Sukses


Duel Antarlini Persebaya Vs PSM di BRI Liga 1: Waktunya Pemain Baru Unjuk Gigi

Bola.com, Denpasar - Persebaya Surabaya sedang dalam kepercayaan diri karena belum terkalahkan dalam 12 laga terakhir BRI Liga 1 2021/2022. Bahkan, tim berjulukan Bajul Ijo itu selalu menang dalam empat laga terakhir.

Kini, tim berjulukan Bajul Ijo itu bakal melakoni laga pekan ke-19 melawan PSM Makassar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (14/1/2022) malam. Di atas kertas, Persebaya tentu lebih diunggulkan.

Sebab, Persebaya mendapat tambahan amunisi dengan bisa menurunkan kekuatan penuh di laga ini. Empat pemain Timnas Indonesia sudah kembali dan siap tampil, yakni Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya.

Striker asing Arsenio Valpoort diyakini akan tampil sejak menit pertama setelah debutnya selama 23 menit kontra Persikabo 1973 pada pekan lalu (10/1/2022). Bek asing Alie Sesay juga sudah tiba, namun masih diragukan tampil.

Ketangguhan Persebaya itu menempatkan mereka kini berada di peringkat keempat klasemen sementara dengan 36 poin. Mereka menempel ketat tiga tim teratas yang sama-sama mengoleksi 37 poin, yakni Persib Bandung, Arema FC, dan Bhayangkara FC.

PSM sendiri termasuk klub yang aktif mendatangkan pemain baru di bursa transfer ini. Tak tanggung, sebanyak 11 pemain lokal direkrut untuk menambah kekuatan di putaran kedua BRI Liga 1.

Mereka adalah Ferdinand Sinaga, Aditya Putra Dewa, Utam Rusdiana, Marinus Wanewar, Delfin Rumbino, Manda Cingi, Ganjar Mukti, Abu Rizal Maulana, Dallen Doke, Julyanto Pratama, dan Rafly Asrul.

Tim berjulukan Juku Eja itu juga sedang dalam upaya mempertahankan tren kemenangan. Pekan lalu, mereka sukses menang 1-0 atas Madura United di laga debut pelatih Joop Gall, Sabtu (8/1/2022).

Dari fakta itu, apakah Persebaya memang layak diunggulkan untuk menang dengan mudah melawan PSM? Bola.com telah merangkum duel antarlini Persebaya melawan PSM, simak ulasan berikut ini:

 

2 dari 6 halaman

Kiper

Penjaga gawang Persebaya Andhika Ramadhani sedang menuai pujian. Pasalnya dia tampil apik saat timnya menang 3-2 kontra Persikabo pada pekan lalu. Tapi, kemungkinan dia tidak mendapat kesempatan di laga ini.

Persebaya kemungkinan akan menurunkan Ernando Ari Sutaryadi yang sudah kembali dari Timnas Indonesia. Kiper muda satu ini pantas mendapat menit bermain dengan performa konsistennya selama tampil di BRI Liga 1.

Sedangkan PSM punya sosok Hilman Syah di bawah mistar. Kiper berusia 24 tahun ini adalah mimpi buruk buat tim lawan. Tengok saja pekan lalu, aksi gemilangnya membuat gawang PSM tak kebobolan diberondong serangan Madura United.

 

3 dari 6 halaman

Belakang

Persebaya sempat mengalami bongkar pasang pemain karena didera cedera atau pemanggilan Timnas Indonesia. Tapi itu tak lagi terjadi. Duet jantung pertahanan bakal diisi oleh penampilan solid Arif Satria dan Rizky Ridho

Beruntung, dua nama terakhir sudah bisa bergabung latihan dan siap tampil kembali menghuni jantung pertahanan. Ady Setiawan masih akan mengisi pos bek kanan, dan Reva Adi Utama di bek kiri.

Barisan pertahanan PSM dihuni oleh Dallen Doke, Hasyim Kipuw, Ganjar Mukti, dan Abdul Rachman. Deretan nama ini mampu menahan gempuran Madura United pekan lalu dan diprediksi akan kembali berlanjut kontra Persebaya.

 

4 dari 6 halaman

Tengah

Persebaya memiliki sosok Muhammad Hidayat yang merupakan gelandang jangkar andalan. Alwi Slamat dan Marselino Ferdinan akan melengkapinya. Trio gelandang ini sudah diandalkan selama beberapa pekan terakhir.

Meskipun masih muda, deretan nama itu mampu menjaga keseimbangan lini tengah. Yang paling memberi ancaman adalah Marselino, gelandang berusia 17 tahun dengan kemampuan lengkap mulai akurasi umpan, tembakan, dan pergerakan membahayakan.

Sedangkan PSM punya Rasyid Bakri, Delfin Rumbino, dan Wiljan Pluim. Kombinasi pemain lokal dan asing ini sudah cukup untuk memainkan permainan ofensif. Pluim adalah motor serangan dengan kreativitas dalam menciptakan serangan.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Komposisi barisan penyerang Persebaya biasanya dihuni oleh trio asing Taisei Marukawa, Arsenio Valpoort, Bruno Moreira. Trio ini adalah pemain yang aktif melakukan serangan dan berkontribusi maksimal lewat gol.

Nama Taisei Marukawa tentu saja menjadi momok membahayakan buat lawan dengan pergerakannya. Winger asal Jepang ini menjadi pencetak terbanyak Persebaya dengan sembilan gol. Aksi Valpoort juga sangat dinantikan untuk membobol gawang lawan.

PSM pun tidak kalah. Ada kerja sama Yakob Sayuri, Anco Jansen, dan Ferdinan Sinaga. Yakob memiliki kecepatan dalam dribel dan sulit dihentikan. Sedangkan Jansen dan Ferdinan punya akurasi tembakan yang cukup apik.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer