Sukses


BRI Liga 1: Tua-tua Keladi, Samsul Arif Menuai Pujian dari Pelatih Persebaya

Bola.com, Denpasar - Striker Persebaya Surabaya, Samsul Arif, baru saja merayakan hari ulang tahun. Pemain asli Bojonegoro itu merayakan ulang tahun yang ke-37 pada Jumat (14/1/2022). Di usia yang kain senja, Samsul rupanya makin trengginas.

Dia tampil impresif saat Persebaya berhasil menang 2-1 atas PSM Makassar dalam pekan pekan ke-19 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, tepat di hari ulang tahunnya.

Tampil sejak menit pertama, Samsul bermain lincah dan energik. Dia mampu merepotkan pertahanan PSM dengan pergerakannya. Tak jarang, para bek muda tim Juku Eja diajaknya berlari ketika sudah menembus pertahanan.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, tidak bisa menyembunyikan kebanggaannya melihat performa Samsul. Di usia 37 tahun, mantan pemain Timnas Indonesia itu rupanya masih bisa diandalkan di lini depan Bajul Ijo.

“Beberapa pertandingan ini Samsul menunjukkan satu performa yang cukup bagus. Sebelum pertandingan ini, Samsul bikin (hattrick). Dia juga main bagus,” kata pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Samsul memang tidak mencetak gol dalam laga ini. Dua gol Persebaya merupakan kontribusi Taisei Marukawa (3’) dan pemain muda Marselino Ferdinan (55’). Tapi, jangan remehkan sumbangsihnya untuk Persebaya Surabaya.

2 dari 4 halaman

Pemain Merepotkan

Dia merupakan pemain yang merepotkan sejak menit pertama. Itu terbukti saat kiper PSM, Hilman Syah, menguasai bola yang ada di areanya. Samsul berhasil merebut bola hingga membuat Hilman Syah melakukan pelanggaran terhadapnya.

Winger Taisei Marukawa pun tampil menjadi eksekutor tendangan penalti itu dan sukses menyarangkan bola ke gawang Hilman Syah di menit ketiga. Dia mengarah bola ke tengah yang mampu mengecoh kiper berusia 24 tahun tersebut.

Total, pemilik nama lengkap Samsul Arif Munip itu membukukan masing-masing dua tembakan dan dua umpan kunci.

3 dari 4 halaman

64 Menit

Samsul tidak bermain penuh selama 90 menit karena Aji Santoso menariknya pada menit ke-64. Sebagai pengganti, muncul striker asing Arsenio Valpoort yang juga gagal mencetak gol dalam laga ini.

“Saya menarik dia keluar sebagai bagian kami ingin mempertajam lagi, karena kondisinya Arsen lebih segar. Saya ingin memberi jam terbang kepada Arsen untuk secepat mungkin dia bisa beradaptasi. Ini juga menitnya lebih banyak daripada kemarin,” ucap Aji Santoso.

Samsul Arif sendiri tercatat sebagai pemain tertua dalam skuat Persebaya musim. Dengan segudang pengalamannya, dia bisa menjadi teladan sekaligus berbagi pengalaman kepada para pemain lain di Bajul Ijo yang kebanyakan pemain muda.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer