Sukses


Pelatih Asal Malaysia Bocorkan Kekuatan Bangladesh, Calon Lawan Uji Coba Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dijadwalkan beruji coba melawan Bangladesh pada dua laga matchday FIFA di Stadion I Wayan Dipta Bali, 24 dan 27 Januari 2022.

Pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong memastikan tak memanggil para pemainnya yang berkiprah diluar negeri. Ia ingin mengoptimalkan para pemain yang tampil baik di BRI Liga 1.

Meski begitu, pelatih asal Malaysia, Raja Isa yang kini menangani klub Liga 1 Bangladesh, Muktijoddha Sangsad KC sejak musim lalu, yakin timnas Indonesia bisa memenangkan dua laga nanti.

Menurut mantan pelatih Persipura Jayapura dan PSM Makassar, kualitas permainan timnas Indonesia masih lebih baik dari Bangladesh.

"Standar kualitas Liga I Bangladesh tak jauh beda dari Indonesia. Tapi, pembinaan usia muda mereka tak sebaik Indonesia," ujar Raja Isa yang dihubungi Bola.com, Senin (10/1/2021).

Itulah mengapa secara skill dan teknik dasar, Timnas Indonesia lebih unggul. Meski begitu, Indonesia dan Bangladesh sama-sama memiliki persamaan pada karakter tim yang ngotot tapi bermasalah pada penyelesaian akhir.

"Seperti Indonesia, Liga 1 Bangladesh lebih didominasi oleh striker asing," terang Raja Isa.

2 dari 3 halaman

Bikin Penasaran

Bangladesh yang baru saja melakukan pergantian pelatih dari Jamie Day (Inggris) ke Javier Cabrera (Spanyol) juga mengandalkan pemain keturunan. Diantaranya Jamal Bhuyan, kapten timnas Bangladesh yang lahir di Copenhagen (Denmark).

Bhuyan yang berposisi gelandang saat ini bermain di klub Liga 1 Bangladesh, Saif SC. Ada juga nama Tariq Kazi, bek sayap kanan berdarah Finlandia yang berkostum Bashundhara Kings sejak 2019.

Bangladesh juga tengah menunggu konfirmasi dari Hamza Choudhury yang saat ini memperkuat tim Leicester City (Inggris).

Namun, pada ujicoba nanti Bangladesh dipastikan tak diperkuat stoper terbaiknya yakni Topu Barman (Bashundhara Kings) yang masih menjalani perawatan intensif pada engkelnya.

3 dari 3 halaman

Menunggu Pengumuman Pemain

Seperti Indonesia, Bangladesh belum mengumumkan daftar nama pemain yang akan dipersiapkan menghadapi Indonesia.

Seperti Shin Tae-yong di Indonesia, Javier Cabrera juga masih melakukan observasi sebelum menentukan pemain pilihannya. Sebelumnya, di era Jamie Day, ada tiga pemain asal klub yang ditangani Raja Isa masuk dalam daftar skuad timnas Bangladesh.

Mereka adalah Mehedi Hassan Royel, Md Emon dan Md Mehedi Hassan.

Berdasarkan peringkat terbaru FIFA, peluang Indonesia memenangkan dua laga ini terbilang besar. Saat ini, Bangladesh menghuni peringkat ke-186, sedang Indonesia yang menjadi runner-up Piala AFF 2020 berada di posisi ke-164.

Video Populer

Foto Populer