Man of the Match Persib Vs Persebaya di BRI Liga 1: Taisei Marukawa Makin Luar Biasa!

Oleh Aditya Wany pada 09 Des 2021, 00:10 WIB
Diperbarui 09 Des 2021, 00:10 WIB
Taisei Marukawa, Persebaya Surabaya
Winger Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa, berselebrasi setelah menjebol gawang Persib Bandung pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya menunjukkan penampilan yang luar biasa di pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022. Tim Bajul Ijo berhasil menang 3-0 atas Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam.

Kemenangan ini setidaknya memperpanjang dua rekor Persebaya Surabaya di BRI Liga 1. Pertama, mereka tidak terkalahkan dalam 10 laga terakhir secara beruntun. Kedua, anak asuh Aji Santoso membukukan lima clean sheet alias tidak kebobolan di lima laga terakhir secara berturut-turut pula.

Gol-gol Persebaya disumbang oleh winger Bruno Moreira di menit ke-70. Sedangkan dua gol lainnya diborong oleh winger Taisei Marukawa pada menit ke-58 dan injury time babak kedua.

Persebaya sebenarnya tampil sangat defensif di babak pertama. Mereka terlihat membiarkan Persib tampil sangat dominan dan memegang penuh kendali permainan. Bajul Ijo bahkan tidak membukukan tembakan sama sekali selama paruh pertama pertandingan.

Tapi, babak kedua benar-benar berbeda. Mereka mulai menyerang dan mengandalkan serangan balik cepat. Kelengahan pemain belakang Maung Bandung mampu dieksploitasi dengan baik untuk menghasilkan gol.

Dari daftar pencetak gol, sudah terlihat siapa pahlawan Persebaya Surabaya dalam laga ini. Dia adalah Taisei Marukawa yang terlibat dalam semua gol timnya. Selain kontribusi dua gol, pemain asal Jepang ini juga membukukan satu assist.

2 dari 3 halaman

Performa Luar Biasa Taisei Marukawa Saat Menaklukkan Persib

Taisei Marukawa, Persebaya Surabaya
Para pemain Persebaya Surabaya menari saat merayakan gol yang dicetak Taisei Marukawa ke gawang Persib Bandung dalam laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Gol pertama Taisei Marukawa untuk Persebaya Surabaya tercipta pada menit ke-58 setelah Muhammad Hidayat melepas tendangan bebas melambung yang langsung mengarah ke jantung pertahanan Persib. Mulanya, bek kiri Persib Zalnando ingin menghalaunya, tapi gagal.

Marukawa yang bergerak cepat pun berusaha memanfaatkan bola di kotak penalti. Dengan satu sentuhan, pemain bernomor punggung 10 itu melepas tembakan keras dan tidak mampu dibendung kiper Muhammad Natshir.

Lalu, gol kedua lahir berkat Marukawa yang mencuri bola di lini tengah memberikannya kepada striker Jose Wilkson. Bola dikirim kepada Bruno yang merangsek masuk pertahanan Persib dengan serangan balik cepat.

Di dalam kotak penalti Persib, Bruno memainkan umpan satu-dua dengan Marukawa. Bruno berhasil menceploskan bola ke gawang Maung Bandung yang lagi-lagi gagal dihentikan Natshir.

Para pemain Persib terlihat panik sudah ketinggalan dua gol dan membuat mereka tidak tenang melakukan serangan. Tapi, rapatnya pertahanan Persebaya semakin menyulitkan mereka mencetak gol balasan.

Persebaya malah mencetak gol ketiga di injury time setelah Marselino Ferdinan melepas umpan terobosan kepada Marukawa. Dengan kaki kirinya, Marukawa menembak keras dan membuat timnya mengunci tiga poin.

Sebenarnya, masih ada kiper Ernando Ari Sutaryadi yang juga tampil impresif di bawah mistar gawang Persebaya. Dia melakukan tujuh penyelamatan gemilang dan sukses membuat frustrasi pemain Persib yang gagal mencetak gol.

Tapi, apa yang ditunjukkan Marukawa tentu saja membuat pertandingan berjalan berbeda. Dia kini sudah mencetak sembilan gol dan berstatus sebagai top scorer sementara Persebaya.

3 dari 3 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓