Akhirnya Arema Puncaki Klasemen BRI Liga 1, Begini Komentar Eduardo Almeida

Oleh Iwan Setiawan pada 14 Jan 2022, 15:45 WIB
Diperbarui 14 Jan 2022, 15:45 WIB
Arema FC
Eduardo Almeida pelatih Arema FC saat latihan di lapangan Ketawang, Kabupaten Malang. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bola.com, Denpasar - Arema FC berhasil memuncaki klasemen BRI Liga 1. Pada matchday 19, Arema berhasil mengalahkan PSS Sleman di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (13/1/2022).

Persib Bandung yang jadi pemuncak klasemen sebelumnya takluk dari Bali United. Namun masih ada klub lain yang bisa menyamai poin Arema. Yakni Bhayangkara FC yang baru bermain lawan Madura United, Jumat (14/1/2022).

Meski nantinya sama-sama memiliki 40 poin, kemungkinan besar Arema tetap di puncak karena mereka unggul surplus gol dan head to head dengan Bhayangkara.

Euforia tentu dirasakan skuad Arema saat ini. Hal yang sama juga dirasakan pelatih Eduardo Almeida. Namun seperti baisa, dia tak ingin terlalu lama menikmati keberhasilan ini.

Pelatih asal Portugal ini mengingatkan jika kompetisi masih panjang. Naiknya Arema ke puncak klasemen membuat papan atas Liga 1 lebih kompetitif. Lantaran setiap pekan perubahan pemuncak klasemen bisa terjadi.

“Sekarang menjadi sangat kompetitif. Itu bagus untuk tim, karena akan berusaha menang di setiap pertandingan. Ke depan dilihat saja seperti apa. Bagi Arema FC, setiap game terpenting menang,” jelas mantan pelatih Semen Padang tersebut.

2 dari 4 halaman

Suasana Ruang Ganti Penuh Motivasi

Foto: Sempat Unggul, Arema FC Jadi Korban Comeback PSS Sleman di Pekan Ketiga BRI Liga 1 2021 / 2022
Pemain Arema FC, Carlos Fortes (kiri) menendang bola saat melawan PSS Sleman dalam laga pekan ke-3 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (19/9/2021). Arema FC kalah 1-2. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Banyak faktor yang membuat Arema FC tampil luar biasa. Salah satunya suasana ruang ganti yang menuh motivasi. Pelatih Eduardo Almeida memberikan instruksi sekaligus membuat mental tanding lebih baik.

Sedangkan Presiden Arema, Gilang Widya Pramana sering ikut memberikan motivasi lewat vidio call. Hal yang sama dilakukan Manajer ad Interim, Ali Rifki jika dia berhalangan mendampingi tim.

Kini, tugas mempertahankan puncak klasemen tentu lebih sulit. Mereka harus selalu menang di laga selanjutnya. Persib Bandung, Bhayangkara FC hingga Persebaya Surabaya terus mengekor.

Imbang atau kalah bisa membuat Singo Edan kehilangan posisi teratas. Namun Almeida yakin dengan kemampuan anak buahnya. Dia akan membuat Ahmad Alfarizi dkk melakukan apapun di lapangan demi dapat tiga poin setiap pertandingan.

3 dari 4 halaman

Persaingan Sengit

BRI Liga 1 - Duel Pemain - Arema FC Vs PSS Sleman - Carlos Fortes Vs Wander Luiz
BRI Liga 1 - Duel Pemain - Arema FC Vs PSS Sleman - Carlos Fortes Vs Wander Luiz (Bola.com/Lamya Dinata/Adreanus Titus)

Sejak matchday 17, persaingan papan atas makin seru. Bhayangkara yang beberapa kali gagal menang mulai kehilangan posisinya. Sedangkan Persib tak beda jauh.

Baru Arema yang konsisten meraih poin di setiap pertandingan. Mereka tak terkalahkan dalam 16 laga beruntun. Sebuah rekor baru di Liga 1 yang sulit dipecahkan.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Lanjutkan Membaca ↓