Sukses


Sumbang 4 Nama di Piala AFF, Persebaya Ingin Lebih Banyak Cetak Pemain untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Manajemen Persebaya Surabaya merespons positif rencana pelatih kepala Aji Santoso yang ingin memaksimalkan potensi pemain asli Surabaya. Sebelumnya, Aji menyebutkan bakal banyak mengandalkan pemain jebolan kompetisi internal untuk tim senior yang dilatihnya.

Rencana itu ditanggapi dengan sebuah pertemuan yang diadakan dalam Rapat Kerja Persebaya Amatir pada Sabtu (18/12/2021) lalu. Rapat ini mempertemukan para pengurus dari 20 klub internal Persebaya.

Direktur sekaligus manajer tim Persebaya, Candra Wahyudi, juga hadir dalam agenda itu. Dia ingin menyamakan visi antara tim senior dan junior Persebaya dalam upaya mewujudkan rencana jangka panjang tersebut.

Mereka memiliki visi yang sama untuk menghasilkan banyak pemain muda berbakat untuk Persebaya. Selain itu, muara dari pembinaan yang dilakukan oleh klub Bajul Ijo ini adalah Timnas Indonesia.

"Ini untuk menjawab harapan coach Aji sebagai pelatih kepala yang punya mimpi untuk menjadikan pemain binaan sendiri menjadi tulang punggung tim. Kami serius untuk ikut mensukseskan impian tersebut di 2024,” kata Saleh Hanifah, Direktur Amatir Persebaya.

 

2 dari 4 halaman

4 Pemain di Piala AFF

Rapat ini membahas mengenai program-program internal yang akan mereka agendakan selama setahun ke depan. Yang paling utama adalah keberadaan pembinaan pemain usia dini yang selalu dilakukan setiap tahun.

Persebaya sendiri dikenal sebagai tim mampu memproduksi pemain berbakat lewat kompetisi internal. Sebanyak 20 klub bersaing dalam kompetisi yang terbagi ke dalam dua kasta, yakni Seri A dan Seri B.

Dari 29 pemain skuat Persebaya saat ini, 13 di antaranya merupakan jebolan kompetisi internal Persebaya. Yang paling fenomenal adalah Marselino Ferdinan, gelandang berusia 17 tahun yang tampil ciamik dan secara reguler masuk starting eleven di BRI Liga 1 2021/2022.

Selain Marselino, 12 pemain lainnya adalah Satria Tama, Andhika Ramadhani, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, Mokhamad Syaifuddin, Dicky Kurniawan, Ruy Arianto, Fernando Pamungkas, Rendi Irwan, Oktafianus Fernando, dan Akbar Firmansyah.

Jangan lupakan juga status Persebaya sebagai klub penyumbang pemain terbanyak Timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2020. Empat pemain masuk skuat Garuda, yakni Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya.

 

 

3 dari 4 halaman

Target Aji Santoso

Manajemen klub juga bertekad untuk lebih banyak menghasilkan pemain untuk Timnas Indonesia. Dengan cara menggelar kompetisi berjenjang sejak kelompok umur 13, diharapkan bibit-bibit pemain dapat lebih cepat ditemukan, dibina dan disiapkan untuk menjadi pemain profesional.

Sebelumnya, Aji Santoso mengundang sejumlah pemain klub internal untuk bergabung latihan bersama tim senior. Ini adalah upayanya untuk memberi kesempatan kepada para pemain yang dinilai berpotensi menembus level lebih tinggi.

"Saya memang berorientasi, paling tidak pada 2023-2024 itu, pemain lokal dari internal Persebaya semua. Itu akan memiliki nilai lebih, kebanggaan mereka sebagai orang Surabaya. Makanya, kami harus memberi kesempatan pemain muda,” ujar Aji.

"Saya yakin setiap anak yang main bola di Surabaya pasti ingin menjadi pemain Persebaya. Impian itulah yang ingin saya wujudkan. Saya selalu bilang ke manajemen, pelatih usia muda, kalau ada pemain bagus, bisa gabung latihan,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer