5 Alumni Piala AFF U-22 2019 yang Masih Bisa Digunakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pada Edisi 2022

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 13 Jan 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 13 Jan 2022, 10:30 WIB
Timnas Indonesia - Rachmat Irianto, Muhammad Riyandi, Samuel Christianson
Timnas Indonesia - Rachmat Irianto, Muhammad Riyandi, Samuel Christianson (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan berlaga di Piala AFF U-23 2022 yang digelar di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang. Sebagai juara bertahan, skuad Garuda Muda memiliki beban yang tak mudah.

Timnas Indonesia merupakan juara bertahan pada edisi tersebut setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 pada laga puncak. Ketika itu, Timnas Indonesia juara di bawah asuhan pelatih Indra Sjafri.

Kini, Timnas Indonesia U-23 datang dengan kekuatan baru bersama pelatih Shin Tae-yong. Kabarnya, Shin Tae-yong akan menggunakan pemain-pemain yang mirip dengan skuad senior Piala AFF 2020.

Secara usia memang masih memungkinkan karena pada ajang itu Timnas Garuda dihuni mayoritas pemain muda. Namun, kenyataannya ternyata masih ada pemain alumni skuad juara Piala AFF U-22 2019 yang bisa dipertimbangkan untuk kembali digunakan.

Mereka adalah pemain-pemain yang punya peran penting saat membantu Timnas Indonesia juara dua tahun silam. Penampilan para pemain ini pun cukup mengilap di klubnya.

Bola.com mencatat ada lima pemain alumni Piala AFF U-22 2019 yang masih bisa diberdayakan pada edisi 2022. Para pemain ini bisa jadi pertimbangan pelatih Shin Tae-yong untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia. Siapa saja?

2 dari 6 halaman

Muhammad Riyandi

Foto: 4 Kiper Muda Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Persaingan Muhammad Riyandi dan Nadeo Argawinata sebagai Pilihan Utama
Dari total 5 laga bersama Timnas senior, Muhammad Riyandi mampu mencetak 1 kali clean sheet dan kebobolan 8 gol. Kelemahannya adalah ia masih canggung dalam melakukan passing dan memberi komando kepada para pemain belakang serta kurang cermat dalam duel udara. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Pelatih Shin Tae-yong bisa memberikan kesempatan pada Muhammad Riyandi untuk menjaga gawang Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022. Pertimbangannya adalah Riyandi merupakan kiper berpengalaman yang pernah memberikan gelar Piala AFF U-22 2019.

Riyandi merupakan kiper dengan insting yang baik dalam membaca arah bola. Selain itu, Riyandi juga sudah berpengalaman tampil di level internasional.

Memiliki postur 183 cm membuat Riyandi bisa diandalkan dalam menghalau serangan bola udara. Riyandi juga memiliki reflek yang bagus untuk menjaga kesucian gawang Timnas Indonesia.

3 dari 6 halaman

Rachmat Irianto

Foto: Rapor Para Pemain Timnas Indonesia saat Ditahan Imbang Singapura 1-1 di Leg Pertama Semifinal Piala AFF 2020
Rachmat Irianto. Bek tengah milik Persebaya Surabaya berusia 22 tahun ini tampil 66 menit sebelum digantikan Evan Dimas. Ia mampu tampil apik di babak pertama dengan beberapa kali mencuri bola dari penguasaan lawan. Ia layak mendapat nilai 6,5. (AFP/Roslan Rahman)

Rachmat Irianto merupakan pemain penting di lini tengah Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Rachmat Irianto memastikan lini tengah skuad Garuda bebas dari ancaman lawan.

Sebagai gelandang bertahan, Rachmat Irianto tak segan melakukan segala cara untuk mematahkan serangan lawan. Rachmat Irianto juga andal sebagai pemecah kebuntuan dan mencetak dua gol dalam delapan laga di Piala AFF 2020.

Rachmat Irianto merupakan pemain yang turut menyumbangkan gelar Piala AFF U-22 2019. Menarik untuk menyaksikan kiprah pemain Persebaya Surabaya itu di Piala AFF U-23 2022.

4 dari 6 halaman

Luthfi Kamal

Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam
Gelandang Timnas Indonesia U-22, M Luthfi Kamal, menendang bola saat melawan Vietnam pada laga Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Indonesia menang 1-0 atas Vietnam. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Nama Luthfi Kamal sudah lama tidak dipanggil Timnas Indonesia. Pemain 22 tahun itu layak dicoba pelatih Shin Tae-yong karena memiliki visi bermain yang bagus di lini tengah.

Luthfi Kamal musim ini tampil memukau di lini tengah Barito Putera. Luthfi Kamal mampu dipercaya sebagai pemain inti di klub berjulukan Laskar Antasari itu.

Tak hanya andal dalam menjaga ritme permainan dan motor serangan, Luthfi Kamal juga bisa memecah kebuntuan. Sejauh ini, Luthfi Kamal sudah mencetak dua gol di BRI Liga 1 2021/2022 untuk Barito Putera.

5 dari 6 halaman

Samuel Christianson

Pemain Timnas Indonesia U-22, Samuel Christianson, melepas umpan. (Bola.com/Yoppy Renato)
Pemain Timnas Indonesia U-22, Samuel Christianson, melepas umpan saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (17/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Samuel Christianson Simanjuntak bisa dijadikan pilihan lain di sektor bek kiri. Pemain yang baru bergabung dengan Persija Jakarta itu memiliki kelincahan dan layak diandalkan untuk membantu serangan.

Sektor bek kiri memang sejauh ini sudah pakem dihuni Pratama Arhan. Namun, Samuel Christianson layak dicoba Shin Tae-yong andai Pratama Arhan tak bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022.

Samuel Christianson juga dikenal sering membantu serangan. Terutama dengan tembakan-tembakan terukurnya yang memanjakan lini depan.

6 dari 6 halaman

Firza Andika

Pemain Timnas Indonesia U-22, Firza Andika, mengamati rekannya. (Bola.com/Yoppy Renato)
Pemain Timnas Indonesia U-22, Firza Andika, mengamati rekannya saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (17/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sejauh ini posisi bek kiri Timnas Indonesia selalu dihuni Pratama Arhan. Namun, Firza Andika layak dijadikan pelapis bila penampilan Arhan tak sesuai ekspektasi.

Firza Andika merupakan bek kiri yang pernah membawa Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF U-22 2019. Firza Andika tak hanya andal dalam menjaga pertahanan, juga bisa diandalkan membantu serangan.

Firza Andika merupakan bek sayap yang punya kecepatan dan kemampuan fisik mumpuni. Firza Andika juga bisa diandalkan untuk mencetak gol dan sejauh ini sudah satu gol dan dua assist untuk Persikabo 1973 di BRI Liga 1 2021/2022.

Lanjutkan Membaca ↓