Sukses


Terlibat Pengaturan Skor, 45 Pemain Laos Disanksi Larangan Bermain Seumur Hidup oleh FIFA

Bola.com, Vientiane - FIFA menjatuhkan sanksi tegas kepada 45 pemain Laos karena terlibat pengaturan skor. Para pemain yang terbukti bersalah dilarang bermain seumur hidup oleh induk sepak bola dunia itu.

Sebanyak 45 pemain Laos terbukti terlibat dalam pengaturan skor di kompetisi atau turnamen lokal selama bertahun-tahun. Sikap tidak terpuji itu mendapat kecaman dari Federasi Sepak Bola Laos (LFF).

"Saat ini sebanyak 45 pesepak bola pria telah dilarang bermain sepak bola seumur hidup oleh FIFA karena terlibat pengaturan pertandingan yang terjadi selama bertahun-tahun pada banyak turnamen tingkat nasional," kata Sekjen LFF, Kanya Kaewman seperti dikutip Ball Thai.

Namun, LFF tidak secara rinci menyebut nama-nama pemain yang terlibat dalam pengaturan skor tersebut. Selain itu, tak disebutkan juga apakah para pemain yang terlibat melakukan tindakan serupa sewaktu membela Timnas Laos.

Sementara itu, Wakil Presiden LFF, Khampeng Vongkhanty, menyebut perilaku 45 pemain itu sangat memalukan. Menurut Khampeng Vongkhanty, pihaknya enggan menerima kembali para pemain yang terlibat.

"LFF menolak untuk menerima kembali ke-45 pemain tersebut. Tak peduli seberapa berbakatnya mereka," tegas Khampeng Vongkhanty.

2 dari 2 halaman

Laos Berbenah

Timnas Laos mulai berbenah setelah babak belur di Piala AFF 2020. LFF telah menunjuk Michael Weiss sebagai pelatih anyar.

Michael Weiss menggantikan pelatih asal Singapura V Selvaraj. Pelatih asal Jerman itu mendapatkan kontrak jangka panjang sampai 2024.

Nama Michael Weiss sudah tak asing di Asia karena pernah menukangi Filipina dan Mongolia. Dengan demikian, Weiss bakal mendapatkan tugas untuk menukangi Timnas Laos di SEA Games 2022, Piala AFF 2022 dan 2024.

Video Populer

Foto Populer