Sukses


BRI Liga 1: Wonderkid Persebaya, Marselino Ferdinan Masuk Radar Talenta Muda Terbaik Versi Transfermarkt

Bola.com, Jakarta - Marselino Ferdinan kembali masuk jajaran elite. Kali ini, penggawa Persebaya Surabaya itu tergabung dalam radar talenta muda terbaik versi laman penyedia statistik dan nilai pasar, Transfermarkt.

Laman Transfermarkt menilai Marselino Ferdinan sebagai salah seorang talenta muda terbaik. Mereka menyejajarkan pemain berusia 17 tahun ini dengan sejumlah talenta muda dunia lainnya, seperti Hugo Felix, Chaka Traore, dan lain-lain.

Menurut laman Transfermarkt, Ferdinan merupakan pemain dengan kemampuan beragam dan sangat bagus dalam mengontrol bola. Selain itu, mentalitas Ferdinan dinilai sangat mumpuni.

"Apa yang membuatnya spesial adalah intelegensinya baik dengan atau tanpa bola, juga visi bermainnya," kata Manajer Area Indonesia Transfermarkt, Rimohardi Widodo, dalam laman statistik tersebut.

Marselino Ferdinan memang dinilai sebagai sosok pemain yang relatif komplet. Namun, ini bukan berarti, kemampuannya sudah mentok. Ada aspek di mana pemain kelahiran Jakarta ini dinilai bisa lebih berkembang.

"Ia memiliki kecepatan yang sangat bagus," kata Widodo.

"Namun, ia masih bisa berkembang lagi dalam aspek bertahan," sambungnya.

2 dari 4 halaman

Berpotensi Meroket

Saat ini, nilai pasar Marselino Ferdinan ditaksir sebesar 75 ribu euro, atau sekitar 1,2 miliar rupiah. Nilai ini merupakan nilai pasar pertamanya, yang ia terima pada Juni 2021 lalu.

Memang, nilai pasar Ferdinan saat ini bukan yang termahal di Persebaya. Ia 'hanya' menempati peringkat ke-23 soal besaran nilai gaji di antara para penggawa Bajul Ijo.

Namun, laman Transfermarkt yakin, Ferdinan bakal mengalami peningkatan kenaikan banderol jika performa ciamiknya terus berlanjut.

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Bagi Ferdinan, ini bukan pertama kalinya ia menjadi perhatian dari mancanegara. Beberapa waktu lalu, namanya masuk ke dalam daftar 60 wonderkid dunia yang dilansir The Guardian.

Dalam daftar yang disusun The Guardian tersebut ada sejumlah nama pemain muda yang lebih tenar macam Luka Romero dan Youssoufa Moukoko.

Media Inggris ini memang rutin merilis daftar para wonderkid setiap tahunnya. Sebelum Ferdinan, daftar Guardian ini pernah diisi nama-nama seperti Jadon Sancho, Pedri, dan sejumlah pemain lain.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah/Serafin Unus Pasi, published 8/12/2021)

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer