Sukses


Proyek Jangka Panjang Timnas Indonesia Buatan Shin Tae-yong: Cetak Pemain Berkualitas Agar Bertahan 10 Tahun

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku sedang berusaha untuk mencetak pemain berkualitas yang bisa tampil konsisten paling lama selama 10 tahun. Misi itu akan dimulainya saat membentuk skuad U-20 yang bakal berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 2023 awalnya digelar pada 2021 di Indonesia. Namun, turnamen tersebut harus tertunda akibat pandemi COVID-19.

Turnamen itu pula yang menjadi tujuan utama dari PSSI dalam perekrutan pelatih Shin Tae-yong. Eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu dibebani tugas untuk bisa membuat Timnas Indonesia melangkah jauh di turnamen usia muda bergengsi di dunia itu.

"Jika kami bisa membuat skuad U-20 yang bagus maka secara otomatis pemainyang umur di bawahnya akan memiliki patokan yang bagus. Jika saya membuat tim yang bagus, pemainnya bisa bertahan sampai 10 tahun," kata Shin Tae-yong dalam wawancara dengan Myeongjangdeul.

Shin Tae-yong juga mengaku mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah. Itu yang jadi alasan baginya untuk bersemangat membetuk pemain-pemain berkualitas untuk masa depan Timnas Indonesia.

"Pemerintah juga memberikan dukungan. Jadi, saya sedang mempersiapkannya dengan baik," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

2 dari 3 halaman

Banyak Perubahan

Timnas Indonesia memang mengalami perkembangan pesat sejak diasuh Shin Tae-yong. Itu terlihat dari keberanian Shin Tae-yong dalam mempromosikan pemain muda untuk skuad senior.

Shin Tae-yong memang dibebani tanggung jawab untuk menukangi Timnas Indonesia di semua level mulai dari U-19, U-22, hingga senior. Itu membuatnya lebih leluasa dalam menerapkan sistem promosi dari bawah.

Teranyar, Timnas Indonesia berhasil menjadi runner-up Piala AFF 2020. Mayoritas skuad yang dimiliki Shin Tae-yong berusia di bawah 25 tahun.

3 dari 3 halaman

Pembuktikan di Piala AFF U-23 2022

Shin Tae-yong kini sedang berusaha untuk membuat persiapan yang bagus bersama Timnas Indonesia U-23. Seperti diketahui, skuad U-23 akan berlaga di Piala AFF U-23 2022.

Sebagai juara bertahan, Timnas U-23 memiliki beban yang berat pada turnamen yang akan digelar di Kamboja itu. Shin Tae-yong wajib membantu Timnas U-23 dalam mempertahankan gelar.

Namun, perjuangan Timnas Indonesia tentu tak akan mudah pada turnamen yang digelar mulai 14 sampai 26 Februari 2022. Timnas U-23 tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022 bersama Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Video Populer

Foto Populer