Sukses


Begini Reaksi Shin Tae-yong saat Deddy Corbuzier Nyebut Korea Utara

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong merespons saran dari Deddy Corbuzier yang berkelakar tentang Korea Utara. Dia menasihati pemilik podcast "Close The Door" itu.

Shin Tae-yong bersama penerjemahnya, Jeong Seok-seo, diundang oleh Deddy Corbuzier ke podcast Closed The Door yang tayang di YouTube Deddy Corbuzier pada Selasa (11/1/2022).

Kejadian bermula ketika Deddy Corbuzier bertanya mengenai kejelekan pemain Indonesia. Shin Tae-yong menjawab bahwa kebanyakan pemain Indonesia mentalnya kurang, tidak menjaga pola makan, dan menghiraukan latihan beban.

"Kenapa harus latihan beban? Kan mereka pesepak bola," tanya Deddy.

"Latihan beban memang sangat penting untuk menguatkan. Kan sepak bola itu olahraga kontak fisik. Ada benturan, tabrakan. Kalau tidak seperti itu, bisa cedera. Kalau kalah fisik, tidak bisa keluarkan kemampuan," jelas Shin Tae-yong.

"Setelah saya datang ke Indonesia, saya merasakan banyak sekali pemain Indonesia tidak tahu kenapa harus latihan beban. Sebenarnya di Eropa hal itu sangat-sangat penting untuk main sepak bola," ungkapnya.

2 dari 4 halaman

Pertanyaan Pola Makan Pemain Timnas Indonesia

Deddy Corbuzier juga penasaran tentang kebiasaan pola makan pemain Indonesia. Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa para pemain Indonesia menyukai makanan berminyak seperti nasi goreng dan gorengan.

"Pemain harus banyak makan makanan berprotein. Kalau tidak, powernya akan kurang," imbuh Shin Tae-yong yang diamini Deddy Corbuzier.

"Saya sedang mengubahnya untuk menjadi lebih baik. Kalau dalam pemusatan latihan, saya bisa mengubahnya. Tapi setelah pemusatan latihan selesai, itu tidak bisa dikontrol," papar Shin Tae-yong.

Mendengar penjelasan Shin Tae-yong itu, Deddy Corbuzier berpendapat bahwa para pemain Indonesia butuh membutuhkan ahli nutrisi untuk menjaga kebiasaan makannya.

"Sebenarnya pemain-pemain Indonesia harus sadar sebagai pesepak bola profesional. Namun ketika kembali ke klub, kebiasaan itu balik lagi," ucap Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Bercanda Menyinggung Korea Utara

Deddy Corbuzier lantas berceletuk bahwa Indonesia perlu mendatangkan ahli nutrisi dari Korea Utara setelah mempunyai pelatih dari Korea Selatan.

"Gini saja, saya punya ide. Kan kita punya pelatih Timnas Indonesia dari Korea Selatan, kita pakai pakar nutrisi dari Korea Utara," ujar Deddy Corbuzier.

Mendengar saran seperti itu, Jeong Seok-seo pun terlihat sungkan untuk menerjemahkannya ke Shin Tae-yong.

"Melawak seperti itu tidak boleh dibiasakan," kata Shin Tae-yong seraya memancarkan senyum tipis ke Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier meresponsnya dengan tertawa terbahak-bahak. "Kalau di Indonesia itu biasa," ujar Deddy sambil mengalihkan pertanyaan.

4 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Terkejut

Shin Tae-yong juga kebingungan dengan sebuah pertanyaan dari Deddy Corbuzier.

"Pelatih sepak bola, bisa main sepak bola atau tidak?" tutur Deddy Corbuzier bertanya kepada Shin Tae-yong.

Seraya terkejut dan tersenyum tipis, Shin Tae-yong menjawab pertanyaan Deddy Corbuzier. "Kualitas pertanyaan mungkin sangat di bawah," ujar Shin Tae-yong.

Deddy Corbuzier lalu meluruskan maksud pertanyannya. "Pelatih tinju, ada yang tidak bisa main tinju," kata Deddy. "Dulunya pemain sepak bola kan? Maksudnya sekarang ini lho, sudah tua ini lho," lanjutnya.

"Ooo. Kalau saya sangat-sangat jago main sepak bola. Sekarang? Secara dasar masih bagus. Masih kuat lari? Bagus," ujar Shin Tae-yong menjawab.

Video Populer

Foto Populer