Sukses


Persis Mulai Incar Pemain Asing untuk Hadapi Liga 1 2022, Ini Kriterianya

Bola.com, Solo - Persis Solo memastikan diri promosi ke Liga 1 2022. Keberhasilan tim berjuluk Laskar Sambernyawa menjadi juara Liga 2 2021 menjadi sebabnya.

Persis Solo pun kembali berlaga di kasta tertinggi setelah absen 14 tahun lebih. Akan berlaga di Liga 1, tim pujaan Pasoepati dan Surakartans perlu melakukan beberapa persiapan.

Satu di antaranya adalah mendatangkan pemain asing yang cocok dengan kebutuhan tim. Merujuk pada regulasi BRI Liga musim ini setiap tim yang berlaga di ajang itu berhak memiliki empat pemain asing.

Dengan rincian, tiga pemain asing berasal dari negara bebas. Sementara satu pemain asing harus berasal dari negara yang terafiliasi dengan AFC. Formula itu dikenal dengan 3 + 1.

Presiden Komisaris PT Persis Solo Saestu (PT PSS), Mahendra Agakhan Thohir pun menyadari hal itu. Sosok yang akrab disapa Aga Thohir itu mengaku Persis sudah melakukan scouting alias pencarian terhadap para pemain asing sejak musim lalu.

"Ada 4 kuota, kami udah mulai scouting dari awal musim lalu. Karena kan kebanyakan kontrak abisnya di bulan ini baik di Eropa maupun Amerika Latin dan Asia. Kami sudah punya beberapa nama sudah punya skema-skema soal pemain asing yang dibawa," kata Aga Thohir, Minggu (9/1/2022).

 

 

2 dari 3 halaman

Tergantung Pilihan

Ketika disinggung soal kriteria pemain asing yang diinginkan Persis, Aga memberikan penjelasan. Pihaknya membuka kemungkinan untuk merekrut pemain asing yang benar-benar belum pernah bermain di Indonesia.

Sementara itu para pemain asing yang sudah merasakan atmosfer pertandingan di Liga Indonesia juga tak lepas dari pandangan Persis. Menurut Aga, kedua hal itu memiliki plus dan minus masing-masing.

"Saya pikir kalau pemain asing yang sudah main di Indonesia akan punya pengalaman lebih banyak. Kalau pemain asing yang belum pernah di Indonesia mereka juga punya kerja keras dan antusiasme yang tinggi. Jadi ada plus minusnya tergantung kami mau milih yang mana aja," jelas putra menteri BUMN, Erick Thohir itu.

3 dari 3 halaman

Target di Musim Perdana

Lebih lanjut, Aga terkesan masih malu-malu ketika ditanya target apa yang ingin dicapai Persis di BRI Liga 1 musim depan. Ia merasa saat ini belum waktu yang tepat untuk membicarakan soal target.

Ia lebih memilih untuk merayakan keberhasilan Persis menjadi juara Liga 2 2021. Juga menyiapkan hal lain seperti pembinaan pemain muda lewat Persis Youth.

"Target Liga mungkin belum bisa bahas sekarang, sekarang fokus nikmati kemenangan kemarin. Fokus kami juga sekarang di pembinaan pemain muda di Persis Youth, mohon dukungannya dari para fans," tandas Aga.

Video Populer

Foto Populer