Sukses


4 Pemain PSM yang Berpotensi Jadi Mimpi Buruk Persebaya: Menanti Gol Lanjutan Anco Jansen

Bola.com, Denpasar - Persebaya Surabaya dan PSM Makassar akan bentrok pada laga pekan ke-19 BRI Liga 1 di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (14/1/2022) malam WIB.

Tanpa terkalahkan dalam 12 laga terakhir membuat Tim Bajul Ijo lebih diunggulkan memenangkan laga ini. Tetapi, kebangkitan Tim Juku Eja yang telah berbenah jelang putaran kedua juga patut diwaspadai.

Kehadiran pelatih anyar, Joop Gall yang menggantikan peran Milomir Seslija diharapkan berdampak positif pada pencapaian Tim Juku Eja pada paruh kedua.

Eks pelatih GA Eagles (Belanda) itu sudah mengawali kiprahnya dengan membawa PSM Makassar menekuk Madura United dengan skor 1-0 di Stadion Kompyang Sujana, Sabtu (8/1/2021).

Gol tunggal kemenangan tim kebanggaan masyakarat Sulawesi Selatan itu dicetak oleh Anco Jansen via tendangan penalti. Sosok Anco Jansen tentu tak bisa dilupakan begitu saja oleh Persebaya.

Pasalnya, penyerang berpaspor Belanda itu menjadi momok tim asuhan Aji Santoso tersebut lewat dua golnya untuk membawa PSM menekuk Persebaya Surabaya dengan skor 3-1.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 18 September 2021, sepasang gol Anco Jansen semuanya tercipta lewat bola mati, yakni penalti dan tendangan bebas.

Pada pertemuan kedua nanti, Anco Jansen dipastikan tetap menjadi andalan PSM di lini depan bersama Ferdinand Sinaga dan Yakob Sayuri.

Ketiga penyerang itu bakal ditopang trio gelandang, Delfin Rumbino, M. Arfan, dan Wiljan Pluim. Nama terakhir masih menjalani perawatan intensif untuk memulihkan cedera ringan di lututnya.

Menarik ditunggu gol lanjutan Anco Jansen ke gawang Persebaya. Begitu pun dengan Yakob Sayuri yang juga mencetak gol pada pertemuan pertama.

Selain keduanya, peran Wiljan Pluim sebagai kreator serangan dan Hilman Syah sebagai tembok tangguh PSM di bawah mistar gawang, diprediksi berpotensi menghadirkan mimpi buruk buat Tim Bajul Ijo pada pada laga nanti.

Berikut ini narasi singkat aksi keempat pemain PSM Makassar yang bisa merepotkan Persebaya Surabaya, pada laga pekan ke-19 BRI Liga 1 musim ini.

 

2 dari 6 halaman

1. Hilman Syah

Hilman Syah merupakan aktor penting dibalik sukses PSM Makassar mengalahkan Madura United pada pekan ke-18. Lewat aksi impresif dan ketenangannya di bawah mistar, gawang PSM tak kebobolan meski mendapat serangan gencar dari Beto Goncales dan kolega.

Sukses itu membuat pria kelahiran Kabupaten Jeneponto itu sudah mencatat tiga kali clean sheet pada 13 laga bersama PSM di BRI Liga 1. Dua clean sheet Hilman Syah lainnya terjadi ketika PSM ditantang Persikabo 1973 dan Persita Tangerang.

Pada pertemuan pertama kontra Persebaya Surabaya, Hilman Syah absen karena mengalami cedera. Posisinya sebagai kiper utama dalam duel itu dilakoni oleh seniornya, Syaiful Samsuddin.

3 dari 6 halaman

2. Wiljan Pluim

Wiljan Pluim hanya absen dalam dua laga PSM musim ini, yakni saat menghadapi Persija Jakarta (7/12/2021) dan Persiraja Banda Aceh (13/12/2021).

Tanpa Wiljan Pljuim kualitas serangan Juku Eja menurun tajam. PSM dilibas Persija tiga gol tanpa balas, dan bermain imbang tanpa gol kontra Persiraja Banda Aceh.

Kondisi ini membuat tim medis PSM berusaha keras untuk mempercepat pemulihan cedera lutut yang menimpa eks gelandang Willem II (Belanda) itu.

Hasilnya terlihat saat PSM mengalahkan Madura United. Meski tampil dengan lutut dibalut serta tak banyak bergerak, Wiljan Pluim mampu melepaskan sejumlah umpan terukur yang merepotkan lini belakang Madura United.

Berkat dia pula, PSM mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-42. Kejeliannya melihat celah kosong di area kotak penalti lawan membuat stoper Madura United, Jaimerson da Silva Xavier, terpaksa melakukan pelanggaran terhadapnya.

Anco Jansen yang menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya.

4 dari 6 halaman

3. Yakob Sayuri

Yakob Sayuri baru mencetak dua gol dalam 15 laga bersama PSM di BRI Liga 1 musim ini. Satu dari dua golnya itu tercipta ketika PSM mengalahkan Persebaya pada pertemuan pertama.

Pencapaian sementara ini sejatinya terbilang cukup baik buat seorang penyerang sayap. Tapi, kalau menilik peluang yang didapat Yakob dalam setiap laga, seharusnya koleksi golnya bisa lebih banyak.

Pada laga nanti, Yakob harus berjuang keras untuk membuktikan kapasitasnya di depan pelatih anyar PSM, Joop Gall. Kalau kembali tak berkontribusi optimal, bisa jadi posisinya bakal diambil oleh Rizky Eka Pratama.

5 dari 6 halaman

4. Anco Jansen

Nama Anco Jansen berkali-kali masuk daftar pemain yang digadang bakal dilepas oleh manajemen PSM karena penampilannya dinilai tak konsisten.

Dalam 16 laga bersama Tim Juku Eja, eks NAC Breda itu baru mencetak 5 gol. Termasuk dua gol ke gawang Persebaya via tendangan bola mati pada pertemuan pertama. Apalagi, jelang putaran pertama berakhir, manajemen PSM santer bakal mendatangkan striker anyar.

Tapi, kehadiran Joop Gall ditambah kedekatannya dengan Wiljam Pluim yang sama-sama dari Belanda membuat nasib Anco Jansen tetap aman. Namun, kondisi ini bisa berubah kalau Jansen kembali gagal menampilkan kemampuan terbaiknya.

Bisa jadi, ia bakal duduk manis di bangku cadangan karena PSM sudah mendatangkan Ferdinand Sinaga dan Golgol Mebrahtu.

6 dari 6 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya dan PSM:

Video Populer

Foto Populer