Sukses


BRI Liga 1: Pahabol Gagal Penalti, Persipura Ditahan Imbang Persiraja

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura gagal memanfaatkan momentum untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022. 

Pasalnya pada hari Minggu (16/01/2022), Persipura hanya bermain imbang 0-0 saat bersua tim yang kini menempati posisi buncit, Persiraja Banda Aceh. 

Laga ini sempat diwarnai kegagalan kapten tim Persipura, Yohanes Pahabol gagal mengeksekusi penalti. Kiper Persiraja yang baru bermain babak kedua, Fakhrurrazi Quba layak jadi bintang pada laga ini. 

Berkat aksinya, Persiraja bisa mementahkan banyak peluang emas Persipura khususnya pada babak kedua.  

2 dari 5 halaman

Babak Pertama

Di awal permainan, Persipura lebih dulu dapat peluang lewat tendangan bebas Yevhen Bokhashvili di menit 3. Tapi bola masih bisa diselamatkan kiper Persiraja, Bayu Aji.

Tapi setelah itu, Persiraja yang sering membahayakan gawang Persipura. Sepertinya ada celah di lini belakang Persipura saat Persiraja melakukan serangan balik.

Menit 6, sayap Persiraja, Dedi Hartono punya peluang emas. Bola muntah jatuh dikakinya. Dedi yang ada didalam kotak penalti tanpa pengawalan melepaskan tendangan keras. Beruntung bagi Persipura karena, Fitrul Dwi Rustapa bisa menepis bola tersebut.

Tiga menit selanjutnya gawang Persipura nyaris jebol. Tendangan Jabar Sharza dari luar kotak penalti yang sudah mengarah ke sudut bisa ditepis Fitrul dan sempat membentur tiang gawang.

Jabar kembali mengancam gawang Persipura menit 25. Untungnya tendangan dari luar kotak penalti itu bisa diselamatkan Fitrul. Beberapa kali gawangnya terancam, pemain Persipura mulai coba main lebih rapi. Dia menguasai lini tengah dan lebih sabar membangun serangan.

Dua peluang emas akhirnya didapat Persipura. Pertama lewat tendangan keras Gunansar Mandowen dari dalam kotak penalti menit 38. Tapi Bayu Aji bisa menyelamatkan gawang dengan kakinya.

Satu menit berselang, Brian Fatari berhasil menanduk bola ke gawang yang sudah kosong. Tapi bek Persiraja, Leo Lelis menyelamatkan bola dengan kepalanya. Hingga babak pertama usai, skor 0-0 masih bertahan.

3 dari 5 halaman

Babak Kedua

Babak kedua, kondisi tak banyak berubah. Dua tim melakukan jual beli serangan. Jabar beberapa kali punya peluang didepan gawang Persipura.

Namun tak ada yang berbuah gol. Sementara Persipura seperti kurang puas dengan kinerja lini depan. Sehingga Bokhasvhili digantikan Elisa Basna di menit 60. Namun hasilnya tak langsung terlihat. Karena serangan Persipura masih menemui jalan buntu.

Penyegaran juga dilakukan Persiraja. Assanur Rijal dimasukkan. Persipura meresponnya dengan mengganti gelandang bertahan, Takuya Matsunaga dengan gelandang serang Hedipo Gustavo. Tapi justru tempo permainan menurun. Kedua tim lebih hati-hati.  

Menit 83, Persipura dapat peluang lewat tendangan penalti. Kiper Persiraja, Fakhrurrazi Quba yang masuk di babak kedua melanggar Ricky Cawor didalam kotak penalti.

Tapi Quba berhasil membayarnya dengan menepis penalty Ferry Pahabol. Beberapa peluang didapat Persipura setelah momen itu. Tapi hasilnya sama, tak ada yang berbuah gol. Skor 0-0 jadi hasil akhir laga ini.  

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

  • Persipura (4-4-2): Fitrul Dwi (kiper); M. Tahir, Brian Fatari, Donny Monim, David Rumakiek (belakang); Fery Pahabol, Nelson Alom, Takuya Matsunaga, Gunansar Mandowen (tengah); Yevhen Bokhashvili, Ramiro Fergonzi (depan).
  • Pelatih: Angel Alfredo Vera.
  • Persiraja Banda Aceh (4-3-3): Bayu Aji (kiper); Yusvani Yusri,  Leo Lelis, Charul Rifan, Rendy Saputra (belakang); Yusuf Nasution, Bruno Dybal, Alvin Nasution (tengah); Dedi Hartono, Jabar Sharza, Subhan Fajri (depan).
  • Pelatih: Sergio Alexandre.
5 dari 5 halaman

Di Mana Posisi Persiraja dan Persipura Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer