Sukses


BRI Liga 1: Jadi Cadangan dalam 2 Laga Beruntun, Osvaldo Haay Mulai Kehilangan Tempat di Persija?

Bola.com, Gianyar - Beberapa bulan lalu, Osvaldo Haay masih berstatus personel Timnas Indonesia. Dia juga tidak tergantikan di pos penyerang sayap kiri Persija Jakarta. Belakangan, situasinya berubah, karena dia kehilangan dua peran itu dalam sekejap.

September 2021, Osvaldo Haay bikin gara-gara di Timnas Indonesia. Dia mangkir dari panggilan pelatih Shin Tae-yong. Akibatnya, nama Osvaldo tersingkir dari Tim Garuda sampai saat ini.

Oktober-November 2021, Osvaldo Haay berkutat dengan cedera. Dia mengalami masalah pada tulang keringnya. Buntutnya, ia harus absen selama sekitar sebulan.

Januari 2022, Osvaldo Haay bermain sebagai starter pada partai pertama Persija Jakarta di seri keempat BRI Liga 1 2021/2022 melawan PSIS Semarang. Namun, penampilannya mengecewakan. Dia ditarik pada jeda turun minum.

Buntut performa yang kendur, Osvaldo Haay kehilangan posisinya dalam dua partai terakhir tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut. Dia diparkir di bangku cadangan ketika timĀ Ibu Kota kalah 1-2 dari Persipura Jayapura dan diimbangi Persela Lamongan 1-1.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Angelo Alessio

Perannya sebagai winger kiri diisi secara bergantian oleh Alfriyanto Nico dan Irfan Jauhari. Lantas, apakah situasi itu menandakan Osvaldo Haay mulai tergusur dari skuad utama Persija Jakarta?

Pelatih Persija, Angelo Alessio, enggan membahas secara spesifik perihal kondisi Osvaldo Haay di tengah keterpurukan Tim Macan Kemayoran yang gagal mengalahkan dua klub zona degaradasi secara beruntun.

"Tidak benar ketika terjadi hasil kurang baik kami mencari alasan kenapa pemain A tidak bermain, kenapa pemain B tidak bermain," kata Alessio yang diterjemahkan oleh manajer Persija, Bambang Pamungkas.

"Lalu, kenapa pemain A main jelek, pemain B main jelek. Menurut saya, itu tidak tepat. Dalam situasi seperti ini, Persija harus menang."

"Tidak peduli suapa yang main dan bagaimana pemain itu tampil. Yang paling penting siapapun yang tampil harus memberikan yang terbaik dan membawa tim ini menang."

"Sebab jika kami hanya mencari alasan, misalnya ketika Dwiki Arya main jelek saat melawan Persipura, semua menyalahkan dia. Kemudian dalam partai lain Osvaldo Haay main jelek, kami menyalahkan dia. Itu tidak tepat," jelas Alessio.

3 dari 4 halaman

Banyak Alternatif

Stok winger kiri Persija memang menumpuk. Ada empat pemain yang dapat bermain di posisi itu. Selain Osvaldo Haay, Alfriyanto Nico, dan Irfan Jauhari, masih ada Novri Setiawan.

Praktis jika Osvaldo Haay belum dapat kembali ke performa terbaiknya seperti setahun dan dua tahun belakangan, risiko terbesarnya adalah terlempar di starting XI Macan Kemayoran.

"Persija tidak bergantung kepada satu-dua individu. Persija banyak melakukan penambahan pemain dan saya harus mencari solusi dari apa yang terjadi saat ini," jelas Alessio.

"Sehingga, saya mencoba beberapa alternatif pemain baru untuk bisa membantu tim ini," papar pelatih asal Italia itu.

4 dari 4 halaman

Klasemen Sementara Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer