catatan kemenangan dan clean sheet di BRI Liga 1 2021/2022. Tim asal Kota Pahlawan itu menang 3-0 atas Persib Bandung dalam laga pekan ke-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam.

Persib Bandung tidak menunggu lama untuk melancarkan serangan ke pertahanan Persebaya Surabaya. Ancaman pertama lahir pada menit keempat saat Frets Butuan melepas tembakan dengan memanfaatkan umpan Febri Hariyadi. Sepakannya mengarah ke gawang, tapi ditepis oleh kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Maung Bandung tetap tampil agresif meski beberapa kali upaya mereka dipatahkan bek Persebaya. Pada menit ke-17, giliran Marc Klok yang melepas tembakan keras usai menerima umpan Frets. Sayang, tendangannya melambung jauh.

Kesempatan mencetak gol kembali muncul pada menit ke-17 berawal dari situasi tendangan pojok Klok yang berhasil dihalau bek Alie Sesay. Bola liar kemudian dimanfaatkan dengan tendangan salto oleh Wander Luiz, namun tidak mengarah ke gawang.

Dua menit kemudian, Klok tampil sebagai eksekutor tendangan bebas dari tengah lapangan. Dia rupanya langsung menendang ke gawang Persebaya. Nick Kuipers terlambat bergerak untuk mengonversinya menjadi gol sehingga Ernando mengamankan bola.

Pada menit ke-35, Klok kembali melepas sepakan bebas, bedanya kali ini berada di dekat kotak penalti. Tembakannya melengkung dan mengarah ke gawang, namun Ernando secara gemilang melakukan penyelamatan dengan membloknya.

Ernando kembali dibuat kerepotan dengan serangan Persib di menit ke-38. Kali ini, Beckham Putra memberi bola kepada Febri di dalam kotak penalti dan diteruskan menjadi tembakan. Beruntung, Ernando masih sigap menepisnya.

Persib masih terus memberi tekanan jelang berakhirnya paruh pertama. Pada menit ke-41, Zalnando mengirim umpan silang dari kiri dan disambut sundulan terarah oleh Wander Luiz. Ernando berhasil membaca arah bola dan menangkapnya.

Friksi antarpemain menghiasi laga ini. Mulanya, winger Bruno Moreira diganggu oleh Klok di menit ke-43. Wasit tidak menganggapnya pelanggaran, membuat Klok mengambil alih bola dan sempat melepas tembakan yang tidak mengancam.

Bruno sendiri mengeluh kesakitan akibat insiden itu. Bek kanan Persebaya Ady Setiawan terlihat emosi dan mendamprat Klok. Hal ini mendapat reaksi keras dari pemain kedua tim yang kemudian melahirkan adu mulut.

Meski tampil sangat dominan dan memegang penuh kendali permainan, Persib belum berhasil mencetak gol. Persebaya Surabaya malah tidak membukukan tembakan sama sekali selama babak pertama. Skor 0-0 menghiasi waktu turun minum.

2 dari 4 halaman

Taisei Marukawa Cemerlang, Persebaya Ganas di Babak Kedua

Taisei Marukawa
Pemain Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa, berebut bola saat laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 antara Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya di Stadion Manahan, Solo, Selasa (26/10/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persib Bandung masih berusaha mengurung pertahanan Persebaya Surabaya saat mengawali babak kedua. Peluang emas kembali tercipta saat Beckham mengirim umpan tarik kepada Klok di luar kotak penalti di menit ke-49. Klok menyambarnya dengan tembakan, tapi diblok oleh Ernando.

Ancaman lain kembali dilancarkan Persib pada menit ke-53. Kali ini, Zalnando yang mengirim umpan tarik kepada Dedi Kusnandar. Dengan kaki kirinya, Dedi melepas tembakan mendatar yang masih melenceng ke sisi kiri gawang Bajul Ijo.

Persebaya malah mampu unggul dengan gol yang lahir pada menit ke-58 lewat serangan balik. Mulanya, bola dikirim dari belakang dengan umpan lambung. Zalnando gagal menghalaunya yang kemudian dimanfaatkan Taisei Marukawa menjadi tembakan keras dan tidak mampu dibendung Muhammad Natshir.

Dalam kondisi unggul, tim arahan Aji Santoso ini lebih percaya diri melakukan serangan. Kali ini, Bruno Moreira yang memberikan bola kepada Jose Wilkson pada menit ke-61. Sayang, tembakan Wilkson mengenai mistar gawang Persib.

Persebaya menggandakan keunggulan di menit ke-70 yang lagi-lagi dari serangan balik. Gol ini melibatkan kerja sama rapi Bruno dan Marukawa. Umpan satu dua kedua pemain ini di kotak penalti menghasilkan gol Bruno yang gagal dihentikan Natshir lagi.

Para pemain Persib terlihat panik sudah ketinggalan dua gol dan membuat mereka tidak tenang melakukan serangan. Pada menit ke-75, Abdul Aziz mencoba memanfaatkan umpan Beckham. Meski mengarah ke gawang, Ernando pun bisa mengamankannya.

Dua menit kemudian, giliran Esteban Vizcarra yang memberi ancaman kepada pertahanan Persebaya. Dia menerima umpan dari Geoffrey Castillion sebelum melepas tembakan yang tidak mengarah ke gawang.

Serangan balik cepat hampir saja melahirkan gol ketiga Persebaya di menit ke-83. Wilkson mengirim umpan terobosan dan membuat Bruno berhadapan dengan Natshir. Setelah melewati Natshir, Bruno melepas tembakan dari sudut sempit sehingga bola melenceng dari gawang.

Pada masa injury time, Persebaya berhasil menambah lagi keunggulan menjadi 3-0 lewat gol Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang itu mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini setelah memaksimalkan umpan terobosan dari Marselino Ferdinan.

Keunggulan 3-0 bagi Persebaya bertahan hingga peluit panjang ditiup wasit. Bajul Ijo untuk sementara menyalip Arema FC karena sama-sama mengoleksi 30 poin dan Persebaya unggul selisih gol. Namun, Arema belum memainkan laga pekan ke-16.

Sedangkan Persib masih harus puas menghuni posisi runner-up dengan 31 angka dan gagal menjaga jarak dengan Bhayangkara FC di puncak klasemen. Bhayangkara kukuh di atas dengan 36 poin.

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

BRI Liga 1 - Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya
BRI Liga 1 - Persib Bandung Vs Persebaya Surabaya (Bola.com/Adreanus Titus)
  • Persib Bandung (4-3-3): Muhammad Natshir (kiper); Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Zalnando (belakang); Dedi Kusnandar, Beckham Putra, Marc Klok (tengah); Febri Hariyadi, Wander Luiz, Frets Butuan (depan)
  • Pelatih: Robert Alberts
  • Persebaya Surabaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Hambali Tolib, Marselino Ferdinan (tengah); Taisei Marukawa, Jose Wilkson, Bruno Moreira (depan)
  • Pelatih: Aji Santoso
4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya dan Persib di BRI Liga 1 Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓