Sukses


BRI Liga 1: Cerita Jersey Ketiga Warna Hitam Milik Persebaya Saat Tundukkan Bali United

Bola.com, Jakarta - Ada fakta menarik yang mengiringi keberhasilan Persebaya Surabaya menang 3-1 atas Bali United. Bajul Ijo mengenakan jersey yang berbeda dalam laga tunda pekan ke-17 BRI Liga 1 2021/2022 itu di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Rabu (5/1/2022).

Untuk kali pertama musim ini, Arif Satria dkk. memakai jersey berwarna hitam. Itu merupakan jersey ketiga yang dimiliki oleh Persebaya. Biasanya, mereka bertanding dengan kostum hijau, atau putih saat berstatus tim tamu.

Keputusan ini cukup menarik mengingat secara administrasi Persebaya sebenarnya berstatus sebagai tim tuan rumah. Lantas, mengapa mereka memakai warna hitam, alih-alih kostum warna yang jadi identitas tim?

"Memang tahun 2022 ini, Pak Candra Wahyudi (manajer Persebaya) menyampaikan untuk pertandingan pertama kami mengenakan jersey baru warna hitam. Alhamdulillah, membawa berkah, dan kami menang di Bali,” kata pelatih Persebaya, Aji Santoso.

Jersey hitam ini terbukti membawa berkah. Sebab, kemenangan 3-1 atas Bali United membuat Persebaya mencatatkan 11 laga tak terkalahkan di BRI Liga 1. Secara luar biasa, mereka menekuk Bali United di pulaunya sendiri.

Tiga gol Persebaya merupakan hasil sumbangan Samsul Arif (5’), Bruno Moreira (65’), dan Marselino Ferdinan (74’). Sedangkan satu gol balasan Bali United lahir berkat tembakan keras Eber Bessa di menit ke-14.

 

 

2 dari 3 halaman

Kemenangan Istimewa Persebaya

Kemenangan ini juga jadi lebih istimewa karena Bali United adalah tim juara bertahan BRI Liga 1. Ini jadi kali kedua Persebaya mempermalukan Serdadu Tridatu di Pulau Dewata setelah kemenangan 5-2 di Liga 1 2018.

"Saya lihat Bali United dihuni pemain berkualitas dan berpengalaman. Ada Ricky Fajrin, Spaso (Ilija Spasojevic), (Stefano) Lilipaly. Menurut saya ini pemain-pemain ini kelas satu di Indonesia,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Di sisi lain, tim berjulukan Bajul Ijo sebenarnya tidak bertanding dengan kekuatan penuh karena absennya enam pemain inti. Empat di antaranya belum pulang dari Timnas Indonesia, yakni Ernando Ari, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Ricky Kambuaya.

Lalu, bek Alie Sesay membela Timnas Sierra Leone yang akan tampil di Piala Afrika 2021. Sedangkan striker Jose Wilkson seharusnya bisa diturunkan, tapi dia terlanjur dipinjamkan ke Persela Lamongan.

“Pertandingan cukup berat dengan materi lawannya yang cukup bagus, kami bisa mencatatkan tiga poin. Tentunya ini kami syukuri. Saya mengapresiasi pemain-pemain saya yang begitu gigih untuk bisa mengalahkan Bali United,” ujar Aji Santoso.

Hasil ini membuat mengoleksi 33 poin, meski tetap di peringkat keempat dari 17 pertandingan yang telah dilakoni di BRI Liga 1.

3 dari 3 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer