Sukses


BRI Liga 1: Analisis Penyebab PSIS Loyo Setelah Sempat Bercokol di Papan Atas, Timnas Indonesia Ikut Mereduksi Kekuatan?

Bola.com, Jakarta - PSIS Semarang memiliki musim yang menarik hingga setengah jalan di BRI Liga 1 musim ini. Beberapa pekan sempat bercokol di papan atas, Mahesa Jenar-julukan PSIS Semarang justru terlihat loyo belakangan ini.

Terbaru, mereka kalah 1-2 saat berhadapan dengan tim penghuni zona degradasi, Persipura Jayapura pada Sabtu (11/12) malam WIB lalu. Kekalahan itu membuat PSIS kian jauh dari puncak klasemen sementara BRI Liga 1.

Kini PSIS terpaku di urutan keenam klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 29 poin. Jika tak bisa memperbaiki performa di putaran kedua nanti, PSIS bisa saja tergusur oleh tim-tim di bawah mereka yang jaraknya sangat tipis.

PSIS Semarang hanya meraih satu kemenangan dalam tiga laga terakhir. Satu-satunya kemenangan itu diraih PSIS dengan skor 3-2 saat mereka menghadapi Persita Tangerang pada 7 Desember 2021 lalu.

Di dua laga lain PSIS kalah masing-masing dengan skor 1-2 saat berhadapan dengan PSS Sleman dan Persipura. Dua kekalahan itu cukup menyesakkan bagi PSIS. Sebab di klasemen sementara posisi PSS dan Persipura ada di bawah Mahesa Jenar.

 

2 dari 4 halaman

Diganggu Timnas Indonesia?

Menurut pengamatan Bola.com, penurunan performa PSIS ini disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah dipanggilnya dua penggawa muda andalan PSIS, Alfeandra Dewangga dan Pratama Arhan ke skuad tim nasional Indonesia yang berlaga di Piala AFF 2020.

Kendati sama-sama masih belia, keduanya sudah punya peran penting di lini belakang PSIS. Dewangga apa lagi, pemain asli Semarang itu sama baiknya ketika dimainkan di posisi bek tengah maupun gelandang bertahan.

Selain itu, PSIS juga mendapatkan problem soal kebugaran pemain penting mereka. Bek kanan, Fredyan Wahyu misalnya ia sempat menepi beberapa pekan sebelum kembali bermain saat PSIS jumpa Persipura.

Namun, di laga itu sosok yang akrab disapa Ucil itu hanya bermain 12 menit saja karena cederanya kambuh. Selain itu Hari Nur Yulianto juga beberapa kali mengalami masalah kebugaran. Hal itu sedikit banyak mempengaruhi performa Mukri belakangan ini bersama PSIS Semarang.

 

3 dari 4 halaman

Janji Perbaiki Penampilan di Putaran Kedua

BRI Liga 1 memasuki libur akhir tahun. Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Tanah Air itu akan kembali bergulir pada 5 Januari 2022 mendatang.

Waktu libur itu akan dimanfaatkan semua kontestan untuk memperbaiki diri, termasuk PSIS Semarang. Pelatih PSIS, Imran Nahumarury berharap para pemainnya kembali segar setelah menjalani liburan.

Imran juga menegaskan ia akan mengadakan pertemuan khusus dengan staf pelatih PSIS untuk membahas kondisi tim dan rencana untuk menghadapi putaran kedua mendatang.

"Tiap seri ada evaluasi. Saya akan kumpul dengan staf dan persiapan untuk menghadapi putaran kedua. Kami harus siap di putaran kedua," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi PSIS Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer