Sukses


Omicron Menggila, Timnas Thailand Tunda Laga Persahabatan Lawan Kuwait pada FIFA Matchday

Bola.com, Bangkok - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) mengonfirmasi penundaan dua laga uji coba Timnas Thailand melawan Kuwait pada FIFA Matchday akhir Januari 2022.

Penundaan dilakukan karena situasi negara yang tidak kondusif akibat meningkatnya kasus COVID-19 varian Omicron.

Timnas Thailand sejatinya menghadapi Kuwait dalam dua laga uji coba di Pathum Tani, 27 dan 30 Januari 2022. Namun, kedua laga tersebut harus ditunda hingga Maret 2022 atas kesepakatan kedua belah pihak.

"Pertandingan internasional selama FIFA Matchday pada Januari antara Thailand melawan Kuwait harus ditunda ke Maret sebagai gantinya. Itu juga masih menunggu kesepakatan antara dua asosiasi," bunyi pernyataan resmi FAT.

Pelatih Alexandre Polking memahami penundaan laga uji coba melawan Kuwait. Menurutnya, kesehatan pemain dan masyarakat Thailand lebih utama untuk saat ini.

"Saya selalu mengatakan keinginan agar tim nasional bisa bersaing selama FIFA Matchday. Untuk meningkatkan poin diperingkat FIFA dan menjadi kesempatan yang bagus untuk memanggil pemain baru demi pengujian, karena itu penting dalam membesarkan tim," kata Polking.

"Akan tetapi, karena situasi COVID-19 di negara ini sekarang. Jumlah orang yang terinfeksi terus meningkat. Oleh karena itu kesehatan lebih penting. Saya memahami seluruh situasi dengan baik. Beberapa hal tidak bisa kami kendalikan," tegas pelatih asal Brasil itu.

Keputusan FAT menunda laga persahabatan antara Timnas Thailand melawan Kuwait pada FIFA Matchday sudah tepat. Per 10 Januari 2021 terdapat 7.926 kasus positif COVID-19 harian di Thailand.

2 dari 3 halaman

Ambil Hikmahnya

Pelatih Alexandre Polking juga berusaha mengambil hikmah dari penundaan dua laga persahabatan pada FIFA Matchday. Polking akan memanfaatkan waktu yang ada untuk bekerja keras dalam mencari dan memilih pemain untuk Timnas Thailand.

"Saya masih harus bekerja keras dan penundaan ini memberi saya lebih banyak waktu untuk mencari pemain baru. Saya sudah berbicara dengan staf pelatih, manajer, dan pemain pada setiap klub," tegas Polking.

Penundaan laga melawan Kuwait membuat Timnas Thailand tak memiliki agenda pada FIFA Matchday akhir Januari sampai awal Februari 2022. Meski demikian, Thai League tetap berlanjut sehingga Polking bisa terus bekerja mempersiapkan Timnas Thailand.

3 dari 3 halaman

Keenam Kalinya

Keberhasilan Thailand menjuarai Piala AFF 2020 menjadi sejarah baru. Gelar yang diraih Thailand itu menjadi yang keenam direngkuh secara keseluruhan.

Thailand menjadi tim dengan gelar terbanyak di Piala AFF. Pencapaian itu diraih pada 1996, 2000, 2002, 2014, 2016, dan 2020.

Adapun bagi Timnas Indonesia, kekalahan ini menjadi kegagalan keenam kalinya di Piala AFF. Timnas Garuda menjadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

Video Populer

Foto Populer