BRI Liga 1: Main Imbang dengan Persela, Marco Motta Selamatkan Persija dari Kekalahan

Oleh Aditya Wany pada 15 Jan 2022, 20:57 WIB
Diperbarui 15 Jan 2022, 21:08 WIB
BRI Liga 1 - Persela Lamongan Vs Persija Jakarta
BRI Liga 1 - Persela Lamongan Vs Persija Jakarta (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Gianyar - Persela Lamongan terpaksa berbagi angka dengan Persija Jakarta dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2021/2022. Duel itu berakhir imbang 1-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (15/1/2022) malam.

Persela langsung memberikan ancaman ke gawang Persija Jakarta hanya beberapa detik setelah laga dimulai. Tony Sucipto bermaksud mengirim backpass yang dicuri oleh striker Jose Wilkson hingga berhasil melewati kiper Andritany Ardhiyasa. Sayang sepakannya melenceng.

Tim Macan Kemayoran kemudian memberikan serangan bertubi-tubi. Makan Konate mendapat peluang emas setelah Riko Simanjuntak mengirim umpan silang pada menit keenam. Bola muntah disambar Konate dan mengarah ke gawang, tapi kiper Abdul Rohim bisa menangkapnya.

Striker Marko Simic tidak ketinggalan dengan menebar ancaman memasuki menit ke-17. Dia mampu memanfaatkan umpan pendek Riko yang diteruskan menjadi tembakan. Lagi-lagi, Rohim bisa mengamankannya.

Gelandang Rohit Chand tidak ketinggalan dengan lagi-lagi memanfaatkan umpan matang dari Riko. Pemain asal Nepal itu mencoba melepas sepakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-19, kali ini tembakannya melenceng.

Persela tidak tinggal diam mendapatkan tekanan dari lawan. Jose Wilkson sampai dua kali melakukan upaya tembakan pada menit ke-24. Semuanya mengarah ke gawang, tapi Andritany masih sigap melakukan penyelamatan gemilang.

Peluang emas untuk Persija kembali muncul pada menit ke-40. Konate lagi-lagi merepotkan Rohim setelah memanfaatkan umpan dari Marko Simic. Tembakannya juga mengarah tepat sasaran, dan Rohim pun masih bisa menangkapnya.

Babak pertama berlangsung sangat ketat, di mana Persela Lamongan maupun Persija Jakarta tampil agresif dan jual beli serangan. Namun, tak ada gol yang tercipta sehingga waktu turun minum dihiasi dengan kedudukan sementara 0-0.

 

2 dari 4 halaman

Persija Kebobolan Lebih Dulu, Diselamatkan Marco Motta

BRI Liga 1 - Duel Pelatih - Persela Lamongan Vs Persija Jakarta
BRI Liga 1 - Duel Pelatih - Persela Lamongan Vs Persija Jakarta (Bola.com/Adreanus Titus)

Persija Jakarta memulai babak kedua dengan langsung menggebrak demi unggul lebih dulu. Pada menit ke-48, peluang emas muncul lewat eksekusi tendangan bebas. Marko Simic jadi algojonya, namun bola sepakannya mengenai tiang gawang Persela.

Jose Wilkson masih jadi striker yang membuat Persela menekan pertahanan Persija. Pemain asal Brasil ini kembali memberi ancaman pada menit ke-51 dengan memanfaatkan umpan Nasir. Sayang, sepakannya bisa diamankan Andritany.

Persela pun keluar sebagai tim yang unggul dulu lewat kerja sama rapi. Mulanya, Sandy Ferizal mengirim bola dari kanan yang disambut sundulan Selwan Al Jaberi. Bola liar disambar oleh Malik Risaldi dengan tembakan keras dan kali ini gagal diblok Andritany.

Kondisi tertinggal membuat Persija berusaha mencetak gol balasan. Makan Konate lagi-lagi bekerja sama dengan Riko yang menghasilkan sepakan mendatar tepat sasaran. Abdul Rohim masih tampil ciamik menggunakannya di bawah mistar Persela.

Wilkson mencoba mencetak gol kedua untuk Persela pada menit ke-69. Lewat aksi individu, dia masuk ke kotak penalti Persija dan menembak dari jarak dekat. Namun, sepakan mendatarnya mudah ditangkap.

Persija akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-81. Riko jadi pemain yang memberi umpan lewat tendangan penjuru. Marco Motta yang tanpa kawalan menyundulnya dan membuat jala gawang Persela bergetar.

Wasit Adi Riyanto meniup peluit panjang dalam kondisi kedudukan akhir 1-1. Hasil ini membuat kedua tim tertahan di posisi masing-masing dalam klasemen sementara. Persija tetap di peringkat kedelapan dengan 29 poin, sedangkan Persela masih di zona degradasi, tepatnya posisi ke-17, mengemas 16 poin.

 

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 dengan Nuansa Suporter
Liga 1 - Ilustrasi BRI Liga 1 dengan Nuansa Suporter (Bola.com/Adreanus Titus)
  • Persela Lamongan (4-3-3): Abdul Rohim (kiper); Sandy Ferizal, Demerson Bruno Costa, Mochammad Zaenuri, Nasir (belakang); Guilherme Batata, Nerius Alom, Selwan Al Jaberi (tengah); Malik Risaldi, Jose Wilkson, Ilham Fathoni (depan)
  • Pelatih: Jafri Sastra
  • Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Maman Abdurrahman, Otavio Dutra, Samuel Simanjuntak (belakang); Tony Sucipto, Rohit Chand, Makan Konate (tengah); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Irfan Jauhari (depan)
  • Pelatih: Angelo Alessio
4 dari 4 halaman

Posisi Persela dan Persija di BRI Liga 1 Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓