Sukses


Membayangkan Formasi Ideal Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022: Siap Pertahankan Gelar

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal menjalani misi berat di Piala AFF U-23 2022. Perjuangan skuad asuhan Shin Tae-yong tak akan mudah dalam upaya mempertahankan gelar.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022. Pasukan Garuda Muda bakal bersaing dengan Malaysia, Laos, dan Myanmar pada turnamen yang digelar di Kamboja, 14-26 Februari 2022.

Pelatih Shin Tae-yong memang tak akan menggunakan pemain yang berkarier di luar negeri. Artinya, Timnas Indonesia tak bisa menggunakan jasa Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, dan Egy Maulana Vikri, yang dari segi usia masih bisa dipakai.

Dengan demikian, Shin Tae-yong akan memainkan pemain yang sepenuhnya berkarier di Indonesia. Skuad Timnas U-23 disebut tak berbeda jauh dengan tim senior yang baru bermain di Piala AFF 2020.

Bola.com mencoba merancang formasi ideal Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022. Komposisi pemain yang ada merupakan turunan skuad senior di Piala AFF 2020 plus tambahan beberapa nama.

Lantas, bakal seperti apa formasi Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022? Berikut formasi ideal Timnas U-23 dengan skema 4-3-3 khas Shin Tae-yong.

2 dari 6 halaman

Kiper

Ernando Ari kemungkinan besar bakal menjadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia pada Piala AFF U-23 2022. Ernando Ari dikenal sebagai kiper yang punya naluri membaca arah bola yang bagus.

Ernando Ari sudah dipercaya bermain di Timnas Indonesia senior pada Piala AFF 2020. Kemampuan apiknya dalam membaca arah bola bisa jadi keuntungan buat Timnas U-23 dalam menyelesaikan misi mempertahankan gelar.

Namun, pelatih Shin Tae-yong juga masih bisa mengandalkan nama lain semisal Muhammad Riyandi dan Aqil Savik. Ini yang membuat peta persaingan di bawah mistar gawang sangat ketat.

3 dari 6 halaman

Belakang

Posisi bek kiri diyakini bakal tetap ditempati oleh Pratama Arhan. Seperti diketahui, Pratama Arhan punya kemampuan mumpuni tak hanya sekadar bertahan melainkan juga membantu serangan.

Adapun di posisi jantung pertahanan akan dihuni Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga. Duet keduanya diyakini bisa membuat lini pertahanan Timnas Indonesia terhindar dari bahaya.

Adapun di posisi bek kanan akan dihuni oleh Bayu Fiqri. Seperti diketahui, Asnawi Mangkualam diprediksi bakal absen pada Piala AFF U-23 2022 karena harus membela klubnya di K-League 2.

4 dari 6 halaman

Tengah

Komposisi pemain di lini tengah akan sangat menarik. Rachmat Irianto bakal diplot sebagai gelandang bertahan.

Bicara pengalaman tentu Rachmat Irianto tak perlu diragukan lagi. Adapun Marselino Ferdinan layak dicoba sebagai motor serangan di lini tengah.

Perannya akan terbantu dengan kehadiran Gunansar Mandowen. Keduanya bakal berperan memberikan serangan ke lini depan sekaligus menjaga ritme permainan.

5 dari 6 halaman

Depan

Ramai Rumakiek bakal menjadi andalan di sayap kiri Timnas Indonesia. Seperti diketahui, Ramai memiliki kemampuan yang bagus dalam menusuk lawan di lini pertahanan.

Adapun posisi sayap kanan akan dihuni oleh Ronaldo Kwateh. Selain andal memberikan umpan-umpan matang, Ronaldo Kwateh juga bisa diandalkan dalam mencetak gol.

Sementara itu, di posisi ujung tombak akan dihuni oleh Hanis Saghara. Piala AFF U-23 2022 menjadi momentum baginya untuk membuktikan kemampuan mumpuni sebagai penyerang tengah,

6 dari 6 halaman

Formasi Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer