Hasil Pramusim Jadi Kunci Aji Santoso Bawa Persebaya Menghajar Persib di BRI Liga 1

Oleh Aditya Wany pada 09 Des 2021, 05:35 WIB
Diperbarui 09 Des 2021, 05:35 WIB
Taisei Marukawa, Persebaya Surabaya
Para pemain Persebaya Surabaya menari saat merayakan gol yang dicetak Taisei Marukawa ke gawang Persib Bandung dalam laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya menunjukkan penampilan yang luar biasa di pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022. Mereka berhasil menang 3-0 atas Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam.

Gol-gol Tim Bajul Ijo merupakan kontribusi dari winger Bruno Moreira di menit ke-70. Sedangkan dua gol lainnya diborong oleh winger Taisei Marukawa pada menit ke-58 dan injury time babak kedua.

“Pertandingan berjalan sangat menarik antara Persib melawan Persebaya sehingga kami di akhir unggul 3-0. Seperti saya tekankan sebelum pertandingan, ini akan menarik, jual beli serangan dibuktikan dengan anak-anak tampil agresif menekan,” kata Aji Santoso setelah laga.

Persebaya Surabaya sebenarnya tampil sangat defensif di babak pertama. Mereka terlihat membiarkan Persib tampil sangat dominan dan memegang penuh kendali permainan. Bajul Ijo bahkan tidak tidak membukukan tembakan sama sekali selama paruh pertama.

Tapi, babak kedua benar-benar berbeda. Mereka mulai menyerang dan mengandalkan serangan balik cepat. Kelengahan pemain belakang Maung Bandung mampu dieksploitasi dengan baik untuk menghasilkan gol dari serangan balik cepat.

 

2 dari 4 halaman

Kegemilangan Taisei Marukawa

Taisei Marukawa, Persebaya Surabaya
Winger Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa, berselebrasi setelah menjebol gawang Persib Bandung pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Gol pertama tercipta di menit ke-58 setelah gelandang Muhammad Hidayat melepas tendangan bebas melambung yang langsung mengarah ke jantung pertahanan Persib. Mulanya, bek kiri Persib Zalnando ingin menghalaunya, tapi gagal.

Marukawa yang bergerak cepat pun berusaha memanfaatkan bola di kotak penalti. Dengan satu sentuhan, pemain bernomor punggung 10 itu melepas tembakan keras dan tidak mampu dibendung kiper Muhammad Natshir.

Lalu, gol kedua lahir berkat Marukawa yang mencuri bola di lini tengah memberikannya kepada striker Jose Wilkson. Bola dikirim kepada Bruno yang merangsek masuk pertahanan Persib dengan serangan balik cepat.

Di dalam kotak penalti Persib, Bruno memainkan umpan satu-dua dengan Marukawa. Bruno berhasil menceploskan bola ke gawang Maung Bandung yang lagi-lagi gagal dihentikan Natshir.

Para pemain Persib terlihat panik sudah ketinggalan dua gol dan membuat mereka tidak tenang melakukan serangan. Tapi, rapatnya pertahanan Persebaya semakin menyulitkan mereka mencetak gol balasan.

Persebaya malah mencetak gol ketiga di injury time setelah Marselino Ferdinan melepas umpan terobosan kepada Marukawa. Dengan kaki kirinya, Marukawa menembak keras dan membuat timnya mengunci tiga poin.

“Babak pertama kami kalah (penguasaan bola). Di dalam latihan, saya meminta kalau menang tos (penentuan memilih tempat atau bola), harus memilih tempat karena saya ingin Persib memegang bola atau memberi tekanan atas,” ucap Aji.

“Babak kedua kami bermain lebih agresif agar bermain lebih menekan.Kami banyak melakukan kombinasi di sepertiga pertahanan lawan. Alhamdulillah, kami mencetak tiga gol dan itu memang sesuai latihan,” imbuh pelatih asli Malang itu.

3 dari 4 halaman

Rahasianya

Persib Bandung vs Persebaya Surabaya
Tensi panas sempat menghiasi laga antara Persib Bandung dan Persebaya Surabaya pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/12/2021) malam WIB. Persebaya menang telak 3-0 atas Pesib dalam laga tersebut. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Aji membongkar kunci sukses timnya memenangi laga ini. Dia berkaca pada pertandingan terakhir timnya kontra Persib dalam laga perempat final Piala Menpora 2021 pada 11 April 2021 lalu. Kebetulan, duel tersebut juga digelar di Stadion Maguwoharjo.

Dalam laga itu, Persebaya terpaksa takluk 2-3 dari Persib. Hasil itu membuat mereka gagal melaju ke babak semifinal. Aji merasa pertemuan itu menjadi pelajaran penting buat timnya untuk tidak menelan kekalahan lagi.

Di laga itu, Persib berhasil mencetak tiga gol mereka di babak pertama. Masing-masing dicetak oleh Ezra Walian (1’), Wander Luiz (6’), dan Nick Kuipers (37’). Persebaya malah harus bermain dengan 10 personel setelah Satria Tama mendapat kartu merah di injury time babak pertama.

Tim Bajul Ijo berusaha membalas gol hingga memperkecil kedudukan. Dua gol mereka disumbang oleh Arif Satria (62’) dan Mokhamad Syaifuddin (90+3’). Di tengah-tengah itu, Persib juga tampil dengan 10 pemain karena Wander Luiz mendapat kartu merah di menit ke-64.

“Ini berkaca pada pertandingan Piala Menpora beberapa bulan lalu, kami kena serangan gol cepat Persib. Saya menginstruksikan pemain agar tidak terjadi lagi gol cepat,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Kemenangan ini setidaknya memperpanjang dua rekor Persebaya di BRI Liga 1. Pertama, mereka tidak terkalahkan dalam 10 laga terakhir secara beruntun. Kedua, anak asuh Aji Santoso membukukan lima clean sheet alias tidak kebobolan di lima laga terakhir secara berturut-turut pula.

Persebaya berhak mengemas poin penuh berkat keunggulan 3-0. Bajul Ijo untuk sementara menyalip Arema FC karena sama-sama mengoleksi 30 poin dan Persebaya unggul selisih gol. Namun, Arema belum memainkan laga pekan ke-16.

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Persebaya di BRI Liga 1

Lanjutkan Membaca ↓